Cara Membuat BPJS untuk Anak yang Benar dan Pasti Berhasil

Bagi Anda, ayah atau bunda yang memiliki anak, penting bagi Anda untuk tahu cara membuat BPJS anak gratis. Dengan memiliki jaminan kesehatan yakni BPJS Kesehatan ini, maka anak dapat lebih mudah memperoleh pengobatan.

Ketika bayi baru lahir, tentu masih banyak orang yang bingung terkait cara daftar BPJS Kesehatan anak online. Padahal untuk membuat BPJS gratis bagi bayi lahir ini tentunya tak sesulit yang dibayangkan. Yuk simak pembahasannya bersama.

Cara Daftar BPJS Anak Gratis

Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat BPJS gratis untuk anak. BPJS Kesehatan ini menjadi suatu asset yang penting untuk dimiliki setiap warga negara Indonesia, termasuk juga didalamnya bayi yang baru lahir.

Ketika seorang anak, khususnya sejak bayi telah mempunyai BPJS Kesehatan maka ketika anak tersebut sakit, maka bisa memperoleh pengobatan secara Cuma-Cuma. Hal ini sangat membantu terutama ketika biaya berobat di rumah sakit tak lagi murah.

BACA JUGA: Cara Mengurus BPJS Kesehatan Pindah Faskes dengan Mudah

Cara Daftar BPJS Anak secara Offline

Cara daftar BPJS anak gratis pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan di wilayah domisili Anda. Dalam hal ini, bayi yang lahir harus segera mendaftarkan diri pada BPJS Kesehatan minimal 28 hari setelah bayi tersebut lahir.

Untuk cara mendaftarkannya, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini:

  1. Kunjungi kantor BPJS Kesehatan yang ada di daerah Anda;
  2. Bawalah surat-surat persyaratan yang diperlukan seperti kartu KIS atau JKS dari ibu kandung, akta kelahiran asli dan fotokopi, juga Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi;
  3. Akta kelahiran ini bisa Anda peroleh ketika bayi telah lahir dimana ketika bayi lahir di bidan maka secara otomatis bisa memperoleh akta kelahiran tersebut. Jika semua persyaratan telah lengkap, maka Anda dapat mengambil nomor antrian di kantor BPJS;
  4. Tunggulah hingga nomor Anda dipanggil untuk mendapatkan pelayanan;
  5. Apabila telah dipanggil, maka Anda bisa menyampaikan kepada petugas bahwa Anda hendak mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk anak Anda;
  6. Pihak petugas akan meminta informasi dan data yang diperlukan. Anda bisa menyerahkan persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan tersebut;
  7. Nantinya pihak BPJS akan membantu membuatkan kartu BPJS Kesehatan bagi buah hati Anda.

Selesai, Anda hanya tinggal menunggu proses pembuatan BPJS Kesehatan bagi anak Anda tersebut selesai. Proses pembuatan ini sangat mudah dilakukan. Selain lewat kantor BPJS Anda juga bisa mendaftarkan BPJS Kesehatan gratis secara online.

Cara Daftar BPJS Kesehatan bagi Anak secara Gratis

Cara Membuat BPJS untuk Anak
Ilustrasi proses pembuatan BPJS Kesehatan untuk anak (Foto: ANTARA/Irwansyah Putra)

Agar bisa mendaftarkan BPJS Kesehatan anak secara gratis, Anda harus memenuhi syarat BPJS yang ditanggung oleh pemerintah yakni berasal dari keluarga yang kurang mampu. 

Apabila orang tua memiliki KIS yang ditanggung oleh pemerintah, maka secara otomatis anak juga akan memperoleh BPJS Kesehatan yang gratis dimana biaya iuran ditanggung pemerintah. 

Namun, apabila bayi yang lahir tersebut berasal dari keluarga berkecukupan, maka biaya BPJS Kesehatan akan ditanggung oleh orang tua. Adapun ketentuan umum administrasi dari kepesertaan bayi yang memang baru saja lahir ialah sebagai berikut:

  1. Bayi yang baru lahir dari peserta JKN/KIS wajib mendaftarkan diri pada BPJS Kesehatan juga membayar iuran paling lambat yakni 28 hari sejak bayi tersebut lahir;
  2. Status kepesertaan bayi sebagai anggota BPJS Kesehatan akan aktif apabila telah melakukan pembayaran iuran pertama;
  3. Bayi yang baru saja lahir dan telah terdaftar sebagai peserta JKN KIS harus melakukan pemutakhiran data NIK di Dukcapil selambat-lambatnya 3 bulan setelah lahir;
  4. Pendaftaran bayi yang usianya lebih dari 3 bulan harus disertai dengan NIK yang sudah terdaftar pada Dukcapil;
  5. Peserta yang tidak mendaftar maupun tak membayar iuran bayi yang baru saja lahir selambat-lambatnya 28 hari sejak lahir, maka dikenakan kewajiban untuk membayar iuran sesuai sanksi atas keterlambatan pembayaran iuran.

Nah, begitulah ketentuan administrasi terkait pendaftaran BPJS Kesehatan bayi yang baru lahir.

Mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai cara membuat BPJS anak gratis. Semoga cara yang disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk Anda baik mengenai tutorial pendaftaran ataupun ketentuan administrasi pada BPJS Kesehatan untuk bayi yang baru lahir. Selamat mencoba! (jow)

BACA JUGA: Bagaimana Cara Gabung BPJS Kesehatan dengan Suami?