Oymyakon, Kota Terdingin di Bumi


Bisakah kamu membayangkan apabila harus tinggal di sebuah kota dengan banyak salju yang menyelimuti? Pasti kamu akan menyiapkan baju hangat atau jaket untuk menutupi tubuh dari dinginnya salju dan hawa di sana. Berbicara soal salju, kali ini JadiBerita akan menginformasikan kepada kamu bahwa di bumi ini ternyata kota terdingin lho!

Nama kota terdingin itu adalah Oymyakon. Ini adalah salah satu kota yang terletak di Rusia. Apakah di antara kamu pernah mendengar nama kota ini?

Pasalnya, nama Oymyakon sendiri masih terdengar asing bagi banyak orang. Oymyakon mendapat julukan sebagai kota paling dingin di jagat raya.

Sebab, suhu rata-rata di kota ini bisa mencapai minus 50 derajat Celcius! Kebayang dong JBers dinginnya gimana.

Seperti dikutip dari situs travel Visit Yakutia, Sabtu (17/01/2015), kota ini berlokasi di belahan timur Rusia, masuk dalam negara bagian Sakha dengan ibukota Yakutia. Lokasinya sekitar 750 mdpl. Oymyakon disebut sebagai kota terdingin karena tempat ini dikelilingi oleh sejumlah gunung es.

Menurut sejarah, suhu dingin yang pernah tercatat sangat ekstrem adalah pada tahun 1926. Kala itu, angka menunjukan minus 71,2 derajat Celcius.

Saat ini, Oymyakon dihuni oleh sekitar 500 penduduk. Tinggal di kawasan dingin membuat para penduduk selalu mengenakan pakaian tebal seperti jaket, celana panjang, dan topi berbulu yang menutupi kuping.

Tak cukup itu saja, para warganya juga harus menutup hidungnya dengan syal. Hal ini dilakukan supaya nafas mereka tak sesak akibat angin kencang yang membawa salju.

Jika suhu musim dingin di Oymyakon mencapai 50 derajat Celcius. Maka di musim panas, kota tersebut akan berada di suhu minus 20 hingga 30 derajat Celcius.

Setelah membaca ulasan ini, apakah kamu berminat untuk datang ke kota Oymyakon?

(nha)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak