7 Video Karya AI Keren yang Filmaker Hollywood Ketar-Ketir

Foto: YouTube Wicked AI

Pada tahun 2023, kita melihat chatbot AI yang menjawab berbagai pertanyaan. Sementara pada tahun 2024, fokusnya beralih ke produksi video dengan kehadiran AI yang mampu menciptakan video, menggunakan berbagai model teks ke video yang menarik perhatian dunia.

Meskipun sudah ada bermunculan para pencipta di pasar ini, kehadiran Sora dari OpenAI telah menciptakan kehebohan di internet. Model baru ini mampu membuat video satu menit dari teks dan menampilkan visual yang memukau dalam kualitas HD.

Video contoh yang dirilis oleh OpenAI sekali lagi memunculkan pertanyaan – apakah AI akan mengambil alih para filmaker Hollywood? AI hadir dan sudah di depan mata, namun kita belum bisa memastikan apakah AI akan mengambil alih seluruh industri film.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa video keren yang diciptakan menggunakan AI.

Chaos Oblivion

Video berdurasi empat menit ini jelas merupakan video AI terbaik dalam beberapa waktu terakhir. ‘Chaos Oblivion – Warhammer’ diciptakan oleh Gregory Mandarano, seorang seniman dan pembuat film AI.

Penggemar Hollywood pasti akan melihat kemiripan dari trilogi ‘Lord of the Rings’ karya Peter Jackson, trilogi asli ‘Star Wars’, ‘Pacific Rim’ karya Guillermo Del Toro, dan ‘300’ karya Zack Snyder dalam film pendek tersebut. Mandarano telah menciptakan perpaduan dari berbagai dunia, sebagai bukti bahwa alat AI dapat menghidupkan kreativitas. Film pendek ini dibuat menggunakan Midjourney, Runway AI, Magnific.AI, Eleven Labs, dan lainnya.

World on Fire

Dalam cuplikan ‘World on Fire’ yang dibuat oleh Nicholas Neubert, kita dapat melihat bintang Hollywood Jared Leto. Neubert, seorang creator yang menciptakan visual menggunakan AI, telah berkolaborasi dengan Jared dan Shannon Leto untuk tur dunia musim 2024 dari band mereka, Thirty Seconds to Mars. Potongan klip pendek yang dibuat menggunakan model dari Runway AI menampilkan visual yang luar biasa yang menimbulkan sensasi thriller fiksi ilmiah dalam suasana masa depan dystopia yang gelap.

Vegvisir

Pelukis abstrak dan seniman digital Maria Faltis menciptakan film pendek AI menggunakan model teks ke video. ‘Vegvisir’ merupakan karya AI pertama Faltis, yang ia selesaikan dalam waktu tiga bulan sambil bergerak antara pekerjaan penuh waktu sebagai pendidik. Faltis menciptakan video satu menit tersebut menggunakan Runway AI dan Midjourney AI untuk memvisualisasikan dunia-dunia yang ingin ia ciptakan.

BACA JUGA: Berkunjung ke 5 Spot Wisata Indonesia yang Makin Terkenal Setelah Jadi Lokasi Syuting Film

Parodi Film Ocean’s 11

‘This is the Plan’ adalah sebuah film pendek yang dibuat oleh seniman digital Christopher Fryant. Video berdurasi hampir tiga menit ini adalah sebuah parodi dari komedi perampokan Hollywood ‘Ocean’s 11’. Fryant telah menciptakan video ini menggunakan Midjourney, RunwayML AI, Blender 3D, dan fitur sinkronisasi dari Pika Labs.

Freakshow

Fotografer dan seniman AI Dustin Hollywood telah menciptakan film ‘Freakshow’ menggunakan Runway AI, Midjourney, dan imajinasinya. Menurut sang seniman, film ini terinspirasi dari masa-masa fotografi malam dan musiknya di usia 20-an. Film pendek ini memberikan kita pandangan ke dalam sisi gelap dunia yang jahat yang menarik. Mereka yang menikmati filmografi Tim Burton mungkin terkesima oleh elemen visual yang digunakan dalam video tersebut.

Film horor dari AI

‘Another’, disutradarai oleh Dave Clark, adalah film horor yang dibuat menggunakan stable diffusion, Midjourney. Clark mengklaim bahwa ini adalah film pertama yang menggabungkan live-action VFX dan Generative AI. Film ini merupakan contoh bagus yang menunjukkan potensi tak terbatas AI dalam VFX. Film pertama ini dapat ditemukan di YouTube dan mendapat pujian atas visi dan kecerdasan pembuat film.

Berkreasi dengan AI

Klip pendek ini yang dibuat menggunakan Midjourney, Stable Video Diffusion, dan PIKA sangat luar biasa. Dikenal sebagai ‘Final Fantasy 6,’ ini adalah pemandangan visual yang memanjakan para penggemar anime dan manga. Ia menangkap lanskap impian sebagaimana yang terlihat dalam komik dan budaya pop dengan mudah, memberikan tekstur yang nyata.

Penutup

Semua video yang terdaftar di sini menunjukkan kemajuan signifikan dalam model pemrosesan video AI. Namun, pemeriksaan lebih teliti akan mengungkap bahwa mereka memiliki kecacatan visual yang terlihat. Karena Runway, Midjourney, dan model AI Generative lainnya masih dalam tahap formatif, kesalahan gerakan atau inkonsistensi visual ini kemungkinan akan dihilangkan di masa depan.

Fakta bahwa para pemain besar Hollywood beralih ke AI dan sejumlah pembuat film independen serta seniman visual sedang bereksperimen dengan AI sudah cukup untuk menandakan perubahan yang akan dibawa teknologi ini ke industri.

BACA JUGA: Berkenalan Dengan Devin, AI Software Engineer Pertama di Dunia

Video-video ini menunjukkan kemampuan luar biasa dari berbagai alat yang didukung AI dalam menciptakan visual. Namun, hal ini tidak sama sekali berarti bahwa mereka akan sepenuhnya mengambil alih seni pembuatan film. Kreativitas manusia akan menjadi hal yang sangat penting dalam pembuatan film, dan AI paling baik menjadi asisten hebat yang dapat mempercepat imajinasi dan mewujudkan ide-ide.

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Rekomendasi Tempat Wisata di Boyolali yang Lagi Hits Tahun 2024

Pengguna Android Kini Dapat Menikmati Multi Unduhan di Play Store