5 Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Mirrorless Leica


Kamera mirrorless Leica agaknya menjadi satu jenis kamera yang didambakan oleh banyak orang. Selain karena merk Leica yang sudah sangat terkenal, jenis kamera tersebut memiliki fitur professional yang bakal memudahkan Anda untuk mengambil foto terbaik. Namun sebelum terkejut dengan harga kamera mirrorless Leica yang bisa mencapai puluhan juta, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal:

1.Bukan jumlah megapixel yang mesti dipertimbangkan

Kebanyakan orang mungkin masih mempertimbangkan jumlah megapixel (MP) sebuah kamera sebelum membeli, karena mereka beranggapan bahwa semakin besar MP kamera mirrorless Leica, maka semakin bagus hasil fotonya. Sebetulnya tidak demikian, sebab yang menentukan kualitas foto adalah kemampuan lensa. Meski begitu, besaran megapixel sebuah kamera jelas berpengaruh terhadap beberapa hal, misalnya: kamera dengan MP besar akan menghasilkan foto yang lebih halus dibandingkan dengan kamera dengan MP kecil.

2.Pilihlah kamera mirrorless dengan garansi resmi

Garansi resmi berarti keamanan dan kenyamanan. Aman karena pembeli memperoleh kesempatan untuk mendapatkan jaminan atas kualitas produk yang dibeli. Nyaman karena garansi resmi memberikan lebih banyak kepastian (salah satunya: tempat servis yang lebih terjamin) dibandingkan garansi toko/distributor.

3.Pilih viewfinder atau tanpa viewfinder?

Ada sebuah kamera mirrorless yang hadir dengan viewfinder, ada pula yang tidak. Mereka yang sudah nyaman dengan viewfinder tentu akan memilih jenis kamera mirrorless yang memiliki fitur tersebut. Namun ini kembali ke tujuan individual, bila kamera mirrorless Leica hanya digunakan untuk tujuan yang tidak serius, maka tanpa viewfinder pun rasanya tidak ada masalah.

4.Pilih sensor 1-inch, 4/3 (four-third), APS-C, atau full frame

Secara singkat bisa digambarkan: sensor 4/3 lebih bagus dibandingkan 1-inch, APS-C lebih bagus dibandingkan 4/3, dan full frame lebih bagus dibandingkan APSC. Dilihat secara teoritis, kamera dengan sensor yang lebih besar bakal menghasilkan gambar yang lebih bagus dibandingkan kamera dengan sensor yang lebih kecil. Untuk sebuah kamera mirrorless, sensor 4/3 rasanya sudah lebih dari cukup.

5.Menetapkan keputusan

Ini terkait dengan pilihan individual. Seseorang membeli kamera mirrorless karena mungkin kagum akan kepraktisan dan ukurannya yang kecil. Dengan kata lain, kepraktisan adalah hal utama, faktor yang menyebabkan seseorang memilih kamera mirrorless. Jenis kamera yang satu ini sebetulnya menjadi alternatif untuk para penggemar fotografi yang tidak ingin atau cenderung menghindari kamera DSLR yang gemuk.

 

Fitur standar lain yang seharusnya ada di dalam sebuah kamera mirrorless adalah perekaman video. Ini menjadi sebuah fitur yang penting bagi sebagian orang. Bila berminat, sebaiknya Anda membaca ulasan kamera mirrorless terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli satu di antaranya. Selanjutnya Anda perlu kembali ke tujuan. Bila hanya digunakan untuk bersenang-senang, maka kamera mirrorless Leica sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan. Lain halnya bila Anda menggunakannya untuk tujuan yang lebih professional. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak