Don't be Captious

spot_img

Cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBers, bagi kamu yang sering bermain media sosial TikTok ada kalanya kita ingin mencari daftar video berdasarkan urutan-urutan tertentu. Misalnya saja kamu ingin cari video TikTok berdasarkan yang paling banyak dilihat. Tapi sayangnya hingga saat ini pihak TikTok belum bisa menyediakan fitur tersebut.

Tapi tenang aja, aku akan sharing ke kamu cara buat nge-sort video di TikTok pakai aplikasi atau tools lain. Berdasarkan artikel yang aku kutip di alphr.com, berikut adalah panduan cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat.

BACA JUGA: 3 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 2023

1. Menggunakan Ekstensi Browser Chrome

Cara pertama yang aku rekomendasikan ke kamu buat nge-sort video TikTok berdasarkan yang paling banyak dilihat adalah dengan menggunakan “Sort For TikTok“. Sort For TikTok adalah ekstensi gratis di browser Chrome yang bisa kamu gunakan untuk mencari video paling banyak dilihat di TikTok. Berikut adalah cara pasangnya:

  • Buka browser Chrome di PC, laptop, atau Mac kamu.
  • Pastikan kamu login ke akun Google kamu untuk bisa download ekstensi.
  • Setelah login ke akun Google kamu, ketik “Sort For TikTok” di search bar Google.
  • Hasil pertama biasanya bakal jadi link yang langsung menuju ke ekstensi di Chrome Store.
  • Klik “Add to Chrome” dan tunggu sampai selesai download. Nanti bakal muncul pop-up yang ngasih tau kalau ekstensi udah ter-install.
  • Buka tab baru di browser kamu dan buka TikTok. Catatan: “Sort For TikTok” gak baca, mengumpulkan, atau share informasi pengguna, tapi buat jaga-jaga lebih baik kamu gak login ke akun TikTok kamu waktu sorting video orang lain berdasarkan yang paling banyak ditonton.
  • Cari akun yang ingin kamu sortir berdasarkan yang paling banyak dilihat dan buka profilnya yang ada semua video mereka.
  • Klik ikon puzzle di pojok kanan atas browser kamu dan cari ekstensi “Sort For TikTok.”
  • Klik ekstensi itu.
  • Klik “Start” dan tunggu beberapa detik sampe ekstensi nge-sortir videonya.
  • Sekarang kamu bisa liat video TikTok pengguna itu diurutkan dari yang paling banyak dilihat sampe yang paling sedikit.

Catatan: Ekstensi ini cuma buat TikTok aja, jadi gak bisa dipake buat sorting video di aplikasi atau platform lain. Juga ga ngasih opsi sorting berdasarkan kriteria lain kayak like atau share.

2. Menggunakan Aplikasi Retroplay

Kamu bisa menggunakan aplikasi Retroplay untuk mengurutkan video TikTok berdasarkan tampilan terbanyak. Sayangnya, aplikasi ini hanya menampilkan hingga 10 video yang paling banyak dilihat saja. Hal ini karena tujuan awal aplikasi ini adalah untuk membuat kumpulan video dari video terpopuler seseorang.

Namun, kamu tetap dapat mengurutkan setidaknya 10 video dari kreator TikTok favoritmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play jika kamu menggunakan ponsel Android atau App Store jika kamu menggunakan perangkat iPhone.
  2. Ketik “retroplay” di bilah pencarian.
  3. Klik aplikasi yang ikonnya seperti tiket bioskop berwarna pink.
  4. Setelah membaca deskripsi aplikasi dan memastikan aplikasi yang benar, klik “Install”. Setelah menunggu beberapa saat, aplikasi akan terpasang di perangkatmu.
  5. Selanjutnya, buka TikTok. Jika kamu belum menginstal aplikasi ini, instal terlebih dahulu dengan kembali ke Google Play/App Store.
  6. Temukan akun TikTok dengan video yang ingin kamu urutkan berdasarkan tampilan terbanyak. Lakukan dengan mengklik ikon kaca pembesar di sudut kanan atas.
  7. Salin nama pengguna kreator dan keluar dari TikTok.
  8. Buka aplikasi Retroplay dan klik tombol tengah untuk “Buat kumpulan baru”.
  9. Tempelkan nama pengguna yang disalin sebelumnya.
  10. Klik “Lanjut”, dan kamu akan mendapatkan daftar 10 video TikTok yang paling banyak dilihat dari pengguna tersebut. Kamu juga dapat melanjutkan menggunakan aplikasi dan membuat kumpulan video.

BACA JUGA: Rahasia Agar Video Kamu Masuk FYP di TikTok

3. TikTok Analytics

Cara berikutnya untuk nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat adalah dengan TikTok analytics. Tapi untuk bisa mendapatkan fitur ini, kamu harus ubah akun personal kamu jadi professional account. Nah, berikut ini cara ubahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Klik ikon profil di pojok kanan bawah.
  3. Pilih tiga garis horizontal di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Settings & Privacy”.
  5. Klik “Account”.
  6. Pilih “Switch to Business Account”.
  7. Tekan “Next” sebanyak empat kali sambil baca penawaran yang ada.
  8. Pilih kategori yang paling sesuai buat konten kamu.
  9. Kalau mau, kamu juga bisa tambahin alamat email di langkah ini.
  10. Nanti ada pilihan buat bikin video baru, tapi kalau gak mau, bisa juga dipilih “Maybe later”.
  11. Terakhir, klik tombol “X” di pojok kiri atas.

Setelah sukses jadi professional account, kamu bisa langsung akses TikTok Analytics tool dan liat video kamu yang paling banyak ditonton sampai yang paling sedikit. Begini caranya:

  1. Buka TikTok.
  2. Klik ikon profil di pojok kanan bawah.
  3. Pilih tiga garis vertikal di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Business suite”.
  5. Klik “Analytics”. Di sini kamu bisa lihat keseluruhan jumlah tayangan video, video yang paling populer, dan lain-lain.
  6. Pilih “Video” di bagian atas layar.
  7. Video kamu bakal diurutin dari yang terbaru, dan kamu bisa lihat jumlah view, like, dan comment dari masing-masing video.
  8. Kalau mau ganti urutan penampilan, klik “Filter” di pojok kanan.
  9. Ganti dari “Most recent” ke “Most number of video views”.

FAQ

Apa itu nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat?

Cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat adalah cara untuk menampilkan video TikTok secara berurutan berdasarkan jumlah views terbanyak hingga yang terkecil.

Mengapa penting untuk mengetahui cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat?

Mengetahui cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat dapat membantu pengguna TikTok untuk menemukan video-vdeo yang populer dan banyak dilihat, baik untuk hiburan atau sebagai referensi dalam membuat konten TikTok yang menarik.

Apakah ada cara lain untuk nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat selain yang dijelaskan di atas?

Ya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna untuk nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat. Namun, pengguna harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga karena dapat membahayakan keamanan dan privasi akun TikTok mereka. Oleh karena itu aku nggak ulas di sini karena belum aku coba sendiri.

Bagaimana cara menggunakan TikTok Analytics untuk nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat?

Pengguna dapat mengonversi akun pribadi mereka menjadi akun profesional, dan kemudian mengakses fitur Analytics di TikTok. Di dalamnya, pengguna dapat menemukan data terkait jumlah views dan menyortir video berdasarkan jumlah views terbanyak.

Apakah menge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat mempengaruhi algoritma TikTok?

Menge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat tidak mempengaruhi algoritma TikTok, namun, melihat video yang populer dan banyak dilihat dapat membantu pengguna untuk menemukan konten yang menarik dan mungkin mempengaruhi preferensi algoritma TikTok untuk merekomendasikan konten serupa.

Apakah menge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat berguna untuk meningkatkan popularitas akun TikTok?

Ya, menge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat dapat membantu pengguna TikTok untuk menemukan konten yang menarik dan memperoleh lebih banyak views dan likes, sehingga dapat meningkatkan popularitas akun TikTok mereka.

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi TikTok Error di HP Android

Latest article