Bagaimana Cara Gabung BPJS Kesehatan dengan Suami?

Ardy Messi

Bagaimana sih cara gabung BPJS kesehatan dengan suami?, jika saat ini Anda sedang mencari-cari jawabannya, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Sebab di artikel kali ini jadiberita.com akan mengulasnya. Jadi baca terus artikelnya sampai selesai untuk dapatkan manfaat dari BPJS kesehatan yang sudah menjadi satu dengan milik suami atau kepala keluarga.

Setelah berkeluarga, tak jarang BPJS istri ikut suami sebagai penanggung jawab setelah menikah. Tak heran jika banyak yang mulai penasaran dengan cara gabung BPJS kesehatan dengan suami.

Memang, biasanya setelah menikah banyak yang ingin lepas BPJS orang tua karena hendak ikut suami.

Penasaran dengan apa saja syarat dan ketentuan serta tutorial untuk pindah BPJS Kesehatan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan secara Online

Cara Pindah BPJS Kesehatan Ikut Suami

Bagaimana Cara Gabung BPJS Kesehatan dengan Suami?
Illustrasi Pelayanan BPJS Kesehatan (Foto: MNC Media)

Pada artikel ini kita akan membahas terkait cara pindah BPJS keluarga menjadi ikut suami. Buat Anda seorang istri, pastinya ingin memperoleh perlindungan atas program BPJS kesehatan.

Dengan mengetahui cara pindah BPJS kesehatan ikut suami, maka Anda bisa mendapatkan perlindungan karena bergabung dengan anggota keluarga baru, yakni ikut kepesertaan suami. 

Syarat Cara Gabung BPJS Kesehatan dengan Suami

Sebelum membahas mengenai cara untuk bergabung dengan kepesertaan BPJS Kesehatan suami, maka Anda perlu menyiapkan syarat-syarat dokumen yang diperlukan sebagai ketentuan. Berikut ini adalah syarat yang perlu Anda penuhi:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami (fotokopi)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) istri (fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) suami (fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) istri (fotokopi)
  • KK suami dan istri (asli dan fotokopi)
  • Kartu BPJS kesehatan/KIS suami 
  • Kartu BPJS kesehatan/KIS istri

[adace-ad id=”160792″]

Apabila telah memenuhi persyaratan dokumen di atas, maka Anda bisa mengajukan pemindahan BPJS Kesehatan ikut kepesertaan suami.

Cara Pindah BPJS Ikut Suami secara Offline

Cara pindah BPJS Kesehatan ikut suami yang pertama dapat dilakukan ialah secara offline yakni dengan mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan yang berlokasi dekat dengan Anda.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah cara yang bisa Anda ikuti:

  1. Kunjungilah kantor BPJS terdekat dengan membawa syarat dokumen yang diperlukan;
  2. Jika telah sampai, silahkan ambil nomor antrian pada bagian pelayanan loket;
  3. Tunggulah nomor antrean Anda dipanggil oleh CS (customer service). Jika sudah dipanggil, maka sampaikan keinginan Anda untuk melakukan perubahan data peserta;
  4. Nantinya, pihak petugas BPJS akan memberikan Anda formulir daftar isian peserta (FDIP);
  5. Anda dapat segera mengisikan formulir tersebut sesuai dengan data diri Anda secara valid;
  6. Serahkan formulir dan sampaikan pada CS terkait apa yang ingin Anda ubah;
  7. Pihak petugas pun akan segera melakukan verifikasi data dan memproses pengubahan kepesertaan lama Anda kemudian menggabungkan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda dengan suami;
  8. Tunggulah proses tersebut selesai hingga petugas memberikan kartu BPJS Kesehatan yang terbaru yakni yang telah ikut dengan suami;
  9. Apabila telah berhasil, nantinya tanggungan iuran BPJS Anda akan ikut dengan tanggungan suami.

[adace-ad id=”160792″]

Cara Pindah BPJS Kesehatan Ikut Suami secara Online

Apabila Anda merasa kerepotan untuk mengurus perpindahan secara offline, maka cara gabung BPJS kesehatan dengan suami bisa Anda coba melalui online yakni dengan Pandawa. BPJS Kesehatan sendiri telah melakukan pengembangan layanan digital untuk memberikan fasilitas kebutuhan administrasi untuk pesertanya.

Adapun layanan customer care ini disediakan melalui Whatsapp yang dikenal dengan sebutan PANDAWA. Nantinya, akan diberikan banyak layanan dimana bisa dilakukan secara online melalui PANDAWA yakni seperti menambahkan anggota keluarga baru.

Untuk itulah, bagi Anda yang berstatus istri maka Anda bisa pindah kepesertaan BPJS ataupun menambahkan istri ikut kepesertaan BPJS suami.

Hal ini menjadi suatu keuntungan dimana dengan PANDAWA ini Anda tak perlu keluar rumah untuk mengurusnya.

Dalam hal ini, nomor Whatsapp PANDAWA sendiri cenderung berbeda pada setiap kantor cabang BPJS Kesehatan yang terdapat dengan domisili Anda.

Anda bisa mengetahui nomor PANDAWA dengan menghubungi cs BPJS Kesehatan yakni 08118750400.

[adace-ad id=”160792″]

Setelah berhasil memperoleh nomor PANDAWA sesuai kantor BPJS yang ada di tempat tinggal Anda, maka Anda bisa menyampaikan keperluan Anda terkait pengubahan kepesertaan yang sebelumnya gabung dengan orang tua ataupun sendiri, namun diubah untuk ikut dengan suami pasca menikah.

Dengan demikian, pihak PANDAWA akan melakukan pengurusan dan pemrosesan lebih lanjut dimana Anda akan diarahkan untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

Baiklah, mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai cara gabung BPJS kesehatan dengan suami. Semoga tutorial yang disampaikan di atas bisa membantu Anda untuk mengurus pemindahan kepesertaan BPJS Kesehatan. Selamat mencoba! (jow)

BACA JUGA: Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Bagikan:

Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Tinggalkan komentar