5 Jenis Pekerjaan Sampingan yang Dibayar Mahal di Era Digital

Pekerjaan Sampingan yang Dibayar Mahal

Saat kamu mencari pekerjaan sampingan yang dibayar mahal, maka disinilah tempatnya kamu bisa mendapatkan informasi lengkap di artikel ini. Kami telah mengumpulkan 5 daftar pekerjaan sampingan yang dapat memberikan bayaran tinggi di era digital saat ini. Simak ulasannya dibawah ini.

Memiliki pekerjaan sampingan menjadi suatu kebutuhan saat ini dan diinginkan oleh orang banyak. Pekerjaan sampingan akan mengisi waktu kamu yang kosong dengan aktifitas yang lebih produktif. Jika kamu saat ini bekerja sebagai karyawan ataupun masih berstatus mahasiswa, memiliki pekerjaan sampingan adalah pilihan tepat.

Melakukan pekerjaan sampingan bukan berarti kamu mengabaikan pekerjaan utama kamu. Keduanya tetap kamu lakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab disinilah sikap kamu sebagai seorang profesional akan terlihat. Dan hanya orang-orang yang bersungguh-sungguh yang akan menerima buah dari kerja kerasnya.

Oke langsung saja inilah 5 Jenis Pekerjaan Sampingan yang Dibayar Mahal di Era Digital.

1. Menjadi Fotografer

Pekerjaan sampingan dengan bayaran hingga jutaan rupiah yang pertama adalah kamu bisa menjadi seorang Fotografer.

Menyalurkan hobi fotografi baik menggunakan smartphone atau menggunakan kamera bisa menjadi modal awal untuk menghasilkan uang. Kamu bisa memulai dengan mengambil job-job kecil seperti jasa foto makanan, jasa foto produk, jasa foto pernikahan, prewedding hingga menyediakan jasa foto bayi baru lahir.

Gunakan kesempatan dan kepercayaan mereka. Berikan hasil yang terbaik maka kamu akan mulai dikenal dan akan berkesempatan mendapatkan pekerjaan dengan nilai yang semakin tinggi. Jika dirasa kamu sudah mampu menghandle pekerjaan-pekerjaan besar seperti pernikahan, dokumentasi acara, dan event-event tertentu maka pundi-pundi uang jutaan rupiah bukanlah hal yang mustahil kamu dapatkan.

Selain itu kamu juga bisa menjual karya foto kamu di situs shutterstock. Di sini kamu bisa mendapatkan bayaran dollar dari orang yang membeli foto kamu.

BACA JUGA: Fastwork, Website Freelance Indonesia untuk Kerja Sampingan Mahasiswa

2. Jasa Desain

Pekerjaan desain adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari saat ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini, semua pengusaha beralih ke jualan online. Hal ini tentu membutuhkan jasa desain agar produknya tampil menarik saat dipasarkan.

Dengan membuka jasa desain, kamu bisa membagi waktu pekerjaan utama kamu dengan pekerjaan sampingan sebagai desainer dengan cukup mudah. Pekerjaan sampingan jasa desain bisa kamu lakukan secara remote dan tidak perlu membutuhkan banyak tim.

Kamu bisa memulai dengan membuka jasa edit foto, desain website, mempercantik katalog marketplace, undangan pernikahan, logo, dan jasa kelola sosial media seperti Instagram.

Pendapatan pekerjaan sampingan jasa desain bergantung pada kualitas dan pelayanan kamu kepada pelanggan kamu. Jika kamu sudah memiliki portfolio yang beragam, bayarannya pun akan semakin besar.

3. Menjadi Penulis Konten

Banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan menulis adalah pekerjaan yang cukup berat. Apalagi jika kamu membayangkan kalau menjadi penulis maka kamu harus menghasilkan karya seperti novel, buku, dan naskah film. Memang tidak salah, namun kamu perlu pahami bahwa cakupan pekerjaan menulis sangatlah luas.

Kamu bisa memulai dengan menjadi penulis konten. Dewasa ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa penulis konten. Kamu bisa menulis untuk blog di perusahaan, menulis penawaran produk, hingga menulis caption di sosial media.

Pekerjaan menulis tentunya bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun jika kamu memiliki kemampuan menulis, pekerjaan ini bisa kamu pilih sebagai pekerjaan sampingan. Bayarannya pun cukup menjanjikan. Biasanya kamu dibayar sesuai dengan jumlah kata yang berhasil kamu tulis.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Akan Laris di Tahun 2023

4. Mengajar Privat

Bagi kamu yang saat ini masih menjadi mahasiswa atau sedang menunggu panggilan kerja. Ada peluang untuk menghasilkan uang dengan bayaran cukup mahal yakni dengan menjadi pengajar privat.

Jasa pengajar privat ini bisa kamu tawarkan ke anak-anak TK, SD, SMP, bahkan SMA. Sesuaikan dengan kemampuan kamu sendiri dan pahami apa bidang yang kamu kuasai. Agar mendapatkan bayaran yang tinggi, kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu kamu juga harus dapat membuktikan hasil dari materi yang kamu ajarkan kepada mereka.

Penghasilan yang kamu dapatkan pun beragam, tergantung dari jumlah murid yang kamu ajar. Penghasilannya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Kamu bisa mengajar secara online ataupun offline. Ada banyak pilihan mata pelajaran yang bisa kamu ajarkan pada anak-anak. 

5. Web Developer

Diantara empat list pekerjaan sampingan yang sudah kami rekomendasikan, menjadi Web Developer merupakan salah satu pekerjaan sampingan dengan bayaran tertinggi. Semua industri sedang menuju ke era digital sehingga tenaga Web Developer sangat dibutuhkan saat ini.

Jika kamu memiliki kemampuan untuk coding dan membuat website, maka pekerjaan sampingan sebagai Web Developer adalah salah satu pilihan tepat.

Kamu bisa mengerjakannya dimana saja dan bisa dilakukan dengan remote. Bahkan jika kamu berani, kamu bisa mengambil job-job yang tersedia di luar negeri. Tentunya bayarannya pun akan semakin besar.

Perbanyak portfolio dan berikanlah layanan terbaik maka pundi-pundi uang akan datang kepada kamu dengan sendirinya.

BACA JUGA: Fastwork, Website Freelance Indonesia untuk Kerja Sampingan Mahasiswa