Don't be Captious

spot_img

7 Cara Mengatasi TikTok Error di HP Android

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Halo sobat JBers, kembali lagi dengan aku di sini. Pada kesempatan kali ini aku akan sharing ke kalian bagaimana cara mengatasi TikTok error. Penyebab error aplikasi TikTok memang bisa terjadi karena banyak faktor. Di artikel kali ini aku akan coba bahas sesuai dengan apa yang aku ketahui. Jika ada informasi baru pastinya akan aku update postingan ini.

Aplikasi TikTok memang sedang menjadi salah satu aplikasi yang populer banget digunakan oleh anak muda hingga orang tua. Aplikasi ini sudah tembus hingga dua miliar download dan penggunanya udah mencapai 689 juta orang di seluruh dunia, dan bisa diakses di lebih dari 200 negara.

Meski begitu, bukan berarti aplikasi TikTok selalu lancar saat digunakan. Kadang-kadang ada error yang muncul pas kita lagi asyik-asyiknya nonton video di TikTok. Nah, kalo kamu lagi ngalamin masalah di aplikasi TikTok di HP Android kamu, aku akan share 7 tips yang bisa kamu coba buat memperbaikinya.

1. Aplikasi TikTok Tidak Bisa Dibuka

Kalo kamu lagi mau buka aplikasi TikTok di HP, tapi aplikasinya gak mau terbuka, kemungkinan besar ada masalah di server TikTok atau cache di HP kamu penuh banget. Karena sering banget ngescroll TikTok, jadi ada banyak data sementara yang bisa bikin masalah. Untungnya, kamu bisa menghapus data cache dengan mudah dari pengaturan HP kamu.

Cara Menghapus Cache Aplikasi TikTok:

  1. Buka pengaturan HP kamu.
  2. Cari opsi “Apps” atau “Manage Apps.”
  3. Cari aplikasi TikTok di daftar aplikasi yang terpasang atau cari di kolom pencarian.
  4. Pilih aplikasi TikTok dan lihat bagian penyimpanannya.
  5. Pilih “Clear Cache” untuk menghapus data cache.

Cara Menghapus Semua Cache Aplikasi:

Di beberapa HP, kamu bisa menghapus semua cache aplikasi sekaligus. Kalo kamu pakai HP Samsung Galaxy:

  1. Buka pengaturan di HP kamu.
  2. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Device Care” atau “Device Maintenance.”
  3. Pilih tombol “Optimize Now.”
  4. Hal ini akan menghapus cache dan menutup aplikasi latar belakang yang tidak terpakai yang bisa mempengaruhi performa perangkat kamu.

2. Cara Mengatasi TikTok Error Karena Tidak Bisa Rekam Audio atau Video

Aplikasi TikTok memerlukan izin untuk menggunakan kamera dan mikrofon di HP kamu. Biasanya, izin tersebut sudah diatur ketika kamu pertama kali mengunduh aplikasi. Kalo kamu mengalami masalah saat merekam video atau rekam suara di TikTok, kemungkinan kamu belum memberikan izin akses kamera dan mikrofon untuk TikTok.

Untuk mengecek izin TikTok dan memastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki izin untuk menggunakan kamera dan mikrofon kamu, ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka pengaturan di HP kamu.
  2. Pilih opsi “Apps” atau “Manage Apps.”
  3. Cari dan pilih aplikasi TikTok.
  4. Pilih opsi “Permissions.” Dari bagian Izin tersebut, kamu bisa menyalakan atau mematikan izin penggunaan kamera dan mikrofon.

Kalo kamu penasaran ingin melihat daftar lengkap izin yang dimiliki oleh aplikasi TikTok kamu, kamu bisa melakukannya dengan cara memilih menu tiga titik di pojok kanan atas layar kamu dan kemudian membuka opsi “All Permissions.”

3. Cara Mengatasi TikTok Error Karena Tidak Bisa Login

Kalo kamu mengalami masalah saat log in ke aplikasi TikTok, alasan paling umum adalah detail akun kamu salah. Kalo HP kamu mencoba untuk otomatis mengisi informasi login kamu, maka kosongkan kolom tersebut dan masukkan detail login kamu secara manual. Ingat bahwa nama pengguna kamu sensitif terhadap huruf besar dan kecil, dan kamu tidak perlu menambahkan tanda “@” di depannya.

Kalo kamu masih kesulitan untuk log in ke akun kamu, buka menu “?” di pojok kanan atas layar kamu, lalu pilih opsi “Logging In” dari menu Bantuan dan Feedback. Dari sini, kamu bisa memulihkan akun kamu dengan memasukkan nomor telepon, nama pengguna, atau alamat email kamu.

4. Aplikasi TikTok Crash

Kalo aplikasi TikTok sering crash saat kamu pakai, kemungkinan kamu perlu membersihkan ruang dalam aplikasi TikTok kamu. Download seperti efek, filter, dan stiker semuanya memerlukan ruang, dan cara mengatasi TikTok Error di HP Android adalah kamu mungkin perlu membersihkan cache aplikasi TikTok kamu.

Untuk Membersihkan Cache dan Download Aplikasi TikTok Kamu:

  1. Buka aplikasi TikTok dan buka profil kamu.
  2. Pilih menu tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu “Settings and privacy“.
  3. Gulir ke bawah ke bagian yang diberi label “CACHE & DATA SELULER” dan pilih opsi “Free up space.”
  4. Dari sini, kamu bisa membersihkan cache dan download di aplikasi TikTok kamu.

5. Ada Pesan “Unfortunately TikTok Has Stopped Working”

Kalo aplikasi TikTok sering crash dan kamu melihat pesan “Unfortunately TikTok has stopped working“, kemungkinan besar kamu mencoba menjalankan versi aplikasi yang sudah kadaluwarsa. Cara mengatasi TikTok Error di HP Android ini bisa diatasi dengan mudah dengan menjaga aplikasi di HP kamu tetap terbaru di Play Store.

Cara Update Aplikasi TikTok:

  1. Buka Play Store dan cari TikTok.
  2. Kalo aplikasi kamu sudah kadaluwarsa, maka akan muncul tombol “Update” yang terlihat.
  3. Perbarui aplikasi dan restart HP kamu.

Kalo aplikasi TikTok kamu sudah diperbarui, maka beberapa solusi lain yang bisa dicoba termasuk membersihkan cache di HP kamu dan merestart HP, dan kalo semua itu gagal, maka uninstall dan reinstall aplikasi TikTok.

6. Ada Pesan “Network Error” atau “No Network Connection

Kalo HP kamu kehilangan koneksi internet, maka TikTok akan menampilkan pesan “Network Error” atau “No Network Connection“. Kadang-kadang, pesan ini juga muncul kalo internet kamu berjalan lambat atau kamu belum mengaktifkan izin data.

  1. Pertama-tama, periksa koneksi internet kamu. Kalo kamu menggunakan Wi-Fi, pastikan HP kamu masih terhubung. Kalo kamu menggunakan data, pastikan kamu belum mencapai batas kuota.
  2. Kalo koneksi internet kamu terlihat stabil dan kamu memiliki cukup data mobile, coba tutup aplikasi dan restart HP kamu.

Kalo pesan kesalahan jaringan masih muncul dan kamu menggunakan data mobile, maka kemungkinan kamu berada dalam mode Hemat Data.

Cara Mengaktifkan TikTok di Mode Hemat Data:

  1. Buka pengaturan HP kamu.
  2. Pilih opsi “Apps” atau “Manage Apps“.
  3. Cari dan pilih aplikasi TikTok, lalu pilih “Mobile data“.
  4. Dari sini, kamu akan melihat opsi untuk mengizinkan TikTok saat Hemat Data aktif. Kalo tombol ini dimatikan, nyalakan tombolnya untuk terus menggunakan data mobile saat dalam mode Hemat Data.

7. Cara Mengatasi TikTok Error yang Umum Terjadi

Sebagian besar masalah TikTok di perangkat Android bisa diatasi dengan membersihkan cache dan menjaga aplikasi TikTok kamu tetap terbaru di Play Store.

Untuk menjaga semua aplikasi di HP kamu tetap berjalan lancar, disarankan untuk menggunakan opsi Perawatan Perangkat di pengaturan HP kamu, jika tersedia. Dari sini, kamu bisa menjadwalkan HP kamu untuk dioptimalkan secara otomatis sekali sehari, membantu menjaga cache tetap bersih dan TikTok berjalan lancar.

Kalo kamu mengalami masalah yang tidak bisa diatasi dengan tips di atas, TikTok memiliki bagian Bantuan dan Feedback yang lengkap, yang bisa kamu temukan di menu pojok kanan atas halaman “Profil“. Dari sini, kamu bisa mengakses Pusat Bantuan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi TikTok Tidak Ada Koneksi Internet

Latest article