5 Tips untuk Membuat Video TikTok agar Jadi FYP

Halo Sobat JBers, jika kalian seorang pengguna TikTok, pasti tahu betapa sulitnya membuat video yang disukai oleh banyak orang di platform ini. Terkadang, meskipun sudah membuat banyak konten, namun viewersnya tetap sedikit. Tapi di sisi lain banyak orang yang secara tidak sengaja mendapatkan FYP untuk video pertamanya di TikTok.

Aku pun penasaran dan coba meriset kecil-kecilan berdasarkan referensi yang aku baca, akhirnya aku menyimpulkan ada beberapa alasan yang membuat agar membuat video kalian bisa FYP di TikTok.

Oke buat kalian yang penasaran dengan ulasan aku kali ini. Baca terus ya, aku akan bagikan tipsnya di artikel ini.

BACA JUGA: 3 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 2023

Apa itu FYP?

Pertama-tama, kalian harus tahu apa itu FYP? FYP singkatan dari ‘For You Page’, artinya video kalian akan direkomendasikan oleh pihak TikTok dan ditampilkan di halaman depan.

Berbeda dengan algoritma Instagram, TikTok menampilkan video yang menurut mereka bagus, yang cocok untuk kamu tonton, bukan dari akun yang kamu follow.

Jika kamu ingin membuat video kamu menjadi FYP, ada lima hal yang perlu kamu perhatikan, yang aku rangkum berikut ini.

1. Tiga Detik Pertama Sangat Berharga

Untuk membuat video kalian dianggap bagus oleh pihak TikTok, video kalian harus menarik perhatian pengguna lain di tiga detik pertama. Jika video kalian sudah di-skip oleh pengguna, TikTok akan menilai kurang menarik. Buatlah video yang semenarik mungkin di awal-awal atau di tiga detik pertama. Penting untuk kalian menaruh highlight terbaik di awal video.

2. Visual Yang Menarik

Tidak hanya konten, namun visual pada video juga sangat berpengaruh. Buatlah video yang menarik, menggunakan filter yang menarik dan warna yang sesuai. Video yang terlihat kurang menarik secara visual dapat membuat penonton bosan dan memilih untuk tidak melihatnya.

3. Audio yang Menarik

Audio yang dipilih untuk video kalian juga harus menarik. Lagu populer yang cocok dengan video kalian dapat membuat penonton lebih tertarik untuk melihat lebih lama. Jangan lupa untuk menggunakan efek suara yang menarik dan sesuai dengan konten video kalian.

4. Menggunakan Hashtag Populer

Hashtag dapat membantu video kalian ditemukan oleh pengguna TikTok lainnya. Kalian dapat menambahkan hashtag populer yang relevan dengan konten video. Namun, jangan gunakan terlalu banyak hashtag karena akan membuat video kalian terlihat spam.

5. Terus Menggunggah Konten

Terakhir, kalian harus terus menggunggah konten. Dengan mengunggah video secara teratur, kalian dapat menambahkan followers dan membuat video kalian lebih mudah ditemukan.

BACA JUGA: Rahasia Agar Video Kamu Masuk FYP di TikTok

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul setelah membaca artikel “5 Tips untuk Membuat Video TikTok agar Jadi FYP”:

Apa itu FYP di TikTok?

FYP adalah singkatan dari “For You Page”. Ini adalah bagian dari TikTok di mana konten disajikan kepada pengguna berdasarkan preferensi mereka. Konten yang muncul di FYP adalah video yang dianggap menarik oleh algoritma TikTok.

Apa yang harus saya lakukan agar video saya masuk ke FYP?

Ada lima hal yang bisa Anda lakukan agar video Anda bisa masuk ke FYP, yaitu membuat video yang menarik, menarik perhatian dalam 3 detik pertama, menggunakan musik yang populer, menambahkan hashtag yang relevan, dan membuat video dengan kualitas yang baik.

Apakah jumlah followers penting untuk masuk ke FYP?

Tidak, jumlah followers tidak menjadi faktor utama dalam menentukan apakah video Anda bisa masuk ke FYP. Namun, semakin banyak followers yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan video Anda dipromosikan ke orang lain.

Apa yang harus saya hindari agar video saya tidak diabaikan oleh pengguna?

Hindari membuat video yang membosankan atau terlalu panjang. Usahakan untuk menarik perhatian orang dalam 3 detik pertama dan menambahkan musik dan hashtag yang tepat.

Apa yang harus saya lakukan jika video saya masih tidak masuk ke FYP?

Jangan berkecil hati. Coba pelajari lagi lima tips yang telah disebutkan dan cari tahu di mana video Anda kurang. Selain itu, jangan ragu untuk mencari inspirasi dari konten-konten populer di TikTok dan terus mencoba hingga berhasil.

Kesimpulan

Dalam membuat video TikTok, kesuksesan bukan hanya ditentukan oleh jumlah like dan view, tetapi juga interaksi dan keterlibatan audiens dengan konten yang dihasilkan. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang baik tentang audiens dan selalu menghadirkan konten yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan video TikTok dapat lebih mudah ditemukan dan menjadi viral di FYP, serta membantu membangun komunitas yang besar dan aktif di platform tersebut.

Itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membuat video kalian menjadi FYP di TikTok. Semoga tips ini membantu kamu meningkatkan popularitas video kalian di platform ini. Selamat mencoba dan teruslah berkarya!

BACA JUGA: Cara nge-sort video TikTok berdasarkan paling banyak dilihat

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.