Lupa PIN ShopeePay? Tenang Ini Cara Mengatasinya

Lupa PIN ShopeePay

Lupa PIN ShopeePay mungkin bisa membuat kamu panik, namun jangan khawatir sebab kamu bisa dapatkan solusinya di artikel ini khususnya panduan terbaru tahun 2022. Simak ulasan lengkapnya agar bisa kamu coba saat kamu mendadak lupa PIN ShopeePay.

Pengguna marketplace Shopee pasti sudah tidak asing lagi dengan dompet digital ShopeePay. Tidak jarang orang lupa PIN ShopeePay dan kesulitan melakukan pembayaran. Kamu dapat mencoba metode untuk memulihkan akses dan mengganti PIN kamu yang terlupa.

PIN dengan kombinasi 6 digit adalah konfirmasi yang diperlukan saat menggunakan ShopeePay dan memberikan akses ke transaksi. Mirip dengan rekening bank dimana pin ShopeePay juga menyimpan data dan berfungsi untuk meminimalkan penyalahgunaan.

Jika kamu lupa PIN ShopeePay kamu tidak akan dapat melakukan pembayaran atau menggunakan transaksi dengan ShopeePay

Apa yang harus dilakukan jika kamu lupa pin ShopeePay kamu?

Lupa PIN ShopeePay
Illustrasi tampilan aplikasi Shopee

Shopee tidak lagi menawarkan layanan Mengintip Pin yang telah ditetapkan. Cara untuk menemukan PIN ShopeePay kamu yang terlupakan adalah dengan mengganti PIN baru. Jangan khawatir kamu memiliki akses ke nomor ponsel yang terdaftar agar mudah untuk mengubah PIN ShopeePay. Berikut cara memperbaiki PIN ShopeePay yang lupa:

  1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu entri saldo ShopeePay.
  2. Langkah awal kita perlu membuka aplikasi Shopee. Jika kamu belum memiliki aplikasi Shopee silakan download KLIK DI SINI.
  3. Jika sudah kamu bisa memilih menu Top up saldo ShopeePay di sebelah menu scan barcode. 
  4. Lalu pergi ke jendela ShopeePay.
  5. Pilih menu pengaturan yang ditandai dengan roda gigi di kanan atas.
  6. Untuk menemukan PIN ShopeePay kamu yang terlupakan, Kamu pilih roda gigi di kanan atas untuk membuka Pengaturan ShopeePay
  7. Jika sudah jendela pengaturan akan terbuka.
  8. Pilih opsi Ubah pin ShopeePay.

Shopee tidak menawarkan opsi lain untuk menemukan Pin ShopeePay kamu yang terdaftar. Sehingga kamu dapat memilih opsi Ubah Pin ShopeePay. Ini adalah cara kamu dapat terus bertransaksi menggunakan dompet digital.

BACA JUGA: Cara Kirim Saldo ShopeePay ke GoPay Terbaru 2022

1. Konfirmasi Nomor Ponsel Untuk Terima Kode OTP

Setelah memilih opsi Ubah PIN ShopeePay ada notifikasi kode verifikasi akan otomatis muncul di layar kamu. Untuk dapat melanjutkan penyelesaian PIN ShopeePay kamu yang terlupa. Dari sini kamu perlu mengonfirmasi bahwa nomor yang  terdaftarkan masih aktif dan dapat menerima kode OTP.

2. Masukkan Kode Verifikasi 6 Digit

Kamu bisa mengecek pesan masuk dari Shopee yang berisi kode verifikasi 6 digit. Tujuannya untuk keamanan dan hindari mengganti PIN ShopeePay kamu di tempat umum. Kode OTP bersifat rahasia dan tidak boleh dibagikan.

3. Buat Kombinasi PIN Baru

Masukkan 6 digit nomor baru untuk menjadi PIN ShopeePay kamu. Simpan PIN ShopeePay kamu secara pribadi agar tidak lupa. Hindari angka yang mudah ditebak contoh tanggal lahir kamu.

4. Masukkan Kembali PIN Baru ShopeePay 6 Digit

Kamu harus memasukkan kembali kombinasi PIN ShopeePay baru. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa kode yang kamu masukkan benar. Secara opsional kamu juga bisa aktifkan fitur Face ID atau Fingerprint untuk mendukung pembayaran lebih mudah

Menggunakan fungsi ID Wajah atau sidik jari alih-alih akses pin ShopeePay menyederhanakan proses transaksi. kamu dapat memilih untuk mengaktifkannya tergantung pada kemampuan perangkat kamu yang mendukungnya. Kamu juga dapat menggunakan kembali layanan dompet digital ShopeePay untuk bertransaksi.

5. Hal yang perlu diketahui jika kamu lupa pin ShopeePay!

Kamu dapat menghubungi customer service Shopee melalui email atau call center. Ini sangat penting jika kamu tidak menerima kode OTP untuk verifikasi. Termasuk jika kamu ingin mengubah nomor telepon kamu yang terdaftar.

Saat kamu telah masuk ke perangkat baru dengan akun Shopee dalam waktu 24 jam. Mungkin kamu tidak akan dapat mengubah pin kamu akibat lupa PIN. Saat kamu sudah menambahkan rekening bank atau mengubah nomor ponsel. Kamu tetap harus menunggu sampai dapat mengubah PIN.

Saat kamu salah memasukkan kombinasi angka sebanyak 3 kali harus menunggu 30 menit untuk mengganti PIN ShopeePay kamu. Perlu diperhatikan juga bahwa jika kamu salah memasukkan PIN sebanyak 5 kali. Sistem dalam Shopee akan menonaktifkan akun kamu secara permanen.

Ingat PIN yang kamu buat agar kamu dapat nyaman bertransaksi menggunakan dompet digital ShopeePay kamu. Saat kamu membuat catatan ini maka simpan dengan baik agar tidak dapat dilihat orang lain. Sehingga kamu dapat mengingat PIN ShopeePay kamu dan menjaga keamanannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi in jika kamu rasa bermanfaat ke sosial media pribadi kamu seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Dengan begitu kami akan terus semangat dalam membuat konten-konten bermanfaat lainnya. (jow)

BACA JUGA: Cara Ubah Koin Shopee jadi ShopeePay, Termudah dan Terbaru 2022