spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTechnologyCara Mudah Mengatasi WhatsApp Kamu yang Disadap

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Kamu yang Disadap

From Author

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBErs, aplikasi WhatsApp sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib ada di HP kamu. WhatsApp kini sudah hampir menjadi salah satu tempat utama berkomunikasi di dunia digital. Karena popularitasnya tersebut tidak heran jika ada saja orang-orang yang memanfaatkan celah tersebut untuk melakukan aksi penyadapan. Terlepas dari tujuannya seperti apa, penyadapan pada aplikasi WhatsApp adalah salah satu aktivitas yang melanggar hukum sekaligus melanggar privasi seseorang.

Jika kamu mengalami tanda-tanda dan merasa WhatsApp kamu disadap oleh orang lain, kita akan cari tahu solusinya di artikel kali ini. Apa yang akan kita pelajari adalah tanda-tanda WhatsApp kamu disadap dan bagaimana cara mengatasinya. Serta tidak lupa juga bagaimana mencegahnya agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Cara Cek & Mengatasi WhatsApp yang Disadap

Kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk mengetahui apakah WhatsApp kamu sedang disadap oleh orang lain atau tidak:

1. WhatsApp Web

Hal pertama yang perlu kamu cek adalah akses WhatsApp Web, sebab biasanya seseorang memindai kode QR WhatsApp Web Anda tanpa memberi tahu kamu. Untuk mengetahui apakah seseorang melacak atau memantau melalui WhatsApp Web, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  • Ketuk ikon menu di pojok kanan atas.
  • Pilih “WhatsApp Web“.

Pada halaman “WhatsApp Web“, kamu akan melihat daftar perangkat yang telah terhubung ke WhatsApp Web. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, kamu dapat keluar dari perangkat tersebut atau keluar dari semua perangkat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk keluar dari perangkat yang tidak dikenal:

  • Di halaman “WhatsApp Web“, ketuk perangkat yang ingin kamu keluarkan.
  • Ketuk “Keluar“.

Jika kamu ingin keluar dari semua perangkat yang terhubung ke WhatsApp Web, ketuk “Keluar dari semua perangkat“.

BACA JUGA: Cara Dapat Uang Dari Whatsapp dengan Join Group WA & Share Status di WA

2. Perhatikan Izin Lokasi

Saat kamu menginstal mod atau aplikasi WhatsApp GB semacamnya bisa mengakibatkan privasi kamu terancam yang berujung pada akses WhatsApp kamu bisa disadap. Jika kamu curiga bahwa WhatsApp kamu sedang disadap oleh seseorang, kamu perlu menggunakan beberapa petunjuk untuk mencari tahu. Seringkali kamu mengunduh versi modifikasi WhatsApp untuk mendapatkan fitur tambahan yang tidak disediakan oleh WhatsApp asli. Meskipun versi modifikasi WhatsApp ini seringkali menyenangkan dan mudah digunakan, kamu tidak dapat mempercayainya.

Versi-versi modifikasi ini tidak disetujui dan kamu sebaiknya tidak mengunduhnya dari sumber online. Versi-versi modifikasi WhatsApp ini juga meminta izin untuk mengakses penyimpanan, lokasi, dll. Jika baru-baru ini kamu memberikan akses kepada aplikasi WhatsApp modifikasi apa pun, ada kemungkinan besar bahwa WhatsApp kamu sedang dimonitor oleh seseorang tanpa sepengetahuan kamu.

Segera lakukan uninstal beberapa aplikasi yang kamu curigai sebagai sumber masalah. Termasuk aplikasi WhatsApp yang tidak resmi tersebut.

3. Aplikasi Mata-Mata Terinstal di HP Kamu

Aplikasi mata-mata merupakan metode berbahaya lainnya yang digunakan oleh peretas untuk memantau dan meretas perangkat kamu untuk mendapatkan informasi tertentu. Jika kamu baru-baru ini menginstal aplikasi mod atau mata-mata pada perangkat kamu setelah diinstruksikan oleh seseorang, maka ada kemungkinan besar bahwa pengguna tersebut telah memperdaya kamu agar menginstal aplikasi tersebut sehingga dia dapat memantau WhatsApp kamu secara remote tanpa harus memiliki akses fisik ke perangkat.

Ketika aplikasi mata-mata diinstal di perangkat kamu, semua pesan masuk dan keluar, gambar, dan status kamu diperbarui ke peretas melalui aplikasi mata-mata. Dia akan dapat membaca obrolan kamu secara remote juga.

Jika kamu menyadari bahwa ada aplikasi mata-mata di perangkat kamu, segera uninstall untuk melindungi data kamu dari peretas.

Cara Membuat WhatsApp Kamu Anti Sadap

Jika kamu melihat bahwa akun WhatsApp kamu sudah disadap dan kejadian tersebut terjadi bukan hanya sekali, kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah panduannya:

  1. Keluar dari Semua Perangkat:
    • Buka WhatsApp kau dan ketuk ikon ‘titik tiga’.
    • Pilih opsi WhatsApp Web.
    • Jika kamu melihat bahwa sesi sedang aktif di perangkat lain yang tidak kamu kenal, ketuk opsi “Log out from all devices” untuk menghentikan akses tanpa izin.
  2. Ganti Kata Sandi:
    • Ganti kata sandi WhatsApp kamu segera.
    • Pilih opsi “Account” di pengaturan WhatsApp.
    • Pilih “Change Password” dan buat kata sandi baru yang kuat.
  3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah:
    • Aktifkan verifikasi dua langkah untuk tingkat keamanan tambahan.
    • Pilih opsi “Account” di pengaturan WhatsApp.
    • Pilih “Two-Step Verification” dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkannya.
  4. Cek Izin Aplikasi:
    • Periksa izin aplikasi yang terhubung dengan WhatsApp kamu.
    • Pastikan hanya aplikasi resmi yang memiliki izin akses yang sesuai.
  5. Update Aplikasi WhatsApp:
    • Pastikan WhatsApp kamu selalu diperbarui ke versi terbaru.
    • Pembaruan seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi akun kamu dari ancaman.
  6. Gunakan Antivirus:
    • Jalankan pemindaian antivirus di perangkat kamu untuk memastikan tidak ada malware atau aplikasi berbahaya.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan keamanan akun WhatsApp kamu dan mengatasi masalah keamanan yang mungkin muncul.

BACA JUGA: Cara Laporkan Nomor WhatsApp Penipu Secara Online

- Advertisement -

Latest Article

10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik Dunia

Sekarang ini, minat terhadap dunia investasi semakin meningkat, baik di dunia maupun Indonesia sendiri. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan...

More Articles Like This