Mengenal Ceres, Si Planet Kerdil


Ada planet kerdil di antara Mars dan Jupiter. Planet yang diberi nama Ceres (dibaca seperti series) itu telah menarik perhatian badan antariksa Amerika Serikat, NASA, yang akan mendaratkan pesawat antariksanya di sana.

Ceres ditemukan pada 1801 atau 129 tahun sebelum ditemukannya Pluto. Ia awalnya disebut planet, kemudian asteroid, dan sekarang disebut planet kerdil.

Ceres adalah satu dari lima planet kerdil yang diakui NASA dan International Astronomical Union (IAU). Empat planet kerdil lainnya adalah Eris, Pluto, Makemake, dan Haumea.

Dari semua planet kerdil itu, Ceres menjadi planet pertama yang mendapatkan kunjungan dari upaya manusia di Bumi. Misi ruang angkasa NASA Dawn rencananya akan mendarat di Ceres pada tanggal 6 Maret mendatang dengan pesawat robotika.

Menurut DR. Marc Rayman, Kepala Teknisi dan Direktur Misi NASA Dawn, Ceres dapat dianggap sebagai planet kerdil tetapi ia adalah objek terbesar di sabuk asteroid yang terletak antara orbit Jupiter dan Mars.

“Kami telah membimbing penyelidikan pesawat robotika ini selama lebih dari tujuh tahun pada perjalanan antarplanet lebih dari 3 miliar mil. Sepanjang jalan kami berlayar melewati Mars. Kami menghabiskan 14 bulan yang mengorbit dan meneliti protoplanet Vesta raksasa . … Sekarang, akhirnya, kita berada di ambang melakukan eksplorasi pertama dari planet kerdil pertama,â? kata Rayman seperti dilansir dari CNN, Rabu (25/2/2015).

Gambar yang terlihat di atas adalah gambar Ceres yang diambil dari pesawat robotika NASA ketika berada 83 ribu km dari planet kerdil tersebut.

Rayman memprediksi, planet itu diisi oleh bebatuan dan es. Tetapi ia mungkin menyimpan banyak air cair di bawah permukaan. â??Mungkin berupa kolam, danau, atau bahkan lautan,â? ujar Rayman.

Dengan memelajari Ceres, para peneliti berharap bisa lebih lanjut mengetahui bagaimana tata surya terbentuk.

Saat ini, NASA juga sedang mempelajari Pluto dari kejauhan melalui misi New Horizons. Misi ini juga mempelajari satelit-satelit alami yang mengelilingi Pluto.

Memang, perdebatan tentang planet dan planet kerdil masih sangat membingungkan orang awam. NASA sendiri saat ini mengakui ada delapan planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sementara lima planet kerdi telah dijelaskan di atas.

NASA mengakui mungkin di jagat semesta masih ada banyak planet kerdil yang akan ditemukan selain yang sudah ditemukan tadi. Profesor astronomi Mike Brown dari California Institute of Technology, memiliki perhitungan bahwa mungkin ada 360 planet kerdil.

Mike Brown sendiri adalah peneliti yang membantu menemukan planet kerdil Eris dan salah satu yang kukuh mengatakan bahwa Pluto adalah planet kerdil, bukan planet penuh. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak