Mengenal Kristy, Tentara Wanita AS Asal Indonesia


Menjadi seorang tentara biasanya dilakukan oleh seorang pria. Namun ternyata, ada satu sosok tentara Amerika Serikat atau AS, yang cukup unik. Pasalnya, salah satu tentara AS itu adalah seorang wanita, dan ternyata, wanita itu berasal dari Indonesia.

Dia adalah Kristania Virginia Besouw. Wanita Manado, 7 Mei 1985 tersebut kini resmi bergabung menjadi tentara AS. Pilihannya itu ternyata berasal dari keluarganya yang memang berkaitan dengan militer. Mendiang ayah Kristania merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut. Kakeknya pun berkarier di Polri.

Namun siapa sangka, kalau wanita yang kerap disapa Kristy ini tadinya merupakan pemenang Miss Indonesia 2006. Dilansir dari Metrotvnewscom, Rabu (18/3/2015), gelar ini diraihnya pada tanggal 5 Agustus 2006 dengan menyingkirkan 32 pesaing dari 32 provinsi di Indonesia.

Menjabat sebagai Miss Indonesia 2006 membuat kepeduliannya di bidang kesehatan semakin terlihat. Itu sebabnya ia diminta melakukan penyuluhan tentang pentingnya imunisasi campak saat bayi oleh Lembaga Internasional UNICEFF. Bahkan ia pernah diangkat sebagai Ratu Campak oleh beberapa kalangan.

Setelah selesai mengemban tugas sebagai Miss Indonesia 2006, wanita 29 tahun ini pindak ke Amerika Serikat untuk menyusul sang bunda, Esther Tampi, dan mulai mengejar gelar keperawatan hingga akhirnya bergabung dalam U.S. Army Medical Center.

Pada bulan Oktober 2007, Kristy bersanding ke pelaminan bersama Frank Piay yang merupakan lulusan kedokteran dari sebuah universitas di Filipina. Mereka menikah di San Benardini, California, Amerika Serikat.

Akhir tahun 2014 lalu, Kristy mendapat informasi tentang rekrutmen tentara AS bagi warga negara asing. Setelah memenuhi syarat seperti sudah tinggal lama di AS, berdokumen lengkap, dan lulus tes, kemudian mengikuti pendidikan hingga akhirnya tercatat dalam kesatuan US Army Medical Center sejak 28 Oktober 2014.

Dalam beberapa akun media sosialnya, Kristy beberapa kali mengunggah fotonya dengan mengenakan seragam loreng. Dia terlihat maskulin. Penampilannya sangat berbeda dengan saat dia muncul di ajang Miss Indonesia pada tahun 2006.

“Saya punya keahlian menembak sekarang. Itu berarti saya bisa menembak,” tulisnya pada keterangan gambar diri yang diunggahnya.

Kristy, di mata sang kakak yang bernama Stevano, adalah sosok pemberani, mandiri dan pintar. Ia juga dikenal tomboi sejak kecil. Tapi menurutnya, sejak tumbuh dewasa dan interaksi sosial semakin banyak, Kristy mulai meninggalkan sifat tomboy itu.

Stevano berharap, Kristy bisa sukses jalankan tugas, sehat selalu dan semua doa terbaik untuknya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak