Tradisi Lebaran khas Indonesia


Lebaran telah tiba, perjuangan selama sebulan penuh umat muslim di seluruh dunia telah mencapai puncaknya. Kini waktunya menyambut hari yang baru dalam keadaan yang baru. Setiap negara memiliki tradisi sendiri dalam menyambut Idul Fitri. Seperti di Indonesia, memiliki tradisi khas yang setiap tahunnya dilakukan saat hari raya Idul Fitri.

Dikutip dari jambiupdate.com (Minggu, 27/7/2014) berikut ini beberapa tradisi khas Indonesia.

1. Mudik

Tradisi mudik adalah kegiatan tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Biasanya dua atau tiga pekan sebelum lebaran, tiket kereta, pesawat, maupun bus sudah habis terjual ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan Timur dan beberapa provinsi lainnya. Warga yang melakukan mudik biasanya yang bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dll.

2. Halal Bi Halal

Tradisi saling memaafkan antara satu muslim dengan muslim lainnya. Biasanya dilakukan di akhir bulan Ramadan atau awal bulan Syawal. Tradisi ini juga berfungsi untuk meningkatkan silahturahim sesama warga muslim.

3. Ketupat

Lebaran tak akan lengkap rasanya bila tanpa ketupat. Warga Indonesia biasanya selalu rajin membuat ketupat bersama opor ayam, rendang, sayur godok, dan lain-lain. Ketupat biasanya selalu menghiasi meja makan warga Indoensia tiap kali lebaran datang.

4. Takbir Keliling

Berkeliling sambil berpawai menyerukan nama-nama besar Allah SWT biasa dilakukan warga di desa atau kota sebagai penanda bulan Ramadan akan berakhir dan pertanda hari lebaran akan tiba. Takbiran biasanya dilakukan secara beramai-ramai namun tertib.

5. Tunjangan Hari Raya

Tunjangan Hari Raya atau THR juga merupakan tradisi yang tak pernah lepas menjelang lebaran. THR biasanya diberikan kepada anak-anak kecil ketika sedang bersilahturahmi ke rumah saudara atau tetangga. Biasanya juga perusahaan-perusahaan di Indonesia memberikan THR pada karyawannya untuk merayakan hari raya Idul Fitri.(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak