Tips menghindari penculikan anak dengan Install 10 Aplikasi Ini

Tips menghindari penculikan anak memang bisa dilakukan dengan beragam cara. Namun dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa melakukan usaha pencegahan dengan lebih mudah. Bagaimana caranya?, yuk simak ulasan lengkapnya di sini.

Supaya bisa mencoba tips dari kami, unduhlah terlebih dahulu sebuah aplikasi. Terdapat beragam aplikasi yang bisa kamu pilih. Setiap aplikasi tersebut bisa melindungimu dengan caranya masing-masing, seperti melakukan panggilan darurat, merekam video untuk tanda bukti, sampai memantau lokasimu. Semua aplikasi tersebut bisa bekerja asal kamu tahu cara penggunaanya.

Supaya kamu bisa menggunakan semua aplikasi anti penculikan tersebut, kami akan jelaskan melalui artikel di bawah ini. Semua aplikasi ini kami dapatkan dari Google Play Store.

1. Haven

Aplikasi Haven

Aplikasi ini merupakan buatan Guardian Projects dan sempat terkenal karena peran Edward Snowden di balik pembuatannya. Haven mampu melindungimu dan anakmu dari kejahatan dengan merekam suara dan mengambil foto dari orang asing yang masuk ke rumah.

Cara penggunaannya terbilang mudah. Cukup letakkan ponselmu di tempat yang aman, lalu biarkan sensor dari Haven bekerja saat orang asing datang. Saat sensor bekerja, ponselmu akan mengambil gambar dan merekam suara secara otomatis. Setelah mendapat bukti gambar dan suara, kamu bisa menyimpannya di folder lokal ponselmu dan gunakan sebagai bukti jika ingin melaporkan ke polisi.

Aplikasi ini memiliki rating yang cukup bagus, yaitu 4,0. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi Haven, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Haven

2. Own Tracks

Aplikasi OwnTracks

Tips menghindari penculikan anak selanjutnya adalah dengan aplikasi Own Tracks. Aplikasi ini memiliki kinerja yang hampir sama dengan Google Maps. Own Tracks memungkinkan kamu untuk melacak lokasimu saat ini dan membangun diary lokasimu. Tak hanya kedua fungsi tersebut, aplikasi ini juga bisa membagikan lokasimu kepada teman atau keluargamu. Fungsi terakhir inilah yang bisa membantumu terjaga dari penculikan.

Saat kamu berada dalam situasi darurat, kamu bisa gunakan Own Tracks untuk meng-update lokasimu dan mengirimkannya ke teman atau keluargamu. Saat mereka sudah tahu lokasimu, pertolongan akan datang menuju lokasi terakhirmu. Meskipun demikian, kamu berharap saja mereka tidak datang terlambat supaya nyawamu terselamatkan.

Aplikasi ini mendapat rating yang terbilang bagus, yaitu 5,0. Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Own Tracks

3. iSharing : Find Family & Phone

Aplikasi iSharing: Find Family & Phone

Aplikasi ini merupakan versi yang lebih baik dari aplikasi sebelumnya. iSharing bisa digunakan untuk kamu yang ingin melindungi keluarga tercinta dengan memantau lokasi terkini dan melihat riwayat keberadaan mereka. Tidak hanya itu, iSharing juga berfungsi saat keadaan darurat sehingga cocok untuk mencegah tindak kejahatan.

Saat keadaan darurat, aplikasi ini bisa membunyikan panic alert dengan cara menggoyangkan ponsel. Apabila situasi darurat diketahui keluarga di rumah, mereka akan datang menuju lokasimu untuk menolongmu. Bahkan, apabila diperlukan, ponselmu bisa berubah fungsi menjadi walkie talkie dan akan terhubung dengan keluargamu.

Berkat kinerja aplikasi ini, rating-nya pun memuaskan, yaitu 4,8. Apabila kamu ingin mencoba aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh iSharing : Find Family & Phone

BACA JUGA: Tips Membuat Kondisi Lebih Aman Saat Anak Bermain LEGO

4. Guardian – Personal Safety

Aplikasi Guardian

Aplikasi ini juga bisa melindungimu dengan semua fitur yang dimilikinya. Terdapat beragam fitur yang bisa kamu gunakan, seperti pelacakan lokasi, pelacakan mikrofon dan kamera, berbagi darurat, panggilan palsu, dan lain-lain. Tak hanya melindungimu dari penculikan, Guardian juga bisa melindungimu dari tindak kejahatan lainnya, seperti pencurian.

Ketika situasi darurat, Guardian akan membantumu dengan cara melacak lokasi, merekam suara, serta mengambil gambar di sekitarmu. Setelahnya, pihak aplikasi akan memberitahu keluargamu dengan mengirim link berisi lokasi pelacakan melalui email atau SMS. Supaya memastikan keadaan, pastikan ponselmu tetap aktif saat mereka menghubungimu.

Tips menghindari penculikan anak di Aplikasi ini belum memperoleh rating setelah diperbarui, namun telah diunduh oleh lebih dari 50 ribu pengunduh. Apabila ingin mencoba aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Guardian – Personal Safety

5. SOS Alert | Emergency & Safety

Aplikasi SOS Alert

Aplikasi ini terinspirasi dari penggunaan pesan SOS yang diterapkan saat situasi darurat. Bedanya, pesan darurat dari SOS Alert disampaikan secara digital melalui SMS. Tak hanya pesan SOS, terdapat pula lokasi terkini yang memungkinkan keluarga untuk menolongmu.

Cara kerjanya dengan menekan tombol SOS di dalam aplikasi ini saat keadaan genting. Setelah ditekan, akan muncul hitungan mundur 3 detik dan lokasimu akan dilacak. Setelah terlacak, lokasimu akan dikirimkan ke kontak darurat melalui SMS bersama dengan pesan SOS darimu.

Aplikasi ini terlihat sederhana, tetapi dianggap cukup bagus karena rating-nya mencapai 4,4. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh SOS Alert | Emergency & Safety

6. Find My Kids : GPS Watch Ponsel

Aplikasi Find My Kids

Tips menghindari penculikan anak berikutnya adalah Find My Kids. Aplikasi ini cocok untukmu yang telah memiliki anak. Find My Kids bisa membantumu dalam mengawasi setiap pergerakan anak di luar rumah. Beragam fitur di dalamnya bisa kamu gunakan supaya anakmu tetap terjaga, seperti pelacak lokasi GPS, perekam suara di sekitar anak, pengirim sinyal keras saat anak tidak merespon panggilan, statistik aplikasi, dan lain-lain.

Bahkan, anakmu bisa terhindar dari bahaya berkat fitur dari Find My Kids. Saat melihat anakmu berada di lokasi berbahaya dan mendengar suara yang terdengar mencekam di sekitarnya, kamu bisa langsung menolongnya. Walaupun demikian, pertolongan tersebut bisa kamu lakukan apabila anakmu mengunduh aplikasi Pingo! di ponselnya atau memakai jam tangan GPS.

Aplikasi ini mendapat rating yang bagus, yaitu 4,8. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Find My Kids : GPS Watch Ponsel

7. Panic Button | Emergency SOS

Aplikasi Panic Button

Aplikasi ini mengusung konsep yang sama dengan SOS Alert. Hanya saja, Panic Button menggunakan Google Maps untuk mengambil lokasi terkini. Perbedaan lainnya dibanding SOS Alert adalah fitur pengaturan mode SOS. Jadi, kamu bisa mengaktifkan SOS melalui berbagai cara, seperti menggoyangkan ponsel, mengisi daya, menekan tombol daya, mengatur penghitung waktu mundur, dan menekan tombol.

Saat tanda SOS menyala, alarm akan berbunyi. Setelahnya, aplikasi ini akan menghubungi kontak darurat melalui telepon dan SMS. Tak hanya menghubungi kontak darurat, aplikasi Panic Button juga akan mengirim lokasi terkinimu dari Google Maps. Sebagai catatan, semua pertolongan tersebut bisa kamu dapatkan apabila aplikasi ini dijalankan di latar belakang.

Aplikasi ini mendapat rating yang bagus, yaitu 4,8. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Panic Button | Emergency SOS

8. bSafe – Never Walk Alone

Aplikasi bSafe diciptakan oleh penyintas kekerasan seksual bernama Charlen. Ia mampu menyulap masa lalunya yang kelam menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bahkan, aplikasi ini berhasil diunduh oleh 1 juta pengunduh dan diliput oleh berbagai media seperti Forbes dan CNN. Prestasi tersebut tak lepas dari kinerja bSafe yang dianggap bagus.

Untuk dapat menggunakan bSafe saat keadaan darurat, kamu cukup aktifkan SOS dengan sentuhan atau suara. Setelah SOS aktif, aplikasi ini akan melacak lokasimu dan akan dikirimkan ke pihak wali atau orang tuamu. Tak hanya itu, ponselmu juga akan merekam audio dan video untuk bukti. Apabila diperlukan, kamu juga bisa mendapatkan panggilan palsu untuk keluar dari situasi tak menyenangkan. Saat kamu bisa bebas, mintalah orang tuamu untuk mengikutimu melalui GPS langsung follow me hingga kamu sampai di rumah dengan selamat.

Aplikasi ini mendapat respon cukup bagus dari pengguna asal Indonesia. Terbukti dari rating-nya yang sebesar 4,4. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh bSafe – Never Walk Alone

9. Kaspersky SafeKids with GPS

Tips menghindari penculikan anak
Aplikasi Kaspersky SafeKids with GPS

Tips menghindari penculikan anak berikutnya adalah dengan Kaspersky SafeKids with GPS. Aplikasi buatan Kaspersky Lab Switzerland ini dibuat untuk orang tua yang ingin selalu mengawasi anak mereka. Pengawasannya dimulai dari penggunaan gadget. Versi gratis dari aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengelola penggunaan aplikasi, memblokir situs dan konten berbahaya, menetapkan batas waktu layar, sampai mendapatkan saran dari psikolog anak.

Apabila beralih ke versi premium, kamu bisa menggunakan fitur yang bisa mengawasi anak ketika di luar rumah. Dengan mengandalkan peta digital, kamu bisa mengetahui lokasi anakmu. Ketika sang anak berada di tempat yang rawan kejahatan, kamu bisa langsung menelponnya supaya menjauh dari tempat tersebut. Tak hanya itu, apabila mendapat notifikasi bahwa baterai ponsel anakmu hampir habis, kamu bisa mengingatkannya untuk mengisi baterai. Untuk dapat merasakan layanan premium, kamu mesti membeli dengan harga Rp 79.990,00 sampai Rp 239.990,00 per item.

Aplikasi ini mendapat rating yang cukup bagus, yaitu 4,2. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Kaspersky SafeKids with GPS

10. Speed Dial Widget

Aplikasi Speed Dial Widget

Aplikasi ini berbeda dari aplikasi sebelumnya. Speed Dial Widget memiliki fitur berupa panggilan telepon yang bisa dilakukan hanya dengan satu ketukan di ponsel. Supaya memudahkanmu untuk menelpon seseorang, kontak-kontak yang kamu pilih akan ditampilkan di layar beranda melalui fitur widget. Tak hanya panggilan telepon, kamu juga bisa memilih tindakan lain, seperti SMS, panggilan WhatsApp, panggilan Skype, pesan WhatsApp, Facebook mesengger, dan panggilan video Google Duo.

Saat mengalami situasi darurat, kamu bisa meminta tolong kepada keluargamu melalui aplikasi ini. Sebagai catatan, pastikan pulsa atau kuota internetmu cukup supaya bisa menghubungi keluargamu. Apabila pulsa atau kuota internet cukup, langsung hubungi keluargamu dengan hanya menekan satu kali pada kontak yang ingin dituju. Apabila direspon, keluargamu akan datang untuk menolongmu.

Aplikasi ini mendapat rating yang bagus, yaitu 4,8. Apabila ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Speed Dial Widget

Penutup

Itulah tips menghindari penculikan anak dengan mengunduh salah satu dari 10 aplikasi anti kejahatan. Semoga informasi ini berguna untuk dirimu dan anakmu. Tetap jaga diri dengan baik dan semoga tetap selamat.

BACA JUGA: Cara Membuat BPJS untuk Anak yang Benar dan Pasti Berhasil

Written by Zari