Kreatif, Seniman Muda Indonesia Ini Ciptakan Rajutan dari Mie Instan


Mie instan sudah menjadi ‘makanan penyelamat’ ketika di rumah tidak ada makanan lain. Namun di tangan seniman kelahiran Indonesia bernama Cynthia Delaney Suwito, lembaran mie instan bisa dirajut hingga jadi karya seni cantik.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (23/1/2017), Cynthia merupakan salah satu seniman yang ikut serta dalam pameran karya seni berjudul 2016 Untapped Discovery yang diadakan di Singapura. Karya unik Cynthia diberi judul “Knitting Noodles” (Merajut Mi Instan). Di acara yang diselenggarakan hingga 23 Desember tahun lalu itu, Cynthia datang ke galeri pameran setiap hari untuk merajut mie instan.

Cynthia Delaney Suwito (Kaskus)

Cynthia Delaney Suwito sendiri adalah seniman Indonesia yang baru saja menamatkan studi ‘fine arts’ di LASALLE College of the Arts, Singapura. Cewek 23 tahun ini menghabiskan 3-4 jam per hari untuk menghasilkan rajutan mie sepanjang 20-30 cm. “Saya sudah merajut mie instan sejak akhir tahun 2014,” ujar Cynthia.

Sebelum bisa dirajut, mie instan perlu direbus terlebih dulu seperti saat kita ingin memakannya, dan setelah itu didinginkan. Setelah dingin, maka mie tersebut sudah bisa dirajut. Ia memilih menggunakan mie tebal yang mudah dirajut, seperti mie instan yang banyak dijual di Indonesia.

Cynthia Delaney Suwito (Vice)

“Saya merajut mie karena ingin menunjukkan suatu perbedaan kontras. Saya melakukan sesuatu yang sangat lambat untuk sesuatu yang instan seperti mie instan. Menggunakan mie bahkan membuat proses merajut lebih lama dari yang seharusnya,” ujar Cynthia.

Pada akhirnya karya seni ini bertujuan mengajak orang-orang lebih santai dan mengambil rehat sejenak dalam dunia yang serba instan ini.

Rajutan mie instan (Channel News Asia)

Dalam merajut, Cynthia menggunakan peralatan merajut standar, termasuk jarum rajut, kotak kayu kecil berlubang, alat kecil seperti sisir, dan pengering rambut untuk mengeringkan mie.

Rajutan mie instan (Channel News Asia)

Meski menggunakan mie sebagai karya seni yang membutuhkan kesabaran, Cynthia mengaku tetap mencinta mie. “Saya suka berbagai jenis mie! Saat ini favorit saya adalah mie jamur pedas merk Nongshim dari Korea,” pungkasnya.

Berikut ini videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=Khrho1vaK8c

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak