Don't be Captious

Cara Daftar TikTok Affiliate di Tahun 2023

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Ikuti panduan cara daftar TikTok affiliate di tahun 2023 yang akan dibahas tuntas di artikel aku kali ini.

Sobat JBers, TikTok Affiliate bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi kamu yang suka bermain TikTok. Cara kerjanya cukup sederhana, kita hanya perlu menambahkan produk-produk yang dijual oleh penjual di TikTok Shop ke etalase kita dan membuat konten atau live streaming. Ketika ada orang yang membeli produk dari etalase kita, kita akan mendapatkan komisi.

Hal yang menarik dari TikTok Affiliate adalah kita tidak perlu menjual produk secara langsung, tidak perlu packing dan mengirim produk. Kita hanya perlu mempromosikan produk dari orang lain untuk mendapatkan komisi. TikTok Affiliate sedang booming di Indonesia dan banyak orang yang sudah mendapatkan penghasilan dari sini, bahkan sampai miliaran rupiah.

Sekilas Tentang TikTok

Saat ini TikTok punya 1 miliar orang yang pakai aplikasinya setiap bulan. Mereka nonton video di TikTok selama 167 juta jam setiap menit di internet. TikTok juga aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2021 dan 2022, lebih banyak daripada Facebook, Instagram, dan YouTube. Jadi, orang-orang suka banget pake TikTok.

Pengguna TikTok juga sering keluarin uang untuk macam-macam aktivitas di aplikasi. TikTok adalah aplikasi yang paling banyak menghasilkan uang di seluruh dunia, dengan lebih dari $110 juta pengeluaran pengguna pada Februari 2021.

Kalo kamu punya akun TikTok yang dikenal dan cerdas memilih produk yang sesuai dengan minat audiens-mu, kamu bisa berhasil dengan TikTok Affiliate. Banyak pelaku pasar belum sadar kalau TikTok punya potensi besar, jadi pasar afiliasi TikTok akan semakin cerah.

Apa itu TikTok Affiliate?

TikTok affiliate adalah saat kamu upload video ke TikTok dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari penonton atau followers melalui tautan afiliasi di video kamu.

Jadi terdengar mirip dengan affiliate marketing di jaringan sosial lain, kan?

Tapi yang membuat TikTok menonjol dari yang lain adalah karena aplikasi ini adalah termasuk paling muda diantara lainnya. TikTok baru diluncurkan pada tahun 2016.

Sementara Facebook sudah ada selama hampir 17 tahun sekarang, dan Twitter selama 14 tahun. Facebook dan Twitter menurut anak muda generasi Z adalah platform khusus orang tua. Jadi, mereka beralih ke TikTok karena mereka pikir orang dewasa tidak menggunakan TikTok. Generasi ini juga menjadi salah satu target market terbesar di aplikasi TikTok. Mereka pun berubah cara berbelanja online yang lebih interaktif.

BACA JUGA: 3 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 2023

Syarat Daftar TikTok Affiliate

Untuk mendaftar sebagai TikTok Affiliate sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cukup siapkan beberapa dokumen seperti dibawah ini.

  1. KTP atau Paspor
  2. Rekening bank
  3. Alamat pengiriman
  4. Akun Tiktok Shop yang aktif

Cara Daftar TikTok Affiliate

Nah, agar Sobat JBers bisa bergabung dengan TikTok Affiliate, aku akan jelaskan cara daftarnya. Namun sebelum itu aku juga akan pandu kamu bagaimana cara daftar akun TikTok Shop terlebih dahulu.

Cara Daftar Akun TikTok Shop

  1. Buka laman seller-id.tiktok.com/account/welcome
  2. Pilih Sign up with TikTok account
  3. Login terlebih dahulu ke akun kamu
  4. Tentukan salah satu metode yang diinginkan
  5. Setelah berhasil masuk, kamu akan diminta menyetujui beberapa hal untuk Authorize TikTok Shop
  6. Tekan Authorized
  7. Masukkan alamat email dan nomor telepon untuk melakukan verifikasi, kemudian tekan next
  8. Masukkan informasi mengenai bisnis kamu, yaitu alamat toko, jenis bisnis, nama toko, alamat gudang/toko, nama kontak, nomor telepon, dan gudang pengembalian
  9. Centang pernyataan terakhir pada halaman informasi dasar
  10. Setelah data berhasil dimasukkan, kamu perlu melakukan verifikasi menggunakan data KTP. Pada tahap ini pastikan kamu telah menyiapkan kartu KTP untuk melakukan selfie sambil memegang kartu
  11. Masukkan data terkait yang diperlukan
  12. Tekan simpan
  13. Proses registrasi selesai, kamu perlu menunggu email balasan dari TikTok

Setelah kamu memiliki akun TikTok Shop, langkah berikutnya adalah cara daftar TikTok Affiliate. Dalam hal ini aku membagi menjadi dua tipe. Pertama kamu mendaftar sebagai kreator dan kedua kamu mendaftar sebagai seller.

BACA JUGA: Cara Jualan di TikTok untuk Pemula Supaya Dagangan Laris

Cara Daftar TikTok Affiliate (Kreator)

  1. Buka laman seller-id.tiktok.com/account/welcome
  2. Pilih Sign up with TikTok account
  3. Login terlebih dahulu ke akun kamu
  4. Setelah berhasil masuk, kamu akan diminta menyetujui beberapa hal untuk Authorize TikTok Shop
  5. Tekan Authorized
  6. Masukkan alamat email dan nomor telepon untuk melakukan verifikasi, kemudian tekan next
  7. Lanjutkan dan centang pernyataan terakhir di halaman informasi dasar
  8. Lakukan verifikasi data KTP dan lakukan selfie dengan KTP, lalu lengkapi data yang diminta
  9. Tekan tombol simpan dan tunggu email dari TikTok sebagai bukti registrasi
  10. Jika sudah mendapatkan bukti registrasi, pilih menu pengaturan dan privasi
  11. Pilih menu TikTok Shop
  12. Tambahkan produk yang akan dijadikan sebagai produk afiliasi
  13. Pilih produk menggunakan link dari TikTok Shop
  14. Lihat komisi yang bisa didapatkan saat mempromosikan produk yang kamu pilih

Cara Daftar TikTok Affiliate (Seller)

  1. Buka laman seller-id.tiktok.com/account/welcome dan login ke akun TikTok
  2. Masuk ke website TikTok Shop Affiliate
  3. Pilih menu Program lalu Program Toko
  4. Buat dan pilih jenis komisi yang ingin diberikan pada kreator
  5. Tentukan presentase komisi yang akan diberikan
  6. Tekan tombol Kirim sebagai validasi bahwa toko kamu sudah membuka kesempatan afiliasi
  7. Jika ingin menghentikan program afiliasi, kamu bisa memilih opsi Hentikan Program.

Penyebab daftar TikTok Affiliate ditolak

Selain mengetahui cara daftar TikTok Affiliate, kamu juga harus memahami penyebab pendaftaran bisa saja ditolak oleh pihak TikTok. 4 Hal ini penting kamu perhatikan agar kamu menghindari hal-hal yang menyebabkan pendaftaran TikTok Affiliate di tolak.

  1. TikTok membatasi penggunaannya hanya untuk mereka yang berusia 13 tahun ke atas. Jika kamu belum mencapai usia ini, daftar TikTok Affiliate akan ditolak.
  2. TikTok membatasi jenis konten yang dapat dipromosikan sebagai affiliate. Konten yang mengandung kekerasan, pornografi, atau pelanggaran hak cipta tidak akan diterima.
  3. Jika kamu mengirimkan aplikasi yang tidak lengkap atau tidak akurat, aplikasi TikTok Affiliate kamu dapat ditolak. Pastikan untuk mengisi formulir aplikasi dengan benar dan memberikan informasi yang akurat.
  4. TikTok memiliki aturan ketat tentang perilaku pengguna, termasuk pelanggaran hak cipta, penggunaan bot atau akun palsu, dan perilaku spam. Jika kamu melanggar aturan ini, aplikasi TikTok Affiliate kamu dapat ditolak atau bahkan dihapus.

BACA JUGA: 10 Alasan Kenapa Akun TikTok di Banned dan Solusinya

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan aturan sebelum mendaftar sebagai afiliasi TikTok. Jika aplikasi kamu ditolak, periksa kembali alasan ditolak dan lihat apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. Demikianlah cara daftar TikTok Affiliate yang bisa kamu ikuti panduannya. Selamat mencoba, Sobat JBers! Semoga artikel ini bermanfaat. (jow)

Latest article