Peralatan Sekolah yang Hampir Punah


Kebanyakan orang pasti pernah merasakan masa sekolah. Namun pada tiap generasi, tentunya ada perbedaan yang dialami selama menjalani masa sekolah. Apa yang ada pada masa sekolah tahun 90-an tidak sama dengan apa yang ada di sekolah saat ini. Hal itu mencakup peralatan sekolah. Dilansir dari Kaskus, Selasa (19/5/2015), berikut adalah peralatan sekolah yang kini sudah hampir punah.

1. Huruf gosok alias rugos

Rugos (Kaskus)
Rugos (Kaskus)

Mungkin anak sekolah zaman sekarang sudah jarang menggunakan rugos ini, namun anak sekolah dulu pernah atau bahkan sering menggunakan rugos untuk tugas membuat artikel. Ada juga yang menggunakan rugos ini untuk membuat tugas seni rupa atau kerajinan tangan.

2. Pulpen Rapido/Rotring

Rotring (Kaskus)
Rotring (Kaskus)

Rotring ini biasanya digunakan untuk membuat tugas geometri. Ada juga untuk menebalkan garis ketika menggambar ruang untuk tugas seni rupa. Mungkin sekolah sekarang sudah tidak menggunakan alat ini lagi.

3. Mading

Mading (Kaskus)
Mading (Kaskus)

Mading, alias majalah dinding, dipergunakan untuk memperlihatkan kreatifitas dari para murid sekolah. Biasanya berisikan pengumuman atau pemberitahuan kepada para murid. Ada juga kiriman gambar atau cerita dari para muridnya. Namun tampaknya kini mading sudah kurang dipergunakan secara maksimal, dan hanya berfungsi sebagai tempat pengumuman saja.

4. Penggaris alfabet

Penggaris alfabet (Kaskus)
Penggaris alfabet (Kaskus)

Selain rugos, alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuat tugas seni rupa adalah menggunakan penggaris alfabet. Penggaris ini biasanya berguna saat disuruh guru untuk membuat kata-kata mutiara yang kemudian akan ditempel di dinding-dinding sekolah, agar tulisannya terlihat rapi.

5. Buku tulis garis tiga

Buku garis tiga (Kaskus)
Buku garis tiga (Kaskus)

Biasanya buku ini dipakai saat masih duduk di bangku SD. Buku tulis garis tiga ini digunakan dengan maksud agar murid bisa menulis sambung dan terlihat rapi. Sepertinya buku ini sekarang sudah jarang digunakan, karena sudah jarang juga yang menggunakan huruf sambung.

6. Sampul Coklat

Sampul coklat (Kaskus)
Sampul coklat (Kaskus)

Sampul coklat ini juga biasanya dipakai saat masih SD. Namun tampaknya kini sudah tidak sebanyak dulu lagi. Mungkin karena untuk menghindari repot harus memasang sampul ini ke bukunya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
61
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
71
Keren Nih
Ngakak Ngakak
101
Ngakak