Don't be Captious

Rahasia Agar Video Kamu Masuk FYP di TikTok

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Halo Sobat JBers! Siapa yang tidak ingin videonya masuk FYP di TikTok? TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer, khususnya di kalangan anak muda saat ini. TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan beragam konten yang menarik dan seru. TikTok juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menjadi konten kreator dan membagikan konten yang mereka buat.

Namun, menjadi konten kreator TikTok yang sukses bukanlah hal yang mudah. Ada banyak konten kreator pemula yang masih bingung tentang bagaimana membuat konten yang menarik dan mampu menarik perhatian pengguna TikTok.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan share rahasia agar video kamu masuk FYP TikTok cukup dengan melakukan 4 hal saja. Apa itu? baca terus sampai selesai artikel ini untuk dapatkan jawabannya.

Apa itu FYP TikTok?

Apakah kamu mengetahui adanya halaman yang cukup populer di TikTok bernama For You Page atau biasa disingkat sebagai FYP? Jika kamu membuka aplikasi TikTok, maka secara otomatis FYP akan muncul sebagai halaman utama yang pertama kali ditampilkan.

Di sana, kamu akan menemukan beragam video yang telah dikurasi secara khusus oleh algoritma TikTok, berdasarkan minat dan interaksi pengguna sebelumnya. Tujuannya tentu saja untuk membuat kamu betah berlama-lama di aplikasi TikTok dengan menampilkan konten yang sesuai dengan minat kamu.

BACA JUGA: 10 Website Pendownload TikTok Tanpa Watermark 2023

Apa Manfaat dari FYP TikTok?

Cukup mengunggah konten yang menarik di TikTok saja tidak cukup untuk menarik pengguna dan membuat mereka mulai nge-follow akunmu. Kamu harus bisa menarik perhatian mereka dengan menampilkan kontenmu lebih menarik dari konten lainnya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan masuk FYP di TikTok.

Saat video kamu muncul di FYP ini manfaat yang akan kamu rasakan:

  • Meningkatkan jumlah followers: FYP adalah halaman pertama yang akan dilihat pengguna ketika membuka aplikasi, sehingga memberikan exposure yang sangat besar. Dan ini sangat menguntungkan jika kamu ingin meningkatkan followers kamu ke pengguna TikTok Generasi Z dan milenial, karena sekitar 70% pengguna TikTok berusia di bawah 39 tahun.
  • Mendapatkan penghasilan: Semakin banyak eksposur di TikTok, semakin banyak pengikut dan penjualan yang kamu dapatkan. Dan setelah mencapai 10.000 followers, kamu juga bisa mulai menghasilkan uang dari video yang kamu buat dengan TikTok Creator Fund.
  • Dapat Endorse: Ketika video kamu masuk FYP di TikTok, kamu akan mulai dikenal sebagai ahli di bidangmu. Hal ini bisa membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan endorse.
  • Meningkatkan penjualan untuk usaha kamu: Muncul di FYP akan membantumu untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan likes serta meningkatkan kesadaran merekmu. Dan itu bisa dengan cepat berujung pada peningkatan penjualan untuk usaha kamu.
  • Membangun kehadiran online: Setelah berhasil masuk FYP di TikTok, kamu bisa mulai menggunakan TikTok untuk mengarahkan lalu lintas ke platform online lainnya dan membangun eksistensimu secara keseluruhan di dunia maya.

Rahasia Agar Video Kamu Masuk FYP di TikTok

Setelah kamu memahami apa itu FYP dan kenapa FYP begitu diburu oleh pengguna TikTok, di artikel kali ini saatnya kita masuk ke pembahasan inti yakni rahasia agar video kamu masuk FYP di TikTok.

Silakan di simak sampai selesai semoga bermanfaat.

1. Kenali Audience Kamu

Tips pertama dan paling penting menurut aku adalah kenali audience kamu. Sebelum kamu membuat konten video, kamu harus tahu siapa target market yang akan menonton video. Beberapa pertanyaan sederhana seperti siapa yang akan menonton videomu, seperti apa cara komunikasi mereka sehari-harinya, jenis konten seperti apa yang mereka sukai bisa membantu kamu dalam membuat video yang cocok dengan mereka.

Dengan memahami karakter audience dengan baik, tentunya akan membantumu dalam membuat video yang cocok dengan mereka dan membuat mereka ingin membagikan video yang kamu buat. Akhirnya video kamu pun bisa masuk FYP di TikTok.

BACA JUGA: 3 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 2023

2. Short and Sweet

TikTok adalah platform yang sangat berbeda dengan YouTube. Pengguna TikTok apabila tidak tertarik dengan konten kamu, mereka akan dengan mudah skip video kamu. Kamu harus membuat video yang menarik tapi tidak terlalu panjang. Kamu harus ingat bahwa semakin lama orang menonton video kamu sampai habis, maka semakin besar potensi videonya akan direkomendasikan ke fyp.

3. Right the Wave

Sebagai konten kreator kamu harus tahu apa yang sedang trending di TikTok. Kamu harus tahu hashtag apa yang sedang trending atau musik apa yang sedang viral.

Tujuannya agar kamu juga bisa menggunakannya di video kamu agar TikTok juga merekomendasikan videomu. Kamu bisa langsung akses TikTok Creative Center untuk melihat apa yang sedang trending di Indonesia mulai dari hashtag yang sedang trending, lagu yang sedang trending, creator siapa yang banyak diminati hingga video apa yang memang sedang viral di TikTok.

4. Set Creator Type

Kamu juga bisa menentukan Creator type atau jenis konten di TikTok kamu. Ini sangat membantu TikTok untuk merekomendasikan konten atau video kamu ke audience yang memang sesuai dengan target market kamu. Jadi pastikan ketika kamu membuat konten di TikTok harus sesuai dengan Creator type yang sudah kamu pilih di awal.

Demikian beberapa tips dari aku agar video kamu masuk FYP di TikTok dan banyak ditonton pengguna TikTok. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu kreatif! Terima kasih dan selamat mencoba!

BACA JUGA: Cara Daftar TikTok Affiliate di Tahun 2023

Latest article