spot_img
spot_img
BerandaTechnologyCara mengatasi iconnet tidak ada internet

Cara mengatasi iconnet tidak ada internet

From Author

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBers, cara mengatasi iconnet tidak ada internet masih banyak yang belum tahu. Sehingga saat kalian mengadu ke customer service masalah ini tentunya tidak bisa selesai begitu saja.

Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi tentang cara mengatasi koneksi internet iconnet yang tidak bekerja. Cara ini berdasarkan pengalaman aku sendiri yang kebetulan adalah pelanggan iconnet juga.

Penyebab iconnet tidak ada internet

Ketika kalian menggunakan layanan internet iconnet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “tidak ada internet”. Saat hal ini kalian alami artinya jaringan di modem kalian tidak ada masalah namun data tidak terkirim. Hal ini yang menyebabkan koneksi iconnet kalian tidak ada internet.

Jika statusnya demikian maka aktivitas browsing, atau layanan sosial media menggunakan jaringan internet otomatis nonaktif.

Solusi cara mengatasi iconnet tidak ada internet

Setelah kalian memahami penyebab koneksi iconnet tidak ada internet, kini saatnya kita langsung ke pembahasan inti. Menurut pengalaman aku ini dia cara mengatasinya.

1. Membayar tagihan

Saat kalian berlangganan internet di iconnet, kalian wajib menginstall aplikasi MyICON+ yang tersedia di Google Play Store. Dari aplikasi ini kalian bisa melihat riwayat tagihan kalian, status layanan, hingga membayar tagihan internet.

Coba kalian cek dibagian penagihan apakah statusnya sudah lunas atau belum. Jika sudah lunas dan koneksi iconnet masih tetap tidak ada internet maka kita akan coba melalui solusi kedua dibawah ini.

BACA JUGA: Li-Fi, Jaringan yang Lebih Cepat 100 Kali dari Wi-Fi

2. Jaringan bermasalah

Layanan internet iconnet di rumahan menggunakan jalur kabel fiber optik yang membentang dari jalan raya hingga sampai ke rumah kalian. Tidak sedikit gangguan iconnet tidak ada internet karena musibah, atau jalur kabel yang terputus.

Namun untuk memastikannya, kalian bisa mengecek timeline di twitter dan ketikkan kata kunci “iconnet”. Jika kalian menemukan banyak pelanggan lainnya memiliki masalah yang sama dengan kalian artinya gangguan jaringan bersifat global.

Namun jika hanya koneksi internet kalian yang bermasalah, maka kemungkinan jalur kabel fiber optik kalian yang mengalami kendala.

Gunakan aplikasi MyICON+, buat laporan untuk pengecekkan oleh teknisi iconnet.

3. Restart Modem

Solusi ini mungkin terdengar konyol karena apapun masalahnya, restart modem solusinya. Cara ini bahkan membosankan saat kalian memberikan keluhan ke Customer Service.

Namun jika kalian ingin coba berikut adalah cara restart modem yang aku kutip melalui exponesia.id

  1. Siapkan jarum atau SIM Ejector (Alat untuk mengeluarkan SIM Card).
  2. Ambil modem Wifi Iconnect PLN dan pastikan kabel LAN dan lainnya masih terpasang.
  3. Cari lubang kecil bertuliskan Reset, lalu tekan dan tahan tombol tersebut kurang lebih selama 10 detik (hingga semua lampu mati) menggunakan alat tusuk yang sudah disiapkan. Kemudian tunggu hingga modem menyala seperti semula.
  4. Setelah modem atau Router menyala kembali, artinya kalian sudah berhasil melakukan restart Wifi Iconnect PLN.

4. Restart perangkat Smartphone/Laptop/PC

Cara keempat adalah cara yang berhasil di aku saat koneksi iconnet tidak ada internet. Jadi jika kalian menggunakan perangkat smartphone, laptop, atau PC. Kalian bisa restart dulu lalu buat koneksi kembali dengan jaringan WiFi iconnet di rumah kalian.

Jika berhasil, kemungkinan perangkat kalian sudah terlalu lama tidak di restart sehingga beberapa proses mengalami gangguan termasuk koneksi internet iconnet.

5. Hubungi Call Center

Jika semua panduan solusi dari aku diatas tidak ada yang berhasil, cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah mengubungi customer service iconnet.

Berikut adalah channel customer service iconnet yang bisa kalian hubungi:

  • Melalui website iconnet.id dengan klik tombol yang ada dibawah kanan untuk terhubung ke customer service
  • Melalui contact center 150678
  • Melalui WhatsApp 0811 1200 2123
  • Melalui email cc.iconnet@iconpln.co.id
  • Sosial media instagram @iconnet.plniconplus
  • Sosial media twitter @iconnet_id

Penutup

Layanan iconnet tidak ada internet bisa terjadi ke siapa saja. Apapun itu layanan seperti jaringan internet memang tidak bisa terbebas dari gangguan. Namun kalian sebagai pelanggan jangan terburu-buru mengambil keputusan.

Melalui solusi yang aku bagikan diatas, kalian bisa mencoba mengatasinya sendiri tanpa harus selalu komplain ke customer service. Tentunya akses ke customer service terbatas karena banyaknya pelanggan.

Oleh karena itu pentingnya kalian mengetahui cara diatas agar jika sewaktu-waktu kendala jaringan internet iconnet muncul lagi, kalian bisa mengatasinya secara mandiri.

BACA JUGA: Cara Mengatasi TikTok Tidak Ada Koneksi Internet

Latest Article

Intel memperkenalkan prosesor tanpa E-core

Baru-baru ini Intel ngeluarin chip baru berbasis arsitektur Raptor Lake, tapi sayangnya tanpa pengumuman besar-besaran. Untuk saat ini, chip...

More Articles Like This