Wisuda di Universitas Kyoto Jadi Ajang Cosplay


Bagi para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, wisuda menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Di hari yang sakral tersebut mereka pasti ingin terlihat spesial. Selama berabad-abad tradisi wisuda memang seakan tak terpisahkan dari segala atribut yang selalu tampak resmi.

Pada prosesi wisuda, para wisudawan akan diwajibkan mengenakan toga, baju longgar berwarna hitam, dan topi hitam berbentuk bujur sangkar. Sebagai dalamannya, peserta wisuda pria akan mengenakan jas hitam lengkap dengan kemeja dan dasi, sedangkan yang wanita mengenakan kebaya dengan sanggul modern.

Namun, dilansir dari Rocketnews24, Kamis (26/3/2015), berbeda dengan kampus-kampus lain yang upacara kelulusannya terkesan membosankan, Universitas Kyoto justru membuat acara tersebut menarik. Pasalnya, seluruh mahasiswa yang lulus diwajibkan bercosplay dalam upacara tersebut, sehingga terlihat seperti festival cosplay dibandingkan wisuda.

Cosplay saat wisuda (Twitter)
Cosplay saat wisuda (Twitter)

Salah satu mahasiswa memilih bercosplay dengan menjadi lukisan Mona Lisa. Mahasiswa ini sengaja melubangi bagian wajah Mona Lisa untuk menampilkan wajahnya. Tak hanya itu, bagian tangan pun sengaja dilubangi untuk membuat kedua tangannya berpose seperti Mona Lisa.

Cosplay saat wisuda (Twitter)
Cosplay saat wisuda (Twitter)

Selain Mona Lisa, juga ada mahasiswa yang bercosplay sebagai karakter animasi “Kura-Kura Ninja”. Tak tanggung-tanggung, seluruh bagian tubuh mahasiswa ini pun berwarna hijau layaknya karakter tersebut. Ada pula mahasiswa yang bercosplay menjadi karakter Woody dan mainan-mainan dalam film “Toys Story”.

Tokoh pahlawan “Power Rangers” pun ikut tampil dalam acara ini. Uniknya lagi, ada mahasiswa yang bercosplay menjadi seekor kecoa, kamera, alien, hingga mainan Tetris yang berwarna-warni.

Sementara itu, tradisi cosplay di upacara kelulusan ini rupanya bukan yang pertama diadakan di Universitas Kyoto. Tahun sebelumnya, Universitas Kyoto juga menyambut para mahasiswa yang lulus dengan berbagai cosplay yang meriah.

Kira-kira kampus di Indonesia bisa seperti ini tidak ya? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak