5 Pengobatan Tradisional Indonesia yang Tak Terlekang Waktu


Sebagai masyarakat asli Indonesia, tentunya kita telah mengenal berbagai pengobatan tradisional khas dari berbagai suku di Indonesia. Selain karena dilakukan menggunakan cara-cara tradisional, obat-obat yang digunakan juga berasal dari bahan-bahan alami. Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik orang Indonesia masih percaya dengan pengobatan tradisional. Dilansir dari Kaskus, Senin (20/4/2015), berikut adalah 5 pengobatan tradisional Indonesia yang tak terlekang oleh waktu.

1. Jamu

Penjual jamu (Kaskus)
Penjual jamu (Kaskus)

Obat tradisional dari Indonesia ini sangat populer di kalangan masyrakat menengah ke bawah. Obat yang terkenal akan rasa pahitnya ini terbuat dari bahan-bahan alami yang bermanfaat seperti akar dari tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, buah, kulit batang, kuning telur ayam kampung, empedu ular dan kambing, serta ada juga yang menggunakan tangkur buaya. Biasanya obat-obatan ini dijual menggunakan sepeda dan ada juga yang digendong atau istilahnya jamu gendong.

2. Pijat

Pijat (Kaskus)
Pijat (Kaskus)

Pijat atau urut juga merupakan salah satu pengobatan tradisional ala orang Indonesia. Pengobatan ini banyak memiliki manfaat seperti relaksasi untuk mengembalikan kebugaran, mengobati patah tulang, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan banyak lagi.

3. Ruwat

Ruwat (Kaskus)
Ruwat (Kaskus)

Ruwat merupakan pengobatan khas adat Jawa. Istilah ruwat berasal dari Ngaruati yang berarti menjaga dari kecelakaan dewa Batara. Biasanya dilakukan ketika anak sedang sakit, ada juga ketika sedang terkena sial, susah mencari kerja, dan lain sebagainya. Pada umumnya pengobatan ini dilakukan untuk menghilangkan segala sesuatu yang negatif di sekitar kamu.

4. Gurah

Gurah (Kaskus)
Gurah (Kaskus)

Gurah merupakan pengobatan tradisional dengan mengeluarkan lendir dari dalam tubuh menggunakan ramuan herbal yang berupa ekstrak dari daun srigunggu. Namun dalam perkembangannya, ada juga beberapa pengobatan gurah menggunakan ekstrak daun berkhasiat lainnya. Biasanya pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan ekstrak daun tersebut kedalam mulut atau hidung untuk membersihkan tenggorokan. Kini pengobatan ini juga dapat membersihkan bagian tubuh lainnya yang berlendir.

5. Kerokan

Kerokan (Kaskus)
Kerokan (Kaskus)

Kerokan juga merupakan pengobatan alternatif secara tradisional untuk menghilangkan gejala masuk angin dengan metode pijat menggunakan koin atau bawang merah pada tubuh yang telah dilumuri minyak seperti minyak kelapa, minyak olive, minyak telon, dan lainnya. Pengobatan ini masih populer di kalangan anak kecil, dewasa bahkan orang tua di Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak