Keren! Bukit Ini Mirip ‘Pelangi’


Siapa sangka, di Amerika Serikat (AS) terdapat bukit bergaris seperti pelangi. Bukit ini bernama Painted Hills yang terletak di Monumen Nasional John Day Fossil Beds di Wheeler County, Oregon, AS

Dilansir Amusing Planet, Selas, (11/3/2014), Painted Hills adalah fenomena alam yang terjadi karena perubahan geologi dan membentuk gundukan bukit berlapis bermacam-macam warna seperti pelangi.

Coretan garis warna-warni yang menempel di bukit tersebut mengandung banyak tumpukan tanah liat yang terbentuk lebih dari 35 juta tahun lamanya. Tak cuma itu, bukit pelangi tersebut juga menyimpan abu vulkanik dari letusan gunung berapi jutaan tahun lalu.

Lama-kelamaan lapisan tersebut kaya mineral yang memadat sendiri dan membentuklah aneka warna yang indah. Terlihatlah gundukan pasir yang berwarna cokelat keemasan, dengan guratan warna merah, oranye, hitam dan sedikit warna putih dan abu-abu.

Warna-warna indah tersebut muncul secara alami, tanpa ada campur tangan manusia. Tanah hitam berasal dari batu bara yang ditumbuhi tanaman vegetasi di sekeliling daerah banjir. Warna abu-abu berasal dari batu lumpur, batu lanau dan serpihan

Warna merah dan oranye berasal dari tanah laterit yang dibentuk dari endapan dataran banjir yang saat itu keadaannya hangat dan lembab. Painted Hills ini dibuka sepanjang tahun. Baiknya wisatawan menginjak bukit itu saat seletah hujan badai turun, sekitar April sampai Mei. (nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak