Lukisan Mona Lisa Ternyata Sosok Pria?


Lukisan Mona Lisa karya Leondardo Da Vinci merupakan salah satu lukisan yang cukup terkenal di seluruh dunia, karena tidak ada yang tidak tahu jika ditanya mengenai lukisan Mona Lisa tersebut. Meski demikian, lukisan itu masih menyimpan misteri hingga saat ini, seperti misalnya yang paling banyak dipertanyakan adalah siapakah sosok Mona Lisa yang ada di dalam lukisan itu. Secara mengejutkan, ada yang berpendapat kalau sosok Mona Lisa itu ternyata sosok seorang pria.

Dilansir dari Kumpulanmistericom, Jumat (13/3/2015), seorang sejarawan Italia yang bernama Silvano Vinceti mengatakan bahwa lukisan Mona Lisa sama persis dengan lukisan St John the Baptist. Dia berkata lukisan itu sangat mirip. Sementara model yang digunakan untuk model lukisan St John the Baptist adalah seorang pria yang bernama Gian Giacomo Caprotti.

Caprotti sendiri dikenal sebagai Salai, dan bekerja sebagai artis magang selama lebih dari 2 dekade dari tahun 1490. Beberapa ahli dikerahkan untuk meneliti kedua lukisan tersebut, dan mendapatkan kenyataan pada mata model lukisan terdapat huruf S yang kemudian mengacu pada inisial nama Salai. Salai sendiri adalah termasuk model favorit dari Leonardo Da Vinci.

Dari situ spekulasi jadi semakin luas. Terjadi dugaan bahwa Leonardo Da Vinci adalah seorang penyuka sesama jenis atau homoseksual. Hal itu mengacu pada beberapa karya Leonardo Da Vinci, termasuk St Yohanes the Baptis dan juga lukisan lainnya yang berdasarkan model seorang Salai. Hal itu didasarkan pada ciri-ciri yang didapat dalam beberapa lukisan karyanya, yaitu berupa sosok pemuda, mempunyai tubuh ramping, mempunyai rambut ikal panjang, dan itu sangat mirip dengan wajah seorang Mona Lisa.

Meski demikian, kebanyakan orang percaya bahwa lukisan Mona Lisa yang digantung pada Museum Louvre di Paris adalah seorang wanita yang bernama Lisa Gherardini del Giocondo, seorang istri berusia 24 tahun dari seorang Franceso Giocondo, seorang pedagang sutra.

Sedangkan terdapat beberapa bukti yang secara tidak langsung mengatakan bahwa sebenarnya model dalam lukisan Mona Lisa adalah model yang sama dengan lukisan lainnya termasuk St Yohanes the Baptist, atau dengan kata lain modelnya adalah seorang pria. Bagi beberapa orang yang paham tentang lukisan, pasti akan mengetahui perbedaan lukisan seorang wanita dan seorang pria, namun dalam lukisan Mona Lisa ini ciri-ciri antara wanita dan pria sangat samar.

Terlepas dari spekulasi kalau Mona Lisa adalah seorang pria, lukisan tersebut tetaplah termasuk ke dalam lukisan paling terkenal sepanjang masa. Senyum dan wajah Mona Lisa yang masih misterius ini mungkin akan tetap menjadi sebuah misteri yang hanya dapat dipecahkan oleh beberapa kalangan. Mungkin saja di masa yang akan datang misteri sosok Mona Lisa ini dapat terpecahkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak