Melongok Objek Wisata Edukatif yang Ada di Jakarta


Jakarta sebagai ibu kota Indonesia memiliki objek wisata yang bermacam-macam. Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata edukatif, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini, seperti dilansir dari Yukpegi, Sabtu (14/6/2014).

1. Museum Fatahillah

Museum ini dibangun pertama kali pada tahun 1707, dan mengusung konsep neoklasik dengan ornamen-ornamen khas Jakarta dan Belanda. Hal itu terlihat dari jendela dan lantainya yang terbuat dari kayu jati. Di museum ini terdapat puluhan ribu koleksi benda bersejarah yang tertata rapi serta tulisan keterangan dari benda tersebut. Terdapat pula perpustakaan yang menyimpan lebih dari seribu buku bersejarah. Yang menarik, di museum ini terdapat kantin museum untuk melepas rasa lapar dan dahaga.

2. Museum Bank Indonesia

Museum ini menyediakan informasi tentang sistem keuangan di Indonesia sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Museum ini juga memberikan gambaran sejarah dan peranan Bank Indonesia di tanah air. Selain informatif, tempat ini juga sangat bersih sehingga membuat siapapun betah berlama-lama berada di dalamnya. Tidak hanya itu, museum ini juga telah menggunakan teknologi digital seperti display elektronik, penggunaan TV plasma, panel statistik, dan masih banyak lagi. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin dan hari libur nasional.

3. Museum Wayang

Museum ini menyajikan peninggalan wayang dari masa ke masa. Tadinya museum ini merupakan gereja tua yang dibangun oleh VOC. Anda bisa melihat banyak boneka wayang yang terbuat dari kulit dan kayu di museum ini. Jumlah wayang yang tersimpan di sini total ada sekitar 4 ribu buah, yang di antaranya terdiri dari wayang golek, wayang kulit, wayang topeng, wayang kardus, wayang janur, dan berbagai koleksi wayang lainnya.

4. Bentara Budaya Jakarta

Tempat yang satu ini sebenarnya bukan merupakan museum, namun merupakan sebuah lembaga kebudayaan. Di dalamnya, Anda dapat melihat berbagai benda seni yang bersejarah seperti lukisan dan keramik-keramik dari berbagai dinasti Tiongkok seperti Dinasti Yuan, Sung, Ming, Tang, dan keramik dari wilayah domestik seperti Cirebon, Bali, dan Singkawang. Salah satu koleksi yang paling unik di tempat wisata edukatif ini adalah rumah khas Kudus yang dibawa langsung dari Kudus, Jawa Tengah. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak