10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah Digunakan Pemula

Zari

Mau membuat atau memilih desain rumahmu sendiri? Yuk, ciptakan desain idamanmu melalui 10 aplikasi desain rumah yang mudah digunakan untuk pemula. Simak sampai habis dan selamat mencoba.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, mungkin kamu sudah berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri. Supaya rumahmu rampung, segala hal perlu dipersiapkan, salah satunnya desain rumah.

Apabila kamu merasa tidak mampu, pasti kamu akan memanggil desainer handal, meskipun perlu keluar biaya tambahan. Walaupun demikian, sekarang kamu bisa mendesain atau memilih desain rumahmu sendiri melalui salah satu dari 10 aplikasi desain rumah yang mudah digunakan oleh pemula. Silakan pilih yang paling mudah kamu gunakan.

Room Planner: Desain Rumah 3D

Room Planner: Desain Rumah 3D

Aplikasi desain rumah pertama yang bisa kamu coba adalah Room Planner : Desain Rumah 3D. Sesuai namanya, kamu bisa menemukan berbagai inspirasi desain yang berbentuk 3 dimensi. Inspirasi yang kamu dapat bisa diaplikasikan untuk membuat ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan lain-lain. Tak hanya inspirasi desain, kamu juga bisa memilih mebel untuk melengkapi sarana di rumahmu nanti. Semua perancangan rumah bisa kamu lakukan dengan mudah layaknya bermain game “Rumahku Desain Impian”.

Guna menambah kenyamanan, aplikasi ini menyediakan fitur tambahan seperti katalog lengkap dengan jumlah 5.000 katalog, desain siap pakai, jumlah desain ruangan tak terbatas, dan rendering HD realistis. Meskipun demikian, kamu mesti berlangganan terlebih dahulu. Setelah konfirmasi pembayaran, kamu mesti membayar sesuai biaya yang dibebankan di akun Google Play.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store. Meski terdapat kritikan, Room Planner tetap memperoleh nilai yang cukup bagus, yaitu 4,6. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Room Planner : Desain Rumah 3D

Magicplan

Aplikasi Magicplan

Magicplan bisa kamu pilih untuk mendesain rumahmu nanti. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengukur dan membuat sketsa interior dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Selain bisa merancang, kamu juga bisa membuat laporan lengkap yang berisi foto, gambar 360°, catatan, formulir khusus, dan markup. Magicplan juga bisa membantumu dalam memperkirakan harga proyek dengan cepat dan akurat.

Magicplan menyediakan dua versi untuk aplikasinya, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memberikanmu akses ke semua fitur hanya untuk dua proyek, sementara versi berbayar bisa memberimu akses ke semua fitur dengan jumlah proyek tak terbatas.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store. Meskipun terdapat kritik, Magicplan tetap memperoleh nilai cukup bagus, yaitu 4,6. Apabila ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Magicplan

Homify – Modifikasi Rumah Anda

Homify – Modifikasi Rumah Anda

Aplikasi ini bisa membantumu dalam memilih desain rumah impian. Terdapat 1,5 juta foto desain yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kamu bisa memilih dan menyimpan gambar pilihanmu. Kemudian, berikan gambar tersebut kepada profesional di wilayah tempat tinggalmu untuk menerapkan desain sesuai gambar yang dipilih. Untuk mendapat tenaga profesional, kamu bisa mencarinya di Homify.

Aplikasi desain rumah ini juga memiliki majalah yang selalu diperbarui setiap hari. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan hal-hal yang sedang kamu cari untuk rumahmu, seperti cara memfurnis dapur kecil, atau cara membangun taman kecil yang cantik. Tidak hanya majalah, Homify juga menyediakan buku ide yang bisa menyimpan buku dan artikel sehingga bisa kamu akses kembali di lain waktu.

Homfy bisa kamu unduh di Google Play Store. Meski terdapat sejumlah kritik, aplikasi desain rumah ini mendapat nilai yang cukup bagus, yaitu 4,4. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Homify – Modifikasi Rumah Anda

HomeByMe

Aplikasi HomeByMe

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mendesain rumah impian. Supaya mendapat inspirasi, HomeByMe menyediakan berbagai referensi desain interior. Perlu diketahui, komunitas HomeByme telah membuat lebih dari 16 juta proyek dan gambar HD yang dibuat setiap 30 detik sehingga kamu bisa menemukan banyak referensi di sini. Setelah itu, kamu tinggal sesuaikan dengan seleramu.

Setelah memilih referensi desain, kamu bisa memodifikasi dengan menambahkan berbagai benda lainnya. Terdapat berbagai benda furnitur dan benda-benda dekoratif lainnya yang bisa kamu pilih dan tambahkan untuk desain rumahmu. Perlu diketahui, desain rumahmu akan ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi.

HomeByMe juga tersedia di Google Play Store. Meski terdapat kritikan, Aplikasi desain rumah ini tetap mendapat nilai yang cukup bagus, yaitu 4,6. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh HomeByMe

BACA JUGA: 3 Ide Ruang Kekiniaan untuk Anda yang Berencana Merenovasi Rumah

Desain Dapur : perencana 3D

Aplikasi Desain Dapur : perencana 3D

Aplikasi ini cocok untuk membuat desain dapur rumah. Di sini, kamu bisa merencanakan dapur impianmu dengan beragam warna untuk bagian tembok. Selain bisa mengubah warna tembok, kamu juga bisa menentukan perabotan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat dapurmu semakin cantik. Adapun perabotan yang bisa kamu pilih berasal dari merk-merk terkenal di dunia.

Terdapat dua versi di dalam aplikasi Desain Dapur, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memiliki fasilitas berupa 100 perabotan yang tersedia dari toko online dan bisa membuat 3 foto ruangan yang realistis. Untuk versi berbayar, kamu bisa memilih lebih dari 1.000 perabotan dan bisa merencanakan sejumlah foto ruangan yang realistis.

Aplikasi Desain Dapur bisa kamu temukan di Google Play Store. Meki terdapat kritikan, aplikasi ini mendapat nilai yang bagus, yaitu 4,7. Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Desain Rumah : perencana 3D

Dekoruma: Furnitur&Interior

Aplikasi Dekoruma: Furniture & Interior

Dekoruma juga bisa dijadikan pilihan untuk aplikasi desain rumah. Aplikasi ini memiliki pilihan desain interior berkualitas untuk rumah, apartemen, dan kitchen set. Desain-desain di Dekoruma juga dibuat oleh desiner interior yang berpengalaman. Terdapat lebih dari 2.000 desain interior yang telah dibuat di Dekoruma. Kamu bisa memilih dan memesan desain impianmu dengan harga transparan dan garansi selama 2 tahun.

Tidak hanya memiliki beragam desain, Dekoruma juga menyediakan artikel inspiratif tentang desain interior rumah. Kamu bisa menemukan inspirasi terbaru untuk desain interior kamar tidur kekinian, ruang tamu yang space-saving dan efisien, dapur dengan kitchen set minimalis, serta ruang keluarga yang nyaman. Kamu juga bisa menemukan beragam konsep lain untuk desain interior rumahmu, mulai dari Japandi hingga minimalis.

Aplikasi Dekoruma bisa kamu dapatkan di Google Play Store. Meskipun terdapat kritikan, aplikasi ini tetap memperoleh nilai bagus, yaitu 4,7. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Dekoruma : Furnitur & Interior

Smart Home Design

Aplikasi Smart Home Design Denah Lantai

Aplikasi ini cocok untuk membuat desain rumah. Smart Home Design menyediakan tempat untuk mendesain denah lantai 3D dengan cepat dan mudah. Kamu juga bisa membuat gambar resolusi tinggi dari proyek desainmu. Selain membuat gambar resolusi tinggi, kamu juga bisa menelusuri hasil desainmu secara virtual dengan kamu yang berperan sebagai orang pertama.

Selain fitur-fitur di atas, terdapat fitur lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti perpustakaan furnitur yang luas untuk desain interior, mode cam terbang, fungsi filter, efek cahaya dan bayangan, fungsi peta langit, dan fungsi pengukuran. Meskipun demikian, kamu belum bisa menikmati semua fitur secara gratis karena terdapat pembelian item seharga Rp 17.000 sampai Rp 90.000 per item.

Aplikasi ini bisa kamu temukan di Google Play Store. Meskipun belum ada ulasan berbahasa Indonesia, Smart Home Design telah diunduh oleh 1 juta pengguna. Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Smart Home Design

House Flipper:Desain Rumah

Aplikasi House Flipper: Desain Rumah

Aplikasi desain rumah ini memang termasuk ke dalam permainan, tetapi patut dicoba untuk latihan mendesain rumah. Terdapat lebih dari 500 dekorasi yang menarik yang bisa kamu pilih. Dekorasi yang kamu pilih juga bisa dilengkapi dengan beberapa furnitur, seperti meja kopi, tempat tidur, lemari TV, kursi tamu, sofa, dan item lainnya yang terbuka aksesnya.

Hal menarik lain dari game ini adalah terdapat bentuk gambar 3D di dalamnya. Adanya bentuk 3D membuat seolah game ini tidak mau kalah dengan aplikasi desain rumah lainnya. Selain bentuk 3D, kamu juga bisa melakukan pembelian, perenovasian, dan penjualan rumah layaknya desainer interior sungguhan. Sama seperti game pada umumya, House Flipper juga terdapat berbagai level yang bisa kamu raih. Adanya level tersebut akan semakin mengasah keterampilanmu dalam mendesain rumah.

Aplikasi ini terdapat di Google Play Store. Meski terdapat kritikan, House Flipper tetap memiliki nilai yang bagus, yaitu 4,7. Bagi kamu yang ingin memainkan game ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh House Flipper : Desain Rumah

Moblo-3D furniture modeling

Aplikasi Moblo – 3D furniture modeling

Aplikasi ini juga bisa mendesain bagian interior, tepatnya benda-benda furnitur. Kamu dapat merancang berbagai furnitur yang bisa menghias interior rumahmu. Rancanglah berbagai furnitur seperti rak dinding, bufet, meja rias, tempat tidur anak, mebel kayu, dan lain-lain. Tidak hanya merancang furnitur, kamu juga menempatkan benda hasil desain di rumahmu melalui fitur augmented reality.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendesain furnitur dengan pemodelan 3D karena dibantu oleh tampilan antarmuka yang intuitif. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih bahan-bahan yang ada di perpustakaan bahan di Moblo. Setelah mendesain, kamu bisa menempatkan furnitur hasil desainmu di rumah secara virtual.

Aplikasi ini dapat ditemukan di Google Play Store. Berdasarkan ulasannya, Moblo mendapat pujian meski nilainya tidak begitu bagus, yaitu 4,3. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi desain ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Moblo-3D furniture modeling

Home Design 3D

Aplikasi Home Design 3D

Aplikasi terakhir yang bisa kamu coba adalah Home Design 3D. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mendesain dengan sejumlah tahapan, mulai dari merancang lantai dan ruang, menambahkan furnitur dan dekorasi, sampai memvisualisikan dan mengunjungi hasil kreasimu secara virtual. Kamu pun juga bisa membagikan hasil kreasimu melalui email, Dropbox, OneDrive, serta layanan hosting file lainnya.

Supaya memudahkanmu dalam membuat desain, pihak aplikasi menyediakan tutorial bergambar. Jadi, kamu bisa mempelajari cara mendesain melalui tutorial yang tersedia. Tak hanya itu, Home Design 3D juga bisa dijalankan tanpa koneksi internet sehingga kamu bisa mengedit hasil desain kapanpun dan di manapun.

Home Design 3D dapat kamu temukan di Google Play Store. Aplikasi desain rumah ini juga mendapat sejumlah pujian setelah diperbarui. Nilainya masih cukup bagus, yaitu 4,3. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silakan klik link di bawah ini.

Unduh Home Design 3D

Penutup

Itulah 10 aplikasi desain rumah yang mudah digunakan oleh pemula. Semoga bisa membantumu dalam merancang rumah impianmu.

BACA JUGA: Tips Membuat Penerangan yang Tepat Untuk Setiap Sudut Rumah

Bagikan: