Intel memperkenalkan prosesor tanpa E-core

Baru-baru ini Intel ngeluarin chip baru berbasis arsitektur Raptor Lake, tapi sayangnya tanpa pengumuman besar-besaran. Untuk saat ini, chip tersebut cuma tersedia buat klien korporat dan sistem tertanam. Tapi, dari pengalaman produk serupa, kita bisa bisa memprediksi kalau chip ini bakal cepet muncul di PC konsumer juga.

Beberapa waktu lalu, sempet ada berita kalau chip Intel terbaru buat perangkat mobile dan desktop bisa gampang rusak. Masalah ini terutama terjadi di chip yang paling kuat dan mahal. Mungkin aja, chip Raptor Lake ini punya solusi buat masalah tersebut, yang pastinya penting banget buat pengguna korporat.

Intel Core i9-14901KE: Si Flagship yang Bertenaga

Di lini ini, ada si jagoan Intel Core i9-14901KE dengan 8 inti performa yang bisa jalan di kecepatan 5,8 GHz dan dilengkapi cache 36 MB. Chip ini juga punya dukungan Hyper-Threading dan konsumsi daya mencapai 125 W. Kabar baiknya, chip ini bisa di-overclock, jadi tetap menarik buat para fanboy, meskipun targetnya lebih ke pasar sistem tertanam.

Foto: wccftech

Model Lain: Core i7 dan Core i5

Selain i9, ada juga model Core i7 dan Core i5 yang juga nggak punya E-core, tapi punya 6-8 core dengan kecepatan lebih rendah. Beberapa dari mereka punya label “T” yang artinya konsumsi dayanya lebih rendah, sekitar 45 W.

Foto: wccftech

Persaingan dengan AMD

Walaupun chip-chip ini belum dijual bebas, sepertinya Intel pengen bikin prosesor yang super kuat dan bisa diandalkan, biar bisa bersaing sama flagship-nya AMD. Apalagi, chip ini punya jumlah inti dan kecepatan yang mirip sama punya AMD. Tes nyata pertama bakal ngasih tau kita, siapa yang arsitekturnya lebih unggul dan apakah Intel berhasil ngatasi masalah stabilitas chip mereka.

Jadi, siap-siap aja buat nyambut chip Raptor Lake ini di PC kamu!

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.