Fakta-fakta Sejarah Pelantikan Presiden Amerika Serikat


Beberapa saat lalu, Donald Trump resmi dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat. Pelantikan ini sudah menjadi tradisi sejak presiden pertama Amerika Serikat, yaitu George Washington. Dilansir dari ABC News, Senin (23/1/2017), berikut sejumlah fakta seputar sejarah pelantikan presiden AS yang mungkin belum kamu tahu.

1. Tanggal pelantikan

George Washington (History)

Pelantikan George Washington dilangsungkan pada tanggal 30 April 1789 di New York. Empat tahun kemudian, perubahan terjadi. Pada periode kedua, inaugurasi Washington dilaksanakan pada 4 Maret 1793. Dan sejak saat itu, hingga bertahun-tahun berikutnya pelantikan selalu dilakukan pada 4 Maret. Terdapat pengecualian, jika 4 Maret jatuh pada hari Minggu maka inaugurasi akan digeser ke hari berikutnya.

Kemudian terjadi ratifikasi amendemen ke-20 pada UUD AS yang mengubah masa bakti presiden dan wakil presiden sehingga periode kerja keduanya dimulai pada tengah hari tanggal 20 Januari.

Ketentuan tersebut pertama kali dilaksanakan saat pelantikan Presiden Franklin D. Roosevelt, tepatnya pada 20 Januari 1973.

2. Syarat sumpah jabatan

Theodore Roosevelt (History)

Satu-satunya persyaratan konstitusi berkaitan dengan pelantikan adalah presiden melaksanakan sumpah jabatannya. Tidak ada syarat bahwa sumpah harus dilakukan dengan Alkitab atau dipimpin oleh seorang jaksa agung.

Theodore Roosevelt tidak menggunakan Alkitab dalam pelantikannya pada 14 September 1901. Sementara itu, Presiden John Quincy Adams dikabarkan menggunakan buku hukum saat mengambil sumpah jabatannya.

Selain itu, tidak ada aturan mengenai siapa yang harus memegang Alkitab. Sepanjang sejarah tercatat, Lady Bird Johnson merupakan ibu negara pertama yang memegang Alkitab untuk suaminya, Lyndon B. Johnson pada 20 Januari 1961.

Pada 4 Maret 1797, John Adams menjadi presiden pertama yang disumpah oleh Jaksa Agung AS, Oliver Ellsworth.

Seorang hakim, Sarah Hughes, diketahui merupakan perempuan pertama yang memimpin pengambilan sumpah jabatan.

3. Pidato pelantikan

William Henry Harrison (History)

William Henry Harrison merupakan presiden yang menyampaikan pidato pelantikan terpanjang. Ia menghabiskan waktu sekitar 1 jam 45 menit saat pertama kalinya berbicara secara resmi sebagai penguasa pada 4 Maret 1841. Sementara pidato terpendek disampaikan oleh George Washington pada 4 Maret 1793, yang hanya mengeluarkan 135 kata.

4. Insiden inaugurasi

John F. Kennedy (History)

Letika inaugurasi Presiden John F. Kennedy, podium tempat di mana acara berlangsung terbakar selama Kardinal Richard Cushing membacakan doa. Mengetahui insiden tersebut, Secret Service bergegas memadamkan api yang belakangan diketahui berasal dari motor listrik yang digunakan untuk mengatur ketinggian podium.

Ada juga kisah inaugurasi Presiden Herbert Hoover tahun 1929, dimana ibu negara Grace Coolidge dan calon ibu negara Lou Henry Hoover telat datang ke upacara sekitar setengah jam. Saat itu, keduanya tanpa pengawalan dan dilaporkan tersesat di Capitol ketika hendak menuju lokasi upacara.

5. Parade pelantikan

James Madison (History)

Untuk pertama kalinya, parade diselenggarakan saat pelantikan Presiden James Madison pada 1809. Meski demikian sebelumnya tetap ada sebuah prosesi. Satu-satunya parade yang pernah dibatalkan karena dipicu alasan cuaca adalah pada saat pelantikan Presiden Ronald Reagan tahun 1985. Suhu hari itu dilaporkan sangat dingin, bahkan diklaim sebagai inaugurasi terdingin, yakni minus 13 derajat Celcius. Parade terbesar dan terpanjang tercatat terjadi pada pelantikan pertama Dwight D. Eisenhower tahun 1953. Saat itu parade berlangsung selama 4 jam 32 menit.

6. Inaugural Ball

Inaugural Ball Presiden Donald Trump (CNN)

Inaugural Ball atau pesta untuk memperkenalkan presiden ke muka publik digelar untuk pertama kali pada era James Madison, tepatnya pada 4 Maret 1809. Peristiwa itu diadakan di Long Hotel di Washington. Pemecah rekor terkait Inaugural Ball dipegang oleh Bill Clinton, yang menyelenggarakan 14 Inaugural Ball pada tahun 1997.

7. Pelantikan dalam duka

Franklin Pierce (History)

Proses pelantikan biasanya berlangsung dalam suasana suka cita. Namun ada pengecualian. Dua bulan sebelum pelantikannya, Presiden Franklin Pierce kehilangan putranya yang berusia 11 tahun untuk selama-lamanya dalam sebuah kecelakaan kereta api. Dipicu suasana duka tersebut, ia membatalkan inaugural ball. Ada juga kasus empat presiden yang dibunuh sebelum pelantikan dan masing-masing wakil presiden terpilih harus menggantikan mereka segera setelahnya. Presiden yang terbunuh itu adalah Abraham Lincoln, James Garfield, William McKinley, dan John F. Kennedy. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak