Don't be Captious

spot_img

10 Tips Membeli STB TV Digital agar Tidak Mudah Tertipu Pedagang Nakal

Dimas Drajat
Dimas Drajat
Anak UI yang lagi membangun personal branding

Baru-baru ini beredar kabar di media sosial TikTok ada seorang warga yang mengalami musibah yakni televisi meledak. Diduga penyebabnya karena penggunaan Set Top Box atau STB TV Digital. Meskipun hingga kini belum diketahui penyebabnya. Sebaiknya kamu pun harus lebih hati-hati dalam menggunakan perangkat STB TV Digital yang belum tentu terjamin kualitasnya.

Belajar dari kejadian diatas jadiberita.com kali ini akan membahas tentang 10 tips membeli STB TV Digital agar tidak mudah tertipu oleh ulah pedagang yang nakal yang kerap menjual STB TV Digital palsu yang berkualitas rendah.

Sebagaimana kita ketahui bersama mulai 2 November 2022 pemerintah telah memberhentikan siaran TV Analog di sejumlah wilayah di Indonesia salah satunya adalah Jabodetabek.

Dengan begitu kamu mau tidak mau harus beralih ke TV Digital jika ingin tetap bisa menikmati siaran TV nasional. Namun sejumlah masyarakat masih banyak yang belum cukup mendapatkan edukasi terkait informasi siaran TV Digital.

Sebut saja perangkat tambahan STB yang wajib dimiliki oleh pengguna yang ingin menikmati siaran TV Digital. Rupanya hingga kini masih banyak masyarakat yang masih belum paham betul apa itu STB dan bagaimana cara menggunakannya.

Terlebih lagi situasi ini dimanfaatkan oleh oknum para pedagang STB TV Digital palsu yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu sebelum kamu memutuskan untuk membeli STB TV Digital baik di marketplace online maupun toko offline ada baiknya kamu simak panduan dalam membeli Set Top Box TV Digital yang bersertifikat SNI resmi. Berikut ini adalah 10 Tips nya:

1. Beli yang Ada fitur EWS

Saat kamu memutuskan untuk membeli STB TV Digital hal pertama yang harus kamu ingat adalah dengan tersedianya fitur EWS atau (Early Warning System). Fitur ini memang tidak langsung dibutuhkan saat kamu menikmati siaran TV digital. Namun fungsi dari EWS ini sangat penting terutama saat keadaan darurat atau terjadi bencana.

Dengan adanya fitur EWS di STB TV Digital maka kamu akan mendapatkan pesan langsung melalui TV Digital ketika ada pengumuman darurat dari pemerintah. Dengan begitu kamu bisa bersiap-siap untuk menyelamatkan diri ketika ada peringatan bencana.

Disamping itu, fitur EWS lebih cepat disiarkan dan diterima langsung oleh masyarakat yang sudah menggunakan TV Digital dibandingkan saat masih memakai TV Analog.

Jadi saat kamu membeli STB TV Digital, pastikan fitur EWS ini tersedia, sebab salah satu ciri STB TV Digital yang asli adalah yang memiliki fitur ini.

2. Terdapat tulisan DVB T2 lengkap dengan gambar maskot Modi

Tips berikutnya saat membeli STB TV Digital yang original adalah dengan adanya tulisan DVB T2 serta logo Modi di perangkat.

Mungkin kamu masih asing dengan istilah DVB T2, jadi secara singkat istilah ini mengacu kepada sistem transmisi terestrial digital modern. DVB T2 adalah standar baru dalam transmisi siaran untuk TV Digital. Pada April 2007, teknologi ini mulai dikomersialkan sebagai pengganti DVB generasi pertama. DVB-T2 banyak diadopsi negara di Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Itulah mengapa fitur ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi saat kamu memilih STB TV Digital. Sebab jika DVB T2 tidak ada artinya STB TV Digital yang kamu beli belum bisa menangkap sinyal TV secara maksimal.

3. Ada Tulisan “Siap Digital”

Lalu tips lainnya yang bisa kamu perhatikan jika tidak ingin tertipu saat membeli STB TV Digital adalah pastikan ada tulisan “Siap Digital” di perangkat.

Setiap STB TV Digital yang sudah memenuhi syarat resmi dari Kominfo tentu saja memiliki ciri-ciri tertentu. Jangan malu untuk bertanya kepada penjual di marketplace maupun toko offline tentang ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas.

4. Beli berdasarkan sumber rekomendasi terpercaya

Permintaan pasar meningkat saat pemerintah memutuskan siaran TV Analog dan beralih ke siaran TV Digital tentunya membuat banyaknya para penjual STB TV Digital. Banyak yang menawarkan harga murah bahkan diskon namun kamu belum tahu kualitasnya seperti apa.

Nah salah satu tips ketika kamu ingin membeli STB TV Digital adalah dengan menonton review dari para youtuber yang memiliki reputasi yang bagus.

Biasanya para youtuber yang sudah memiliki follower banyak dan terkenal tidak akan mengulas barang-barang palsu. Mereka pun akan selektif dalam memilih produk yang ingin di ulas. Selain itu, pengetahuan mereka tentang perangkat STB TV Digital tentunya lebih baik dibandingkan kamu.

5. Jangan malas baca ulasan produk

Tips berikut ini tidak kalah penting dijamin kamu tidak akan salah pilih STB TV Digital. Biasakan membaca ulasan produk sebelum membeli.

Sebagai contoh saat kamu membeli secara online, kita tidak bisa mengecek langsung perangkat STB TV Digital apalagi mencobanya langsung. Baca dulu ulasan produknya apakah memiliki reputasi yang bagus dan baca beberapa ulasan dari pembeli sebelumnya.

STB TV Digital resmi tentunya memiliki kualitas yang bagus. Sebelum dijual kepasaran akan dilakukan Quality Control terlebih dahulu. Jadi jika kamu menemukan review di ulasan produk mengenai kualitas STB TV Digital yang kurang bagus sebaiknya kamu pikir-pikir kembali jika mau membelinya.

Selain itu baca ulasan yang disertakan dengan gambar perangkat. Cara ini cukup ampuh untuk memastikan produk yang dijual adalah sama dengan produk yang dikirimkan.

6. Pilih merek ternama yang memiliki reputasi baik

Tidak bisa dipungkiri dalam memilih STB TV Digital kamu juga memerlukan pertimbangan ini. Pilihlah merek atau brand yang terkenal dan memiliki reputasi baik saat ingin membeli STB TV Digital yang resmi.

Menurut info yang dilansir resmi oleh laman siarandigital.kominfo.go.id berikut ini adalah beberapa merek STB TV Digital yang telah mengantongi setifikasi dari Kominfo:

[adace-ad id=”160792″]

  1. Akari ADS-2230
  2. Akari ADS-210
  3. Akari ADS-186
  4. Akari ADS-525
  5. Evercoss STB Mini
  6. Evercoss STB1
  7. Evercoss STB Max
  8. Evercoss STB Pro
  9. Evinix H-1 
  10. Freebox H-1
  11. Ichiko 800HD
  12. Kubik Kubik Arca DVB-T2
  13. Matrix Apple
  14. Matrix CH-77
  15. Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  16. Nextron NT2000-D
  17. Nextron TR 1000
  18. Polytron PDV 600T2
  19. Tanaka T2
  20. Tanaka T2 Jurassic
  21. Tanaka T2 New
  22. Venus Brio
  23. Visio HS1685

[adace-ad id=”160792″]

23 daftar merek STB TV Digital diatas bisa kamu beli melalui Toko Offline maupun di Marketplace.

BACA JUGA: TV Analog Mati?, Tidak Perlu Khawatir Begini Cara Dapatkan STB TV Digital Gratis

7. Mintalah penjual untuk mencobanya dulu sebelum kamu beli

Tips agar kamu tidak mudah tertipu penjual nakal saat ingin membeli STB TV Digital adalah dengan meminta penjual langsung mencobanya di depan kamu.

Bagi kamu yang tinggal di daerah atau yang jauh dari pusat kota, kamu mungkin berpikir untuk membeli langsung di toko-toko offline. Salah satu hal yang kami rekomendasikan kepada kamu adalah tes dulu secara langsung STB TV Digital sebelum kamu membelinya.

Salah satu ciri STB TV Digital asli adalah kualitasnya baik. Kamu pun tentu bisa merasakan perbedaannya saat memegangnya secara langsung. STB TV Digital yang asli tentu memiliki kualitas body yang bagus. Logo merek tercetak lebih bagus dan bukan asal-asalan.

Saat dicoba langsung, STB TV Digital yang asli tidak memerlukan setting yang rumit dan mendukung beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia.

8. Pilih sedikit lebih mahal daripada murah

Pertimbangan saat membeli STB TV Digital berikutnya menurut kami adalah memilih harga yang lebih mahal sedikit lebih baik daripada murah.

Istilah ada harga ada rupa juga berlaku saat kamu memilih STB TV Digital. Setiap produk STB TV Digital memiliki fitur khusus salah satunya kekuatan sinyal yang dipancarkan. STB TV Digital yang memiliki harga lebih mahal biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur spesial. Selain itu dukungan garansi serta after salesnya juga pastinya akan di cover secara profesional.

Berbeda dengan STB TV Digital yang memiliki harga murah. Umumnya kualitas bahan produk dan build quality kurang terjamin sehingga tidak awet jika digunakan bertahun-tahun.

STB TV Digital adalah salah satu produk yang biasanya akan lebih sering kamu gunakan nantinya. Jadi pertimbangkan untuk membeli yang lebih mahal dengan kualitas terbaik agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi jika ternyata produknya gampang rusak.

9. Perhatikan kelengkapan di dalam paket pembelian

Tips ke sembilan ketika memilih STB TV Digital yang berkualitas bagus adalah mengecek kelengkapan yang kamu dapatkan di dalam paket pembelian. STB TV Digital asli tentunya dilengkapi dengan buku manual atau buku panduan, kartu garansi, kabel-kabel pendukung.

Kami menyarankan kamu juga untuk jangan ragu bertanya kepada penjual tentang kelengkapan yang akan didapatkan saat membeli STB TV Digital. Perhatikan pula kualitas cetakan dari buku manual, produk yang palsu biasanya memiliki kualitas cetakan buku manual yang buruk.

10. Jangan langsung percaya dengan rekomendasi penjual

Tips membeli STB TV Digital agar tidak mudah tertipu pedagang nakal yang terakhir dari kami adalah jangan mudah percaya apa kata penjual.

Setelah kamu membaca sembilan tips diatas tentu kamu sudah lebih paham saat ingin membeli STB TV Digital. Gunakan pengetahuan yang sudah kamu dapatkan diatas dan jangan langsung percaya dengan rekomendasi penjual.

Beberapa oknum penjual yang tidak bertanggung jawab memang akan lebih suka jika semua produk STB TV Digital yang mereka jual cepat laku. Tidak peduli dengan bagaimana kualitasnya, tidak sedikit mereka akan lebih suka merekomendasikan produk kualitas buruk atau stock lama.

Lebih baik kami sarankan agar Anda tahu dulu merek apa yang ingin dibeli. Jangan mudah beralih pilih merek lain dengan iming-iming bonus tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang 10 tips membeli STB TV Digital agar tidak mudah tertipu pedagang nakal yang bisa kamu sampaikan pada kesempatan kali ini.

Kami akan terus memperbaharui tips diatas jika ada info terbaru yang layak disampaikan kepada kamu. Oleh karena itu mohon bantuannya jika kamu rasa informasi diatas bermanfaat untuk membagikannya ke sosial media milik kamu seperti facebook, whatsapp, twitter. Agar orang lain di sekitar kamu juga dapat mendapatkan informasi yang bermanfaat juga. (jow)

BACA JUGA: Cara Merubah TV Analog ke Digital Tanpa STB

Latest article