5 Teknologi Baru yang Akan Merubah Hidup Kita di Tahun 2024

Tantri

Sobat JBers, memasuki tahun 2024 ada banyak perkembangan teknologi baru yang diprediksi akan bersinar di tahun ini. Bocorannya sudah terlihat di tahun 2023 mulai dari adaptasi teknologi AI, hingga tren mobil listrik yang sudah semakin mendapatkan tempat tersendiri.

Lalu apa yang baru di tahun 2024? sudah sejauh mana perkembangan AI?. Bagaimana cara kita membedakan foto asli atau AI? Banjir produk generative-AI akan terus berlanjut di tahun ini, tetapi juga harapkan lebih banyak alat untuk membantu kita mengidentifikasi teks, foto, video, dan audio yang dihasilkan secara artifisial.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 teknologi baru yang akan merubah hidup kita di tahun 2024. Apa saja teknologi tersebut? yuk kita langsung aja bahas satu-persatu.

1. Puncaknya Mobil Listrik

Tahun 2024 banyak yang memprediksi sebagai puncak mobil listrik. Para pembeli mobil berbahan bakar fosil kini mulai berpikir untuk tetap membeli jenis mobil tersebut. Mereka mulai memikirkan harga BBM yang semakin mahal serta kepedulian terhadap isu lingkungan yang kini tengah marak dimana-mana.

Tahun ini juga diperkirakan akan banyak dibangun stasiun pengisian daya untuk mobil listrik. Sejumlah negara bahkan sudah memberikan keringanan khusus bagi mereka yang ingin kredit kendaraan listrik dengan diskon dan subsidi yang menjanjikan.

2. AI + PC

Di tahun ini banyak produsen besar yang sudah mulai adaptasi produknya dengan kecerdasan buatan (AI), bahkan disaat kita tidak memiliki akses internet. Tahun 2024 diprediksi sebagai tahun PC AI atau MAC AI.

Nantinya laptop kita akan memiliki sejumlah fitur yang mengadaptasi kecerdasan AI untuk mempercepat pekerjaan. AI akan mudah memahami ucapan kita, mencari dan merangkum informasi, bahkan menghasilkan gambar dan teks, semua itu akan mudah dan murah bisa dinikmati oleh pengguna PC.

Pada 14 Desember 2024, Intel mengumumkan keikutsertaannya dalam adaptasi teknologi AI dengan chip yang dilengkapi dengan unit pemrosesan neural bawaan. Qualcomm mengumumkan chip serupa pada akhir Oktober. Kedua raksasa silikon ini akan bersaing untuk memasok daya pada laptop Windows dan Chromebook.

BACA JUGA: Cara Membuat Poster Disney Pixar Dari Bing AI

3. Selamat Tinggal Password

Isu tentang peretasan password sudah menjadi isu lama yang terus dipikirkan oleh para pakar keamanan seluruh dunia. Menurut DNA 23andMe, setidaknya 6,9 juta password berhasil dibobol oleh peretas.

Itulah mengapa, pada tahun 2023, perusahaan-perusahaan seperti Google, Apple, dan Amazon beralih ke passkey, jenis login yang dapat menggantikan kata sandi dan kode otentikasi dua faktor. Mulai tahun depan, Microsoft akan meluncurkan passkey untuk bisnis.

Passkey diprediksi lebih aman daripada password karena passkey bersifat unik. Cara ini juga akan mencegah para penjahat yang menggunakan pemalsuan situs tidak dapat lagi menipu kita. Saat ini, lebih dari delapan miliar akun telah dilengkapi passkey, menurut Andrew Shikiar, direktur eksekutif FIDO Alliance, yang mengawasi standar keamanan untuk passkey. Shikiar memperkirakan akan ada 20 miliar akun yang mendukung passkey pada akhir tahun 2024.

BACA JUGA: Cara Membuka Kata Sandi yang Tersimpan di Chrome Kamu

4. Fitur Canggih Pada Smartwatch

Smartwatch telah lama memiliki fitur untuk melacak detak jantung ketika kamu tertidur. Kini teknologi di Apple Watch akan memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan kita mengetahui tekanan darah.

Seperti yang dilansir melalui The Wall Street Journal, Apple sedang mempelajari cara melacak tekanan darah melalui sensor-sensor di Apple Watch. Teknologi ini diprediksi akan diperkenalkan pertama kali pada tahun 2024 bertepatan dengan ulang tahun Apple Watch ke 10.

Fitur pendeteksi tekanan darah akan memberi tahu pengguna ketika tekanan darahnya cenderung naik dan mengarahkan pengguna untuk memverifikasi pengukuran dengan alat medis. Tentunya dengan hadirnya teknologi ini akan sedikit membantu mereka yang memiliki penyakit darah tinggi untuk selalu bisa memantau tekanan darah secara mandiri.

5. Robot Taksi

Sejumlah perusahaan telah memperkenalkan robot taksi di tahun 2023 namun masih banyak sekali masalah. Anak perusahaan GM, Cruise, kehilangan lisensinya untuk beroperasi di California dan kemudian melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap sekitar seperempat dari total karyawannya. Tesla juga menghadapi gugatan atas “sistem pengemudi otomatis penuh”nya karena diduga masih sangat bergantung pada pengawasan manusia.

Namun anak perusahaan Alphabet, Waymo, justru semakin melebarkan sayap lini bisnisnya sebagai penyedia robot taksi ke lebih banyak kota. Sementara itu, Mercedes-Benz mendapatkan persetujuan untuk meluncurkan robot taksi pertama di AS yang bekerja tanpa tangan dan mata harus tetap fokus pada jalan. Namun, sistem ini hanya berfungsi di jalan-jalan tertentu dan dalam kondisi tertentu.

Kita tunggu saja, apakah robot taksi akan benar-benar sempurna di tahun 2024, atau malah mengalami nasib yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bagikan:

Tantri

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.