Dont be Captious

Irit Kuliah di Singapura, Kaesang Jokowi Sehari Cuma Makan 1 Mie Goreng

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo saat ini tengah menempuh pendidikan kuliah di Singapura. Tahun 2017 ini merupakan tahun keenamnya tinggal di negeri 1001 larangan tersebut. Ia sudah bersekolah di Singapura sejak ia SMA.

Salah satu Youtuber kondang, Kevin Hendrawan baru-baru ini menghabiskan waktunya di Singapura. Ia pun punya ide untuk menemui Kaesang dan mengajaknya berkolaborasi sebagai sesama Youtuber. Topik utama dari pembahasan mereka pada video tersebut adalah biaya hidup di Singapura.

Pada pembukaan video, Kaesang menjelaskan bahwa kita sebenarnya bisa hidup dengan biaya sangat minim ataupun sebaliknya di Singapura. Pemuda yang tengah membangun usaha jualan Kaos ‘Kolektor Kecebong’ tersebut mengungkapkan bahwa ternyata dulu pernah hidup secara super-hemat saat pertama kali datang di Singapura.

“500 ribu, beli Indomie kan sekitar 2 dollar, dapet lima. Satu Indomie dibagi tiga untuk sehari. Itu udah dapet 5 hari dulu loh. Pernah (kayak gitu), dulu waktu pertama kali ke Singapura karena bapak ngirimin duid telat. Bukan telat, tapi lupa kalau harusnya ngirimin duit. Anak yang terlupakan,” kenang Kaesang.

Selain itu, Kaesang juga menjelaskan banyak hal, seperti biaya transportasi, makan, tempat tinggal dan sejenisnya. Tak lupa adik dari Gibran Rakabuming itu membocorkan sedikit aktivitasnya sehari-hari selama di Singapura.

“Kuliah, makan, tidur, maen game, ngedit video kalau perlu. Pulang-pergi ke Solo, jualan kaos,” ujarnya, santai.

Selain sudah punya usaha kaos sendiri, Kaesang juga dapat penghasilan dari YouTube. Lalu apakah Ia masih dapat kiriman uang dari orangtuanya? “Untuk sekarang, kadang-kadang udah nggak dikirim blas (sama bapak). Udah 4 bulan nggak dikirim. Untuk sekarang masih bisa survive, aman,” pungkas Kaesang.

Apa Komentarmu
Loading...