Don't be Captious

spot_img

5 Tips Terbaru Dapatkan Uang dari TikTok 2023

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sudahkah kalian tahu bahwa sekarang kita bisa mendapatkan uang dari TikTok? Ya, benar sekali! Banyak yang penasaran dan bahkan pencarian di google masih banyak yang mengetik kata kunci cara mendapatkan uang dari TikTok.

Pada kenyataannya, TikTok bukan hanya sekadar tempat untuk bersenang-senang, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu dalam artikel ini, aku akan berbagi cara mendapatkan uang dari TikTok dengan berbagai tips dan trik yang bisa kamu gunakan agar kamu bisa memulai sesuatu yang lebih bermanfaat di TikTok.

Dunia digital dan media sosial telah membuka pintu bagi kita untuk mengekspresikan kreativitas kita dan bahkan menghasilkan pendapatan darinya. TikTok adalah platform yang sangat populer di kalangan generasi muda di Indonesia. Dengan lebih dari jutaan pengguna aktif setiap hari, TikTok menawarkan peluang besar bagi kreator konten untuk mendapatkan penghasilan melalui keterlibatan dan popularitas mereka.

Bagaimana sebenarnya kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok? Mari kita jelajahi bersama-sama langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk meraih kesuksesan di platform ini.

BACA JUGA: 3 Cara Menghasilkan Uang dari TikTok 2023

1. Membuka Toko di TikTok Shop

Cara pertama yang aku rekomendasikan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan membuka Toko di TikTok Shop. Ya, sekarang TikTok telah berkembang menjadi sebuah marketplace yang memungkinkan influencer dan orang lain untuk menjual barang-barang mereka. Jadi, kamu juga bisa menjual barang di TikTok dan bisa mendapatkan uang yang lumayan besar.

TikTok memberikan subsidi ongkir yang cukup besar dan juga subsidi untuk harga barang. Mereka benar-benar memberikan banyak subsidi untuk membangun TikTok di Indonesia. Jumlah pengguna aktif TikTok di Indonesia mencapai 109,9 juta. Bayangkan potensinya! Jika hanya 0,01% dari pengguna itu yang membeli barang dari kamu, hasilnya akan sangat menguntungkan. Banyak pengguna TikTok yang berhasil menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Fitur live selling juga menjadi kunci keberhasilan TikTok. Kamu dapat berinteraksi langsung dengan penjual di toko mereka, seperti berada di toko fisik. Fitur ini sangat menarik karena kamu dapat langsung bertanya dan mendapatkan jawaban secara real-time. Fitur live streaming dari TikTok ini memang luar biasa dan menjadi daya tarik bagi pengguna.

2. Menjadi TikTok Affiliate

Cara berikutnya untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan bergabung sebagai Affiliate TikTok. Cara ini menurutku sangat menarik karena sekarang kamu bisa menjual tanpa perlu modal, barang, atau bahkan toko sendiri.

Kamu bisa daftar sebagai affiliate di TikTok dan menurutku ini adalah salah satu kelebihan aplikasi TikTok dibandingkan dengan marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Dengan menjadi TikTok Affiliate, kamu tinggal mencari barang-barang yang kamu suka atau bahkan yang sudah kamu beli sendiri, kemudian kamu tinggal mempromosikannya melalui konten di aplikasi TikTok.

Kamu bisa membuat konten secara rutin setiap hari, dan dalam setiap konten kamu bisa menyematkan link yang mengarahkan orang untuk membeli barang tersebut. Selain itu bagi kamu yang pandai berbicara langsung di depan kamera. Kamu bisa membuat TikTok Live dan mempromosikan langsung produk TikTok affiliate kepada penonton kamu.

Jadi dengan menjadi TikTok affiliate, kamu fokus berjualan serta menjelaskan kepada orang-orang, memberikan promosi, dan sebagainya. Intinya, bagaimanapun caranya, tujuan utamanya adalah membuat orang tertarik untuk membeli barang tersebut.

Omsetnya juga tidak main-main karena banyak orang yang orang yang berhasil menghasilkan ratusan juta rupiah dalam beberapa bulan saja.

BACA JUGA: Cara Daftar TikTok Affiliate di Tahun 2023

3. Endorse

Cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi TikTok ke tiga adalah dengan menerima endorse. Biasanya cara ini memang tidak bisa dilakukan jika kamu baru saja bermain TikTok. Kamu setidaknya harus berinvestasi konten dan waktu sehingga kamu dapat mengumpulkan banyak audience melalui follower kamu.

Cara memulainya sangat mudah, kamu cukup membuat konten yang mencerminkan minat followers kamu, karena memiliki banyak followers belum tentu berarti banyak yang menonton postingan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu memahami polanya agar konten-konten kamu bisa banyak penontonnya.

Biasanya, jika akun kamu hanya membahas satu topik, misalnya otomotif, kamu bisa fokus berbicara tentang segala hal yang berhubungan dengan otomotif atau review mobil. Penting untuk tetap fokus pada satu topik saja agar terlihat di mata brand yang akan endorse kamu nantinya. Ketika kamu sudah fokus pada satu topik, orang-orang atau perusahaan mulai melihat kamu sebagai seorang influencer di bidang tersebut.

Secara perlahan, kamu akan mulai mendapatkan tawaran endorse-an. Pada awalnya, mungkin tawaran tersebut tidak bernilai besar, namun seiring dengan perkembangan kamu dan konsistensi yang ditunjukkan, kamu akan mulai mendapatkan endorse-an yang lebih menguntungkan dan menjadikan endorse sebelumnya sebagai bukti bahwa kamu telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan.

4. Live dan dapatkan gift

Cara ke empat untuk mendapatkan uang dari TikTok dan ini mungkin sering muncul di FYP adalah dengan Live dan dapatkan gift. Sebagian dari kamu mungkin sering melihat live TikTok yang isinya orang lagi mandi lumpur sambil meminta-minta gift dari penontonnya. Nah itu adalah salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok.

Namun aku menyarankan gunakan platform TikTok untuk berbagi edukasi & pengetahuan kamu dibandingkan dengan live mandi lumpur. Dibandingkan dengan cara endorse, live dan dapatkan gift lebih mudah kamu lakukan sebab kamu tidak perlu memiliki banyak follower untuk memulai cara ini.

Kamu hanya perlu berbagi segala hal yang kamu ketahui saat live di TikTok. Saat penonton kamu mulai banyak dan merasa konten kamu bermanfaat, biasanya mereka akan sukarela mengirimkan hadiah berupa gift misalnya Rp10.000, Rp50.000, Rp100.000. Biasanya, 50% dari nilai hadiah tersebut diterima oleh orang yang menerimanya. Jadi, misalnya seseorang mendapatkan hadiah senilai Rp10.000, maka kamu sebenarnya mendapatkan setengahnya saja. Memang potongan yang diterima masih banyak, tetapi setidaknya cukup oke untuk kamu yang serius menekuninya.

Oh ya, perlu kamu ingat pula saat kamu melakukan live di TikTok jangan lupa mengikuti aturan pedoman yang sudah ditentukan oleh pihak TikTok. Jika melanggar tentu saja akun kamu bisa di banned. Baca pedoman live TikTok di sini.

5. TikTok Series

Cara terakhir yang aku akan bagikan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan memanfaatkan fitur TikTok series. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat konten edukatif, seperti pelatihan atau e-course, dan menjualnya kepada pengguna TikTok lain.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat langsung mendapatkan bagian dari pendapatan yang dihasilkan. Namun, tidak semua orang dapat menggunakan fitur ini. Biasanya, kamu harus menjadi konten kreator yang mengedukasi atau memiliki pengaruh di bidang tertentu.

Fitur ini kabarnya mulai dibuka untuk umum. Namun, informasi ini masih belum pasti. Jika kamu memiliki akses ke fitur TikTok Series, kamu dapat membuat video edukatif tentang topik tertentu, seperti tutorial belajar canva. Video-video seperti ini bisa memiliki durasi singkat, misalnya 10 menit, dan dijual dengan harga tertentu.

Pendapatan yang kamu dapatkan tergantung pada seberapa luas pasar di TikTok, karena terdapat banyak pengguna aktif di platform ini, sekitar 100 juta orang. Kesuksesan dalam mempromosikan kontenmu sendiri atau ditemukan oleh orang yang mencari kata kunci tertentu akan mempengaruhi pendapatan yang kamu dapatkan melalui fitur TikTok Series ini.

BACA JUGA: Rahasia Agar Video Kamu Masuk FYP di TikTok

Latest article