Di Desa Bisa Dapat Gratis, di Kota Harus Bayar

Jika kamu tinggal di perkotaan, mungkin kamu berpikir kalau apa-apa harus bayar. Bahkan untuk pergi ke toilet saja harus bayar. Padahal di daerah pedesaan, kamu bisa mendapatkan beberapa hal tanpa mengeluarkan uang. Apa saja itu? Berikut 5 benda yang bisa kamu dapatkan secara gratis di desa, namun di perkotaan harus bayar, seperti dilansir dari Kaskus, Selasa (14/4/2015).

1. Kelapa Muda

Kelapa Muda (Kaskus)
Kelapa Muda (Kaskus)

Hampir semua orang doyan meminum air dari kelapa muda. Selain rasanya enak, air kelapa muda juga dikatakan memiliki khasiat untuk kesehatan. Di daerah pedesaan, kamu bisa mendapatkan kelapa muda secara cuma-cuma asalkan berani memanjat pohon atau meminta pada orang yang punya pohon kelapa. Biasanya orang yang punya pohon kelapa akan mengizinkan kamu untuk membawa satu atau dua kelapa muda. Sedangkan di daerah perkotaan, minuman kelapa muda bisa diberi harga hingga Rp 20 ribu.

2. Pepaya

Pepaya (Kaskus)
Pepaya (Kaskus)

Pepaya ini menurut para ahli mengandung banyak manfaat, seperti mengandung Vitamin C yang berguna untuk mencegah sariawan, bisa juga memperlancar sistem pencernaan, serta khasiat lainnya. Pepaya ini kalau di desa siapapun boleh mengambilnya walau pohon itu punya sendiri atau punya tetangga. Dan terkadang si pepaya ini dibiarkan saja sampai jadi santapan kelelawar, tupai atau burung. Namun di kota, untuk bisa mendapatkan separuh pepaya (0,5 kg) kamu harus siapkan uang sekitar Rp 12 ribu untuk membelinya di supermarket.

3. Daun Singkong

Daun singkong (Kaskus)
Daun singkong (Kaskus)

Daun singkong dikatakan bisa untuk menambah darah bagi penderita darah rendah. Untuk mendapatkan daun singkong ini di desa cukup mudah, tinggal main ke kebun, ke ladang, ke sawah, atau tempat lainnya. Bahkan tak jarang di pinggir jalan pun kita bisa menemukan daun singkong ini. Sementara untuk di kota, bahkan di pasar tradisional saja harga per ikatnya sudah mencapai harga Rp 5 ribu.

4. Pisang

Pisang (Sunpride)
Pisang (Sunpride)

Pisang di daerah pedesaan bisa dibilang melimpah, karena ke manapun kamu berjalan pasti menemukan pohon pisang. Di desa kita bisa mendapatkan pisang ini dari pohonnya langsung, baik itu punya kita sendiri atau meminta baik-baik pada tetangga. Mereka pasti mengizinkan kita untuk membawa satu atau dua sisir pisang. Di kota, satu sisir pisang Ambon saja sudah dihargai sekitar Rp 20 ribu.

5. Belut

Belut (Viva)
Belut (Viva)

Hewan yang satu ini muncul cukup banyak di desa, terutama di daerah yang dekat dengan sawah, sehingga bisa langsung diambil dan kemudian dimasak. Untuk di kota, untuk bisa memakan belut ini kamu harus siap-siap uang sekitar Rp 15 ribu, lengkap dengan nasi. (tom)

Pembaca Lain Juga Menyukai Kiriman Penulis

Comments

Loading...