Cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui dengan aplikasi

Ilustrasi pasangan saling melihat posisi dengan GPS (Foto: Kompas Health)

Cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui dengan aplikasi ternyata bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone saja. Mungkin ada banyak alasan untuk kamu kepo dengan posisi lokasi seseorang atau pacar kamu. Namun tidak sedikit yang hanya ingin memastikan bahwa pasangannya dalam keadaan baik-baik saja. Atau orang tua yang ingin selalu bisa memantau kondisi anaknya saat pergi keluar rumah.

Jadi aplikasi untuk mengetahui posisi seseorang tidak selamanya buruk jika kamu menggunakannya dengan bijak. Yang terpenting adalah aplikasi pelacak lokasi yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kamu.

Setelah Apple punya aplikasi andalan seperti Find My Friends yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi lokasi dengan teman dan keluarga, bagaimana dengan Android?

Jadiberita.com pun coba mencari list aplikasi Android yang memungkinkan kamu untuk melacak lokasi seseorang bahkan tanpa diketahui. Saat ini banyak sekali aplikasi sejenis namun belum diuji secara langsung kualitasnya.

Ada beberapa pilihan aplikasi pemantau lokasi seseorang yang resmi bisa kamu install melalui Google Play.

BACA JUGA: Aplikasi Survey Gratis Yang Terbukti Bisa Memberikan Uang Tambahan

Nah, jika kamu ingin mencoba untuk menggunakan aplikasi pelacak aplikasi di Android, inilah deretan aplikasi yang sudah di pilihkan oleh tim jadiberita yang bisa menjadi pilihan kamu:

1. Aplikasi Family Locator

Aplikasi Family Locator via Google Play

Aplikasi Family Locator adalah aplikasi untuk melacak lokasi seseorang yang dikhususkan untuk keluarga. Aplikasi ini diciptakan untuk para orang tua memantau anak-anaknya jika sedang bermain keluar rumah.

Dengan menggunakan aplikasi Family Locator (Pengesan Keluarga) kamu bisa melacak lokasi yang dikunjungi oleh anggota keluarga maksimal 7 hari terakhir.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini yang terdiri dari beberapa aplikasi terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu yakni:

Family Locator – Gps Tracker:

Family Locator by Sygic:

Glympse:

Find My Friend:

2. Aplikasi Zenly

Aplikasi Zenly via Google Play

Tahukah kamu kalau aplikasi Zenly adalah aplikasi untuk melacak posisi seseorang yang sebenarnya dibuat untuk melacak posisi teman. Namun, kini penggunaan aplikasi Zenly juga bisa kamu gunakan untuk melacak orang-orang terdekat seperti pacar, saudara, istri, suami.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui lokasi seseorang secara langsung (Real Time) di tempat masing-masing.

Aplikasi Zenly juga adalah jawaban dari kelemahan fitur Live Location di Whatsapp. Biasanya untuk menggunakan fitur Live Location di Whatsapp, kamu harus meminta persetujuan dulu. Tapi hal ini tidak diharuskan saat kamu menggunakan Zenly.

Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, Orang pertama dan orang kedua harus menginstall pada smartphone masing-masing. Setelah itu kamu cukup mendaftarkan nomor ponsel seseorang yang ingin kamu lacak. lalu, otomatis kamu bisa langsung melacak keberadaan orang tersebut.

  • Developer: ZENLY
  • Rating: 4,4
  • Total Download: 100 juta

Download KLIK DI SINI

3. Aplikasi Famisafe

Aplikasi FamiSafe via Google Play

Aplikasi untuk melacak posisi seseorang tanpa diketahui berikutnya adalah Famisafe. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melacak lokasi GPS seseorang lengkap dengan riwayat lokasi yang pernah dikunjungi.

Sebenarnya aplikasi Famisafe ini diciptakan untuk tujuan agar anak bisa menggunakan ponsel dan lebih bertanggung jawab. Namun kamu juga bisa menggunakannya untuk melacak posisi seseorang secara diam-diam.

Selain itu aplikasi yang sudah di download lebih dari 1juta pengguna ini memiliki fitur yang tidak kalah menarik seperti membatasi akses seseorang untuk membuka situs-situs tertentu.

  • Developer: WONDERSHARE TECHNOLOGY CO., LIMITED
  • Rating: 5,0
  • Total Download: 1 juta

Download KLIK DI SINI

4. Aplikasi Geozilla

Aplikasi GeoZilla via Google Play

Aplikasi untuk melacak posisi orang lain selanjutnya adalah GeoZilla. Aplikasi ini salah satu yang bisa menjadi pilihan kamu dalam memantau posisi seseorang. Seperti review yang dilakukan oleh Make Use Of, aplikasi Geozilla memiliki keunggulan daripad aplikasi sejenis lainnya seperti tidak menguras baterai. Lalu ada juga fitur Significant Location Change (SLC).

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi GeoZilla ini selain untuk melacak posisi seseorang yakni untuk keperluan mengirim pesan, berbagi gambar, saling berbagi komentar, hingga meminta tolong seseorang untuk pergi ke suatu tempat.

  • Developer: GeoZilla Inc.
  • Rating: 4,3
  • Total Download: 10 juta

Download KLIK DI SINI

5. Aplikasi Life360

Aplikasi Life360 via Google Play

Aplikasi Life360 adalah aplikasi untuk mengetahui lokasi seseorang yang cukup populer di dunia. Telah di unduh lebih dari 100 juta pengguna di Google play membuat aplikasi ini merupakan pilihan tepat untuk kamu.

Aplikasi Life360 sebenarnya diperuntukan untuk alat komunikasi, obrolan, dan keselamatan dalam berkendara. Dengan begitu kamu dapat mengetahui lokasi seseorang termasuk anggota keluarga atau orang terdekat kamu.

Beberapa fitur menarik juga bisa kamu temukan di aplikasi Life 360 seperti mengundang pengguna lain hingga orang lain pun dapat membuat akun mereka sendiri.

  • Developer: Life360
  • Rating: 4,6
  • Total Download: 100 juta

Download KLIK DI SINI

6. Aplikasi Glympse

Aplikasi Glympse via Google Play

Glympse adalah aplikasi untuk melacak posisi seseorang secara langsung atau real time yang menjadi pilihan alternatif kamu. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah kamu tidak perlu mendaftar untuk menggunakan aplikasi ini sehingga lebih praktis.

Aplikasi Glympse dapat kamu gunakan untuk mengetahui pasangan saat pulang kerja, memantau anak saat keluar rumah. Juga bisa sangat bermanfaat ketika kamu menonton sebuah konser dengan areal yang luas dan ingin tetap terhubung dengan mereka.

Lalu untuk kamu yang memiliki karyawan, Aplikasi Glympse bisa dimanfaatkan untuk memastikan para karyawan telah bekerja dengan baik.

Tidak mengherankan jika Glympse menjadi aplikasi GPS terbaik versi Webby karena fitur-fitur yang sangat bermanfaat serta teknologi lokasi terbaik.

  • Developer: Glympse, Inc
  • Rating: 4,0
  • Total Download: 5 juta

Download KLIK DI SINI

7. Aplikasi Whatsapp Web

Aplikasi Whatsapp Web (Foto: Detik.com)

Buat kamu yang sering menggunakan aplikasi whatsapp pasti suka kalau mendengar kabar ini. Rupanya aplikasi Whatsapp juga bisa kamu gunakan untuk melack posisi seseorang. Yup, namun kamu harus membukanya melalu laptop melalui whatsapp web.

BACA JUGA: Cara Agar Isi Chat Whatsapp Kamu Nggak di Intip Orang Lain

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Whatsapp Web melalui Laptop (KLIK DI SINI)
  • Lalu buka pesan terakhir orang yang ingin kamu lacak. Maksudnya dengan ini kamu bisa mendapatkan IP dari lokasi orang tersebut
  • Lalu tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, lalu akan muncul task manager
  • Tekan Windows+R secara bersamaan pas Task Manager muncul
  • Ketik cmd, tekan enter
  • Muncul layar hitam command prompt, ketik netstat, dan tekan enter
  • Sampai sini catatlah IP yang muncul di command prompt tersebut
  • Terakhir kamu langsung tracking lokasi orang yang dituju dengan membuka website IP Address melalui KLIK DI SINI
  • Masukkan ip yang sudah kamu dapatkan tadi dan klik enter

8. Aplikasi Google Maps

Aplikasi Google Maps (Foto: Kompas Tekno)

Ada juga cara lain untuk kamu cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui yakni dengan memanfaatkan aplikasi bawaan Google Maps. Aplikasi yang otomatis sudah terinstall di smartphone kamu ini bukan hanya untuk digunakan sebagai petunjuk jalan, mengetahui lokasi dengan melihat peta, tapi juga bisa melacak posisi seseorang dengan mudah.

BACA JUGA: Dapatkah Anda Membayangkan Dunia Tanpa Google?

Cara mengetahui lokasi seseorang dengan aplikasi Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone kamu
  • Pilih koneksi internet berdasarkan time based atau berdasarkan waktu untuk menghemap kuota
  • Pilih menu option, masuk ke bagian friend list atau daftar teman
  • Pilih Add friend atau Tambah teman
  • Undang seseorang yang ingin kamu lacak posisinya
  • Masukkan nomor HP orang yang dimaksud pada saat melakukan undangan
  • Lalu klik kontak nomor tujuan, otomatis Google Maps akan langsung otomatis melacak posisi target.

9. Aplikasi Satelite Google Maps

Aplikasi Google Maps Satelite

Masih dengan menggunakan aplikasi Google Maps kamu juga bisa melacak posisi seseorang namun kali ini memanfaatkan satelite. Namun cara ini bisa bekerja dengan baik jika kamu membuka aplikasi Google Maps yang terinstal di HP target.

Jika berhasil, kamu hanya cukup ikuti langkah-langkah mudahnya dibawah ini:

  • Buka aplikasi Google Maps di HP yang akan dilacak
  • Klik menu (Ikon garis-garis horizontal) di pojok kiri atas
  • Lalu pilih menu lokasi
  • Masuk ke laman bagian lokasi, klik tombol mulai
  • Akan muncul rentang waktu berbagai lokasi ‘Selama 1 jam’ atau ‘Hingga dinonaktifkan’ lalu klik ‘Lainnya’
  • Selanjutnya, masukan nomor atau alamat email kamu yang akan digunakan untuk melacak hp target, lalu kirim.

10. Familo: Find My Phone Locator

Aplikasi Familo: Find My Phone Locator

Familo merupakan salah satu aplikasi untuk mengetahui keberadaan seseorang tanpa diketahui, terutama anggota keluarga. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengetahui keberadaan seseorang. Selain itu, Familo juga terdapat fitur seperti chat untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga.

Aplikasi cek lokasi ini juga ramah digunakan oleh anak-anak dan orang tuanya serta tidak menguras baterai. Meski terdapat berbagai kritik, aplikasi ini masih mendapat rating yang bagus, yaitu 4,4. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Familonet
  • Rating: 4,4
  • Total Download: 5 juta

Download Familo : Find My Phone Locator

11. iSharing: Find Family & Friends

Aplikasi iSharing: Find Family & Friends

iSharing juga bisa digunakan sebagai aplikasi untuk mengetahui keberadaan seseorang. Aplikasi pelacak lokasi ini memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang secara real time, waktu keberangkatan dan pulang seseorang, ke mana saja seseorang pergi, serta lokasi seseorang apabila jaraknya sudah dekat.

Bahkan aplikasi ini bisa menandakan keadaan darurat dengan cara menggoyangkan ponsel untuk mengirim pesan darurat. Aplikasi ini juga dinilai bagus sehingga mendapat rating 4,6. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: iSharingSoft, inc.
  • Rating: 4,6
  • Total Download: 10 juta

Unduh iSharing : Find Family & Friends

12. Geonection Family GPS Tracker

Aplikasi Geonection Family GPS Tracker

Aplikasi ini sama seperti aplikasi sebelumnya yang digunakan sebagai pelacak lokasi. Adapun cara untuk mengetahui lokasi seseorang menggunakan Geonection dengan membuat suatu perkumpulan. Perkumpulan ini bisa meliputi keluarga atau teman.

Melalui perkumpulan tersebut, kamu bisa mengetahui lokasi dari semua angggota perkumpulanmu, bahkan bisa diketahui secara real time. Selain itu, aplikasi pelacak lokasi ini juga terdapat fitur yang mencatat histori lokasi seseorang sehingga bisa diketahui tempat-tempat yang telah dikunjunginya. Aplikasi ini memiliki rating lebih tinggi daripada aplikasi lainnya, yaitu 5,0. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: WONDERSHARE TECHNOLOGY CO., LIMITED
  • Rating: 5,0
  • Total Download: 100 ribu

Unduh Geonection Family GPS Tracker

13. Find My Kids : location tracker

Aplikasi Find My Kids: GPS Watch Ponsel

Aplikasi ini digunakan khusus untuk melacak lokasi anak. Adapun cara untuk mengetahui posisi anak dengan mengandalkan GPS dengan koordinat yang ada di dalamnya. Find My Kids juga mempunyai fitur lainnya seperti fitur suara untuk mengetahui kondisi di sekitar anak, sinyal bersuara keras jika mereka meninggalkan ponsel di tas, fitur keamanan untuk mengetahui ke mana saja si anak pergi, fitur pengecekan baterai ponsel anak, sampai fitur chat untuk berinteraksi dengan anak.

Aplikasi pelacak lokasi ini telah memperoleh nilai tinggi sehingga ratingnya mencapai 4,8. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: GEO TRACK TECHNOLOGIES INC
  • Rating: 4,8
  • Total Download: 10 juta

Unduh Find My Kids : location tracker

14. Find My Phone – Family Locator

Aplikasi Find My Phone – Family Locator

Find My Phone adalah aplikasi selanjutnya untuk mengetahui keberadaan seseorang. Aplikasi cek lokasi ini juga menggunakan GPS untuk melacak lokasi anggota keluarga di luar rumah. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan notifikasi apabila anggota keluarga tersebut pergi ke suatu tempat.

Aplikasi ini juga bisa membuat grup yang beranggotakan orang-orang terdekat. Find My Phone juga memiliki banyak nilai positif sehingga ratingnya mencapai 4,5. Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: FAMILY LOCATOR LLC
  • Rating: 4,5
  • Total Download: 10 juta

Unduh Find My Phone – Family Locator

15. Connected: Family Tracking App

Aplikasi Connected: Family Tracking App

Satu lagi aplikasi untuk melacak posisi seseorang, yaitu Connected: Family Tracking App. Aplikasi ini dapat mengetahui keberadaan anggota keluarga secara real time dengan tidak menguras baterai ponsel. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Connected juga memiliki fitur untuk mengetahui daftar tempat yang telah dikunjungi seseorang, serta penanda saat keadaan darurat.

Bedanya, aplikasi cek lokasi ini juga mempunyai laporan mengemudi dengan mencantumkan data seperti kecepatan, riwayat perjalanan, serta akselerasi. Aplikasi ini juga memiliki rating yang bagus, yaitu 4,2. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Kayisoft
  • Rating: 4,2
  • Total Download: 1 juta

Unduh Connected : Family Tracking App

16. Lokasi GPS: Pelacak Keluarga

Aplikasi Lokasi GPS: Pelacak keluarga

Aplikasi apa yang bisa mengetahui keberadaan seseorang tanpa diketahui? Cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan, namun Lokasi GPS: Pelacak Keluarga menawarkan lebih dari itu. Selain mengetahui keberadaan seseorang, aplikasi ini juga bisa mengetahui lokasi 5 orang dalam waktu yang bersamaan.

Aplikasi cek lokasi ini juga menawarkan tingkat akurasi yang tinggi untuk setiap data lokasi. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai durasi seseorang ketika berada di suatu tempat. Aplikasi ini juga memperoleh rating yang bagus, yaitu 4,1. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Virgin Master
  • Rating: 4,1
  • Total Download: 100 ribu

Unduh Lokasi GPS: Pelacak Keluarga

17. Cara Cari Lokasi Hp Pasangan

Aplikasi Cara Cari Lokasi Hp Pasangan

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang tanpa diketahui. Aplikasi ini buatan asli Indonesia yang bisa memberikan berbagai cara untuk menemukan ponsel, terutama ponsel milik pasangan. Walaupun terdapat keluhan soal iklan, aplikasi lokasi pasangan ini bisa dicoba sebab memiliki rating sebesar 4,2. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Sukini Studio
  • Rating: 4,3
  • Total Download: 10 ribu

Unduh Cara Cari Lokasi Hp Pasangan

18. Lacak Posisi Seseorang dengan Aplikasi Briive

Aplikasi Briive

Aplikasi ini juga terdapat fitur untuk mengetahui keberadaan seseorang. Adapun cara untuk mengetahui lokasi seseorang melalui Briive yaitu dengan mengundang orang-orang terdekat untuk ikut menggunakan aplikasi ini. Setelah mendaftar, lokasi dari semua orang terdekat akan mudah diketahui dengan GPS yang tersedia.

Semua lokasi di sini pun bersifat privasi karena hanya orang-orang terdekatmu yang mengetahuinya. Aplikasi ini juga memiliki rating yang cukup bagus, yaitu 3,2. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Intouch Inc.
  • Rating: 3,2
  • Total Download: 10 ribu

Unduh Briive

19. Cara Lacak Lokasi WA dan No HP

Aplikasi Cara Lacak Lokasi WA dan No HP

Aplikasi ini merupakan buatan dalam negeri. Adapun aplikasi ini memberikan cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui melalui informasi teks. Berbagai informasi di sini bisa kamu baca untuk melacak lokasi seseorang yang sudah terikat janji denganmu melalui Whatsapp.

Meskipun banyak iklan, aplikasi ini bisa kamu coba karena cukup efektif. Ratingnya pun cukup bagus, yaitu 3,9. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Bakti Media
  • Rating: 3,9
  • Total Download: 100 ribu

Unduh Cara Lacak Lokasi WA dan No HP

20. GPS Pelacakan nomor HP

Aplikasi GPS Pelacakan nomor HP

Satu lagi aplikasi untuk mengetahui lokasi seseorang. Aplikasi keluaran Family Locator inc. ini menggunakan nomor HP atau ponsel untuk mengetahui lokasi seseorang. Adapun cara untuk mengetahui posisi seseorang melalui aplikasi ini dengan cara mengundang terlebih dahulu orang yang ingin dilihat lokasinya.

Meski agak menyusahkan, aplikasi ini tetap memperoleh nilai bagus dan rating sebesar 4,4. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik tautan di bawah ini.

  • Developer: Family Locator Inc.
  • Rating: 4,4
  • Total Download: 50 juta

Unduh GPS Pelacakan nomor HP

Kesimpulan

Itulah ulasan daftar cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui. Gunakan aplikasi dengan wajar dan jangan disalahgunakan. Jika kamu memiliki list aplikasi untuk melacak lokasi seseorang diluar list diatas, silakan komentar dibawah ya. Kami akan update secara berkala artikel ini agar selalu update.

Dan bagikan artikel ini jika kamu rasa bermanfaat agar kami lebih semangat lagi membuat artikel-artikel lainnya. (jow)

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

55 Lowongan Kerja BUMN April 2022 Semua Jurusan

Cara Mengetahui Password TikTok