Efek Negatif Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Vitamin C memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah menjaga daya tahan tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas, melancarkan peredaran darah, kecantikan, dan masih banyak lagi lainnya.

Vitamin C sangat mudah ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Pada buah, Anda bisa menemukan kandungan vitamin c pada buah jeruk, nanas, pisang, kiwi, tomat dan lain-lain. Serta pada sayur Anda bisa menemukan kandungan vitamin c pada brokoli. Selain terdapat pada sayur dan buah, vitamin c juga bisa Anda konsumsi dari suplemen tambahan makanan yang mudah Anda temukan di mini market atau apotek.

Dikutip dari viva.co.id (Sabtu, 14/6/2014), ketika mengonsumsi vitamin c berlebih justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dampak buruk dari konsumsi vitamin c berlebih antara lain:

1. Air Seni Keluar Darah

Dampak buruk yang pertama dari konsumsi vitamin c adalah adanya darah pada air seni. Selain itu, Anda akan merasakan rasa nyeri pada perut.

2. Diare

Ini adalah dampak umum dari konsumsi vitamin c yang berlebih. Diare akan sering muncul jika Anda mengonsumsi vitamin c secara berlebihan.

3, Pusing

Kebanyakan orang menjadikan vitamin c sebagai obat penghilang pusing pada kepala. Namun hal ini justru salah, kebanyakan konsumsi vitamin c akan membuat Anda tak sadarkan diri (pingsan). Apabila hal ini terus berlanjut ketika Anda mengonsumsi vitamin c, maka segerakan periksa ke dokter.

4. Mulas

Dampak buruk lainnya dari mengonsumsi vitamin c berlebih adalah timbulnya rasa mulas pada perut. Jika hal tersebut terjadi segera periksakan diri Anda ke dokter.

Konsumsi vitamin c secara wajar saja, jangan terlalu berlebihan. Karena jika berlebihan bukannya menyehatkan tubuh malah justru membuat tubuh semakin sakit. Imbangi dengan vitamin lainnya agar tubuh bisa sehat maksimal.(dea)