Semut Perkasa Indonesia Jadi Sorotan Dunia


Semut adalah hewan yang sangat kecil dan kerap kali dianggap sebagai hama atau pengganggu bagi manusia. Namun berbeda dengan semut yang satu ini. Pasalnya, semut asal Indonesia tersebut sangat perkasa dan kuat.

Semut dengan jenis rangrang ini bukan sembarang semut. Semut tersebut tak sengaja diabadikan oleh kamera seorang remaja di kebun rumahnya. Frenki Jung merupakan remaja berusia 17 tahun yang berhasil mengabadikan semut tersebut di halaman belakang rumahnya di Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia.

Dalam foto tersebut, tampak si semut menggunakan kepalanya untuk mengangkat seekor ulat hijau yang jauh lebih besar dari tubuhnya seorang diri. Padahal semut rangrang ini hanya memiliki ukuran panjang tak sampai satu sentimeter. Sementara ulat yang dibawanya justru memiliki panjang kurang lebih lima sentimeter. Alhasil, foto tersebut mampu menarik perhatian dunia.

Semut angkat ulat
Semut angkat ulat

“Semut merah itu mengangkat ulat hijau sambil berjalan. Semut ini memang termasuk semut yang kuat dan tampaknya dia melakukan itu untuk menguji dirinya,” kata Frenki seperti dilansir Daily Mail, Senin (2/2/2015).

Dijelaskan bahwa awalnya semut itu tengah menjalankan misinya untuk membuat sebuah rumah bersama teman semut lainnya. Namun dalam perjalanan di sebuah batang tumbuhan, ada seekor ulat yang menghambat. Si semut rangrang perkasa langsung menyerang dan menggigit ulat keket tersebut hingga tak berdaya. Selanjutnya, si semut mengangkat ulat menggunakan untuk membuka jalan.

Saking kuatnya, media dunia lainnya yaitu Metro menyebut semut di tanah air itu sebagai serangga ‘Arnold Schwarzenegger’ untuk menggambarkan betapa kuatnya hewan tersebut.

Seperti diketahui, semut memang dikenal sebagai hewan pekerja keras. Mereka hidup berkoloni dan sangat menjaga ratu mereka. Sementara itu semut rangrang banyak ditemukan di negara-negara kawasan Asia dan Australia. Koloninya mencapai sekitar setengah juta semut. Semut jenis ini terkenal sebagai pembunuh serangga jenis lainnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak