Cara Dapat TV Digital Gratis (Set Top Box)

Cek apakah kamu menjadi salah satu yang akan mendapatkannya?

Cara dapat TV Digital gratis dari pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk kamu yang akan bersiap bermigrasi dari TV analog ke TV digital. Nah, Kominfo akan membagikan perangkat TV Digital gratis kepada mereka yang membutuhkan.

Bantuan gratis itu akan serentak dilakukan sebagai program Analog Switch Off (ASO) atau proses migrasi TV analog ke digital.

“Bagaimana mendapatkan set top box gratis? Bagi orang kaya atau memiliki pendapatan yang baik, itu tidak dapat, harus beli sekitar Rp 250 ribu yang sudah sertifikasi Kominfo,” ujar Staf Ahli Menkominfo Henri Subiakto dalam diskusi online seperti dilansir detik.com, Rabu (23/2/2022).

“Tapi, masyarakat miskin terus punya KTP yang termasuk di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kemudian punya TV lama atau TV tabung, nah itu akan dapat bantuan (set top box gratis TV digital),” sambungnya.

BACA JUGA: Perjalanan Televisi dari Masa ke Masa

Rencananya pendistribusian TV digital ini akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Tentunya kamu harus di data dulu sebelum menerima bantuan gratis ini.

Kamu akan menerima undangan dari kelurahan atau desa tempat tinggal kamu. Kemudian setelah itu kamu cukup membawa undangan tersebut ke kantor pos terdekat.

“Nanti set top box ini disalurkan melalui PT Pos. Masyarakat yang dipilih dan diverifikasi, nanti akan diberitahu untuk mengambil di kantor Pos,” ungkapnya.

Lalu untuk penyelenggara multipleksing (mux) bisa mengikuti langkah-langkah pemerintah dalam menyalurkan TV Digital Set Top Box gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Ada setidaknya 6,7 juta perangkat STB gratis yang akan didistribusikan kepada kelompok rumah tangga yang membutuhkan di 34 kabupaten/kota mencakup 112 wilayah siaran.

Langkah-langkah Cara Dapat Gratis TV Digital

Set Top Box TV Digital
  • Penerima bantuan tercantum di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  • Memiliki KTP Elektronik
  • Wilayahnya terdampak Analog Switch Off (ASO)
  • Kominfo mendorong masyarakat untuk proaktif mengecek data DTKS.
  • Masyarakat dapat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos di Play Store. Lalu pilih menu daftar susulan. Dari menu usulan dapat mendaftarkan diri Anda yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos. Lalu, pada menu daftar usulan tadi, silahkan detikers pilih menu tambah usulan, kemudian dengan masukkan NIK KTP dan KTP anda, sistem akan memvalidasi, serta mencocokan data, apakah sudah sesuai atau belum.
  • Jika nama Anda sudah tervalidasi, selanjutnya bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan, salah satunya adalah pemberian alat Set Top Box (STB) gratis.

Perlu kamu ketahui, Kominfo akan mematikan permanen siaran TV analog yang sudah mengudara 60 tahun. TV Digital akan menggantikan sepenuhnya TV Analog karena teknologi dan kualitas siaran jauh lebih baik.

BACA JUGA: 5 Program Televisi Terbaik untuk Anak Muda Versi KPI

Proses migrasi tentu akan dilakukan secara bertahap. ASO tahap 1 rencananya akan dilaksanakan 30 April 2022. Lalu tahap 2 pada 25 Agustus 2022. Dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022.

Semoga saja dengan begitu kita jadi mulai menonton TV lagi. Sejak teknologi Internet, Youtube, Netflix, memang jumlah penonton TV Analog terus berkurang selama beberapa tahun belakangan ini.(jow)