4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online dan Offline

Peserta BPJS Ketenagakerjaan memang memiliki dana BPJS yang bisa dicairkan karena beberapa alasan tertentu seperti PHK, Pensiun, Kematian, dan sebagainya. Besaran dananya pun berbeda-beda sehingga Anda pun pasti penasaran bagaimana sih cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Jangan khawatir, berikut ini terdapat beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online ataupun offline yang bisa Anda coba. Yuk simak penjelasan selengkapnya!

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan 

Untuk bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Cara cek pertama yakni, cara paling konvensional yang dilakukan sejak dulu yakni, cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara offline.

Cara ini sebenarnya mudah dimana Anda hanya perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di daerah Anda.

Setelah itu, Anda bisa menuju bagian layanan pelanggan dan memberitahukan bahwa Anda hendak meminta informasi mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Anda bisa menunjukkan dokumen pendukung yang diperlukan misalnya kartu BPJS Ketenagakerjaan, e-KTP ataupun Kartu Keluarga. Nantinya, petugas akan memberikan Anda cetakan slip saldo BPJS ketenagakerjaan milik Anda.

Bagi sebagian orang cara ini memang sudah dianggap ketinggalan zaman, namun cara ini sangat membantu bagi sebagian orang yang kesulitan menggunakan platform online.

BACA JUGA: Cara Mengubah Data BPJS Ketenagakerjaan dan Syaratnya

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Situs Resmi

Cara cek saldo BPJS Tanpa aplikasi yang Anda lakukan dengan mudah yakni melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan yakni https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Lalu, loginlah dengan email dan password yang Anda miliki ketika mendaftar. Klik kotak bertuliskan Saya Bukan Robot kemudian klik Login.

Apabila Anda belum mempunyai akun, maka Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan klik Buat Akun Baru dan mengikuti intruksi selanjutnya;

Setelah berhasil login, maka Anda bisa klik menu bertuliskan Lihat Saldo JHT dimana tak perlu menunggu waktu lama bahwa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda akan ditampilkan pada layar.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via JMO

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Illustrasi tampilan aplikasi JMO Mobile

Selain melalui situs resmi seperti yang telah dipaparkan di atas, Anda juga bisa mengecek BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO.  JMO ini merupakan aplikasi yang sebelumnya bernama BPJSTKU.

Agar bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi JMO maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduhlah aplikasi JMO yang terdapat pada AppStore ataupun Google Play Store;
  2. Bukalah aplikasi yang telah terinstal di ponsel Anda tersebut. Anda bisa langsung login dengan email dan password apabila telah memiliki akun. Namun jika belum, silahkan lakukan registrasi dengan klik Buat Akun lalu ikuti instruksi selanjutnya;
  3. Masukkanlah data diri Anda seperti nomor BPJS Ketenagakerjaan, Nomor Induk Kependudukan, nama lengkap beserta tanggal lahir Anda;
  4. Setelah berhasil masuk, Anda bisa segera melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara klik menu Jaminan Hari Tua kemudian klik Cek Saldo;
  5. Tunggulah beberapa saat hingga jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan milik Anda akan ditampilkan pada layar;
  6. Selesai. Begitulah cara praktis untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda sebagai peserta BPJS. Sangat mudah bukan? Selain dari aplikasi Anda juga bisa mengeceknya melalui SMS.

4. Cek Saldo BPSJ Ketenagakerjaan via SMS

Selanjutnya Anda juga bisa mencoba cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat SMS dimana hal ini dianggap paling simpel bagi sebagian orang. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda simak dengan baik.

  • Lakukan registrasi dengan mengirimkan SMS yang formatnya Daftar (Spaso) Saldo#NoKTP#TGL LAHIR (DDMMYY)#NOPESERTA#Email apabila Anda;
  • Kirimkan format tersebut ke 2757;
  • Apabila telah terdaftar, maka Anda bisa mengirimkan kembali SMS pada nomor tersebut dengan format Saldo (spasi) nomor peserta;
  • Nantinya Anda akan mendapatkan balasan SMS yang menginformasikan kepada Anda mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki;

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek terkait saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan dan jaminan hari tua pada para pekerja.

Anda bisa memanfaatkan dana BPJS Ketenagakerjaan ini dengan baik khususnya untuk keperluan di masa tua. 

Demikianlah yang bisa dipaparkan mengenai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. 4 cara yang telah disebutkan di atas semoga dapat membantu Anda mengetahui berapa saldo dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda dengan mudah. Selamat mencoba. (jow)

BACA JUGA: Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan via Online, Proses Mudah dan Cepat Cair