Don't be Captious

spot_img

Apa itu RTI Business? Ini Cara Daftar, Manfaat, & Tips Menggunakan

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah
I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat berbagai aspek kehidupan pun juga turut mengalami perkembangan, salah satunya tentang dunia investasi atau saham.

Sebab, sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi yang memang berfokus pada jual beli saham maupun investasi. Salah satu aplikasi yang cukup populer untuk digunakan jual beli saham adalah RTI Business.

Bagi para investor tentunya sudah tidak asing lagi dengan satu aplikasi ini. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan jual beli saham hingga mendapatkan informasi perkembangannya.

Bahkan, aplikasi RTI Business juga diklaim menjadi yang terbaik dan sangat berguna bagi investor saham karena bisa menganalisis saham menggunakan data yang disediakan.

Kendati demikian, ternyata masih belum banyak yang mengetahui tentang apa itu RTI Business? Bagaimana cara mendaftar dan tips menggunakannya? 

Tenang, kami akan memberikan seluruh informasinya dengan lengkap untuk Anda. Berikut, pembahasannya!

Apa itu RTI Business?

RTI Business adalah salah satu aplikasi jual beli saham terbaik di Indonesia, terutama bagi pemula. Sebab, aplikasi ini menghadirkan banyak fitur yang memudahkan para investor untuk melihat dan mengecek sahamnya.

Aplikasi RTI Business diciptakan oleh salah satu media ekonomi terbesar di Indonesia, yakni Kontan. Aplikasi ini cocok digunakan oleh para investor saham yang ingin melihat pasar saham karena menyediakan data yang cepat dan komprehensif.

Bagaimana tidak, aplikasi saham ini memudahkan para investor untuk mengikuti tren harga saham secara real time. Tentu, ini semakin memudahkan investor untuk menganalisis saham berdasarkan data yang ada.

Bahkan, melalui aplikasi ini, investor juga bisa melihat fluktuasi nilai di pasar saham. Hal ini tentunya membantu mereka untuk menentukan keputusan menjual atau membeli saham lagi.

Selain itu, adapun kelebihan RTI Business adalah sudah dilengkapi beberapa fitur untuk memudahkan pengguna dalam melakukan investasi. 

Terlebih lagi, interface yang disajikan juga sudah cukup menarik dan ramah pengguna, sehingga memang cocok digunakan oleh investor pemula.

Kemudian, perihal datanya, Anda tidak perlu khawatir karena telah disusun secara komprehensif, terjamin akurat, dan detail.

Jika ingin menggunakannya, Anda hanya perlu download di App Store maupun Google Play Store dan bisa didapatkan secara gratis.

Cara Daftar RTI Business

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengunduh aplikasi ini lewat App Store, Play Store, maupun situs resminya.

Jika sudah mengunduh dan memasang di smartphone, maka selanjutnya adalah untuk mengetahui cara daftar RTI Business yang bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Buka aplikasi RTI Business
  2. Klik tombol “Login” 
  3. Pilih opsi “Register Now”
  4. Masukkan data diri yang diminta untuk membuat akun dan mendaftar, seperti email, password, dan nomor ponsel
  5. Jika sudah, klik opsi “Register”
  6. Selanjutnya, lakukan aktivasi melalui email yang sudah dikirimkan
  7. Proses daftar sudah selesai
  8. Berikutnya, login atau masuk kembali ke akun yang baru Anda buat untuk memulai saham.

Manfaat RTI Business

Dengan berbagai kemudahan yang dimiliki, maka aplikasi saham ini juga menawarkan berbagai manfaat bagi pengguna.

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui:

1. Mendapatkan informasi berbasis data

Manfaat pertama adalah mendapatkan informasi berbasis data yang dirancang khusus secara deskriptif dan transparan. Hal ini mencakup penambahan grafik yang dapat digunakan pengguna sebagai acuan dasar penempatan modal dan melakukan pembacaan saham.

Tentu, ini dapat membantu mempermudah pengguna untuk melihat bagaimana fundamental perusahaan sebelum melakukan investasi dan membeli saham.

2. Dilengkapi berita terbaru

Jika menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan berita terbaru mengenai pasar saham dan informasi perilaku perusahaan dengan aktual dan cepat.

Kondisi ini dapat memberikan keuntungan bagi pengguna untuk melihat bagaimana perilaku perusahaan di masa lalu maupun masa depan nantinya.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai aksi korporasi yang mana meliputi pembagian dividen, jadwal IPO, dan sebagainya.

3. Tersedia virtual trading

Aplikasi RTI Business OJK akan memberikan keuntungan lain bagi pengguna karena sudah telah menyediakan virtual trading. Virtual trading adalah memungkinkan Anda lebih mudah untuk melakukan transaksi trading dan jual beli saham di mana dan kapan saja.

Dengan begitu, dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan waktu yang dimiliki untuk melakukan investasi dengan tepat.

4. Informasi terbuka mengenai pemegang saham

Selanjutnya, aplikasi investasi satu ini memungkinkan pengguna untuk melihat semua pemegang saham yang sudah mempunyai saham.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu klik tab “profil” dan memasukkan analisis saham, kemudian secara otomatis datanya bisa ditampilkan dengan jelas.

Data tersebut meliputi nama pemegang saham, jumlah yang dimiliki serta persentase kepemilikannya berapa.

5. Bisa melihat stok target

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika aplikasi RTI saham memungkinkan Anda untuk melihat inventaris secara real time. 

Selain itu, adanya watch list juga memudahkan investor untuk melihat bagaimana trend saham yang sedang terjadi saat ini. 

Dalam hal ini, Anda bisa melihat semua pergerakan saham dalam waktu bersamaan dan sudah dilengkapi dengan volume serta nilai perdagangannya.

Fitur di Aplikasi RTI Business

Sebaiknya, sebelum menggunakan aplikasi saham ini, Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja dan bagaimana kegunaan fitur yang disediakan. Berikut ini berbagai fitur yang perlu Anda ketahui dan pahami.

  1. Trade adalah fitur yang digunakan untuk simulasi trading yang dirancang khusus bagi investor pemula agar bisa lebih paham mengenai dunia saham.
  2. Market adalah menu yang digunakan investor untuk melihat data latest-market secara real time berupa gambar grafik dan berfungsi untuk meninjau pergerakan indeks acuan IHSG.
  3. Indices merupakan fitur untuk mengecek pergerakan bursa saham di seluruh dunia dan sudah dikelompokkan berdasarkan benua, sehingga lebih memudahkan untuk menganalisis.
  4. Watchlist adalah sebuah fitur yang berisi daftar saham yang ingin Anda pantau sesuai dengan kategori yang diinginkan dan bertujuan untuk memudahkan investor dalam melakukan transaksi saham.
  5. Movers adalah menu untuk melihat saham yang bergerak secara aktif, menduduki peringkat teratas dan paling rendah serta mengetahui harga jual beli saham.
  6. Chart merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis saham secara lengkap, mulai dari fundamental, teknikal, dan pergerakan sahamnya.
  7. Currency adalah sebuah menu yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam memantau pergerakan mata uang dunia.
  8. P. Metal adalah fitur yang berfungsi untuk memantau harga komoditas dunia yang paling mutakhir, seperti pergerakan harga emas, perak, platinum, dan sebagainya.
  9. News merupakan menu yang menyajikan berita terbaru mengenai dunia saham di dalam maupun luar negeri setiap harinya.
  10. CA News adalah menu yang menyajikan berita mengenai Corporate Action yang sedang maupun direncanakan oleh perusahaan.
  11. Calendar adalah menu yang berisi informasi penting mengenai jadwal kegiatan perusahaan, seperti IPO dan RUPS, pembagian dividen, dan sebagainya.

Cara Membeli Saham di RTI Business

Semua fitur di aplikasi ini sudah Anda ketahui, tentu selanjutnya adalah harus mengetahui bagaimana cara membeli saham di RTI Business.

Nah, berikut ini adalah cara membeli saham di aplikasi RTI Business:

  1. Tentukan terlebih dahulu saham yang ingin Anda beli sesuai dengan keperluan dan anggaran
  2. Masuk ke aplikasi
  3. Pilih tombol transaksi belu untuk melakukan proses pembelian saham
  4. Klik opsi “Buy Order”
  5. Masukkan kode saham yang Anda inginkan. Di sini, Anda bisa melihat kumpulan saham di menu “Order Book”
  6. Masukkan “Price” sesuai dengan pergerakan saham saat “offer” di bawah tabel
  7. Masukkan “Quantity Lot” sesuai yang Anda inginkan
  8. Pilih opsi “Beli”
  9. Cek kembali di menu “Order List”
  10. Jika saham sudah dibeli, maka akan muncul tulisan “Match”
  11. Selesai, Anda sudah membeli saham.

Tips Menggunakan RTI Business

Jika Anda sudah mengetahui apa itu aplikasi RTI Business, maka selanjutnya adalah memahami bagaimana tips menggunakannya agar tidak salah langkah.

  1. Pantau terus kondisi fluktuasi saham yang akan Anda beli. Hal ini bertujuan supaya meminimalisir kerugian atau hilangnya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal
  2. Hindari risiko terjadinya fraud, maka amankan ponsel dari adanya virus yang berbahaya
  3. Pastikan semua fitur yang ditawarkan bisa diakses dengan baik, sehingga tidak ada kesulitan untuk melakukan kegiatan investasi saham di aplikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu RTI Business beserta dengan cara daftar, manfaat, fitur, cara membeli, dan tips menggunakannya untuk Anda.

Kesimpulannya, RTI Business adalah salah satu aplikasi saham yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu para investor pemula dalam melakukan investasi dengan berbagai fitur yang disediakan.

Untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, silakan kunjungi website resmi kami di jadiberita.com

Latest article