Heboh, Langit di Inggris ‘Runtuh’


Pekan ini, warga Inggris dikejutkan dengan sebuah fenomena alam yang aneh. Langit di Inggris saat itu terlihat seperti runtuh. Ada juga yang menilai fenomena itu seperti seseorang yang membuat sebuah lubang di awan. Fenomena apakah itu?

Para ahli di Met Office mengatakan lubang itu sebenarnya awan holepunch atau fallstreak. Fenomena atmosfer ini diyakini disebabkan oleh kombinasi campur tangan alam dan manusia. Agar lubang itu dapat muncul, awan sirus atau altokumulus harus mengandung air yang super dingin, yang tidak dapat membeku tanpa partikel kecil yang melekat padanya.

Nicole Maxey, dari Met Office mengatakan, awan holepunch terbentuk ketika bagian dari lapisan awan membentuk kristal es besar. Namun untuk membentuknya dibutuhkan air di awan yang super dingin, yakni air di bawah 0 derajat Celcius tapi belum beku.

“Tetesan air itu perlu partikel kecil, sebuah inti, untuk membekukan atau mendinginkannya di bawah -40 derajat Celcius,” terang Maxey.

Dilansir Daily Mail, Jumat (8/8/2014), ahli meteorologi yakin bahwa lubang itu tercipta karena sebuah pesawat terbang telah menembus awan dingin itu. Hembusan udara yang diciptakan melalui baling-baling pesawat mendinginkan awan dengan cepat. Kemudian kristal es mulai terbentuk dan setelah pesawat sudah lewat. Lalu, kristal itu membentuk lubang di awan yang kadang-kadang bentuknya sangat besar.

Jika matahari menangkap partikel es pada sudut yang tepat, maka akan terjadi fenomena lain yang disebut phantom sun atau matahari bayangan. Phantom sun adalah suatu fenomena optis yang menampakkan titik-titik terang di langit. Seringkali pada cincin halo di sekeliling Matahari.

Di berbagai belahan dunia ini memang banyak terjadi fenomena alam, baik yang sudah terjelaskan secara ilmiah maupun yang masih menjadi misteri mengapa bisa terjadi. Walau demikian, semua itu bisa dibilang adalah kekuasaan Tuhan yang memiliki alam semesta ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak