5 Rekomendasi Aplikasi GPS Map Camera Terbaik untuk Android

Foto: Freepik

Halo Sobat JBers, pernahkah kalian mendengar istilah Global Positioning System atau disingkat GPS? Mungkin, sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi, bukan?

GPS merupakan salah satu fitur yang memungkinkan untuk menampilkan jejak titik koordinat dari hasil foto yang kamu buat, terutama melalui aplikasi GPS Map Camera.

Artinya, aplikasi GPS Map Camera memungkinkan kamu untuk mengetahui di mana lokasi kamu sekarang hanya melalui hasil gambar yang diambil.

Tentu, ini sangat menarik, bukan? Penasaran dengan rekomendasi aplikasi GPS Map Camera yang bisa kamu gunakan di handphone?

Jika iya, maka simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai, ya!

Apa itu Aplikasi GPS Map Camera?

GPS Map Camera adalah sebuah aplikasi kamera yang dirancang untuk memberikan informasi atau stempel lokasi pada gambar yang diambil.

Informasi stempel lokasi tersebut biasanya meliputi geotag, lindang dan bujur, alamat lengkap, hingga tanggal serta waktu kapan gambar tersebut diambil.

Menariknya, melalui aplikasi tersebut, pengguna juga bisa menambahkan beberapa informasi lainnya, seperti cuaca, medan magnet, hingga kompas sekalipun.

Hingga kini, aplikasi GPS Map Camera sudah bisa digunakan untuk semua perangkat seluler, baik itu versi Android maupun iOS.

Rekomendasi Aplikasi GPS Map Camera Android

1. Google Maps Camera

Pertama, aplikasi GPS Map Camera terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Google Maps Camera. Pasalnya, aplikasi ini akan memberikan informasi secara detail, seperti lokasi, waktu, hingga dilengkapi dengan garis lintang, bujur, hingga keterangan cuaca suatu tempat.

Hasil jepretan gambar melalui aplikasi ini dianggap juga sudah cukup bagus. Hal ini dikarenakan, pihak developer sudah menyediakan beberapa fitur yang bisa kamu gunakan.

Mulai dari fitur exposure, flash, ISO, hingga mode fokus. Dengan begitu, hasil gambarnya juga lebih jernih dan kualitasnya juga tinggi.

2. Kamera Peta GPS Lite

Kedua, terdapat aplikasi Kamera Peta GPS Lite yang menjadi salah satu solusi bagi kamu dengan ruang penyimpanan smartphone sempit, namun tetap ingin menampilkan informasi lokasi dan waktu pada hasil jepretan.

Sesuai dengan namanya, Lite, aplikasi ini memang dirancang khusus dengan ukuran yang lebih ringan, sehingga bisa digunakan untuk jenis handphone apa saja, terutama HP dengan ruang penyimpanan sedikit.

Meskipun ukurannya ringan, informasi yang ditampilkan pada gambar juga sudah cukup detail, meliputi waktu dan lokasi.

3. Timestamp Camera Free

Selanjutnya, aplikasi GPS Map Camera android yang bisa kamu gunakan adalah Timestamp Camera Free. Menariknya, tidak hanya gambar saja yang bisa menampilkan informasi, melainkan juga video.

Timestamp Camera Free memungkinkan kamu untuk memberikan beberapa keterangan pada video yang kamu ambil. Tentu, ini sangat menarik, bukan?

Hingga kini, aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 10 juta kali oleh pengguna di Google Play Store. Jadi, Timestamp menjadi salah satu aplikasi yang sangat recommended buat kamu yang ingin menampilkan keterangan pada gambar.

4. GPS Map Camera Geotag Photos & Add GPS Location

Sesuai dengan namanya, yakni GPS Map Camera Geotag Photos & Add GPS Location membuat software ini termasuk ke dalam aplikasi GPS Map Camera terbaik.

Bahkan, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,7 di Google Play Store. Tentu, rating tersebut bagi sebuah aplikasi sudah sangatlah bagus dan sangat direkomendasikan.

Terlebih lagi, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan keterangan atau informasi perjalanan sangat lengkap. Mulai dari informasi waktu, cuaca, bujur dan lintang, ketinggian, kompas, hingga medan magnet.

5. Spotlens – Kamera GPS

Apakah kamu membutuhkan aplikasi GPS Map Camera yang menawarkan informasi atau keterangan secara lengkap? Jika iya, maka Spotlens adalah solusinya.

Bagaimana tidak, aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi waktu dan lokasi saja, loh! Akan tetapi, juga bisa menambahkan sebuah logo bisnis, nama usahanya, hingga proyek apa yang sedang dijalankan.

Tidak hanya itu saja, Spotlens juga memungkinkan kamu untuk menambahkan komentar atau catatan, loh! Sangat menarik, bukan?

Hal inilah yang membuat Spotlens cocok digunakan untuk mendukung kebutuhan pekerjaan atau proyek tertentu yang sedang dijalankan.

Cara Menggunakan GPS Map Camera

Apabila kamu sudah mengetahui beberapa rekomendasi aplikasinya, maka saatnya untuk membahas mengenai cara menggunakannya.

Umumnya, cara menggunakan semua aplikasi GPS Map Camera hampir sama. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Buka aplikasi

Langkah pertama, silakan kamu untuk membuka aplikasi GPS Map Camera yang sudah kamu unduh dan install sebelumnya.

Jika sudah, kamu bisa memilih bahasa dalam aplikasi sesuai yang kamu bisa, misalnya Indonesia atau Inggris. Kemudian, pilih opsi “next” untuk melanjutkan langkah berikutnya.

2. Atur izin akses

Apabila kamu sudah mengatur bahasa aplikasi, maka selanjutnya adalah atur izin akses ke perangkat. Pengaturan ini meliputi akses kamera, lokasi, hingga perpustakaan galeri.

Pastikan pada opsi “izinkan akses” diubah menjadi “selalu”. Jika sudah, maka silakan untuk klik tombol “Next”

3. Cek fitur GPS

Berikutnya, pastikan semua fitur GPS Map Camera bisa dipakai dan kompatibel pada perangkat seluler kamu. Biasanya, fitur ini meliputi informasi stempel, seperti data peta, opsi foto, hingga pengaturan kameranya.

4. Lakukan percobaan lacak lokasi

Apabila semua pengaturan sudah diatur dengan baik dan benar, maka langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan untuk melacak lokasi.

Caranya adalah dengan mengambil gambar di sekitar kamu menggunakan kamera biasa. Jika pengaturannya berhasil, maka gambar tersebut sudah menampilkan stempel informasi berisi lokasi, waktu, alamat, dan sebagainya.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai rekomendasi aplikasi GPS Map Camera terbaik untuk android beserta dengan cara menggunakannya.

GPS Map Camera merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memberikan berbagai informasi atau keterangan pada hasil jepretan gambar.

Informasi tersebut meliputi lokasi, tanggal, waktu, bujur dan lintang, cuaca, hingga medan magnet. Tentu, ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dokumentasi visual dengan informasi lokasi yang akurat.

Biasanya, aplikasi ini digunakan oleh pekerja profesional, seperti arsitek, jurnalis, inspektor, dan lainnya yang membutuhkan dokumentasi foto dengan informasi lokasi akurat.

Nah, bagi Sobat JBers meskipun bukan pekerja profesional, juga bisa menggunakannya, loh! Misalnya, kamu sedang berada di luar rumah dan ingin memberikan informasi kepada orang tua, maka bisa menggunakan aplikasi GPS Map Camera.

Pasalnya, hasil jepretan gambar yang dihasilkan melalui kamera tersebut, sudah tersedia informasi lokasi, waktu, dan alamat lengkapnya.

Bagaimana? Apakah Sobat JBers berencana untuk menggunakan aplikasinya? Jika iya, maka sebaiknya pilih aplikasi yang memang mempunyai rating bagus dan mendukung perangkat seluler kamu, ya!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat, ya! Kunjungi website resmi kami di sini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer