5 Remaja Hebat Penemu Alat Kebutuhan Sehari-hari


Jenius (Kapanlagi)

Di dunia ini banyak penemu yang akhirnya bisa membawa kita seperti sekarang ini. Tanpa mereka, kehidupan kita tak akan jadi seperti sekarang, yang serba mudah. Di antara penemu-penemu itu, ternyata ada juga yang masih remaja. Berikut adalah 5 alat kebutuhan sehari-hari yang ditemukan oleh remaja, dikutip dari MNN, Senin (15/6/2015).

1. Kalkulator

Pascaline (Wikimedia Commons)
Pascaline (Wikimedia Commons)

Kalkulator yang kita kenal sekarang ini berbeda dengan pertama kali ditemukan. Hebatnya, penemu kalkulator adalah seorang remaja berumur 18 bernama Blaise Pascal. Dia membuat alat penghitung pertama di dunia yang dinamakan Pascaline pada tahun 1642. Alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. Awalnya tidak ada yang tertarik dengan penemuannya ini, namun 300 tahun kemudian, kalkulator menjadi benda yang meledak di pasaran.

2. Huruf Braille

Braille (Shutterstock)
Braille (Shutterstock)

Huruf Braille ditemukan oleh remaja bernama Louis Braille, dimana pada saat dia menemukan huruf ini umurnya masih 15 tahun. Braille sendiri lahir di Coupvray, Prancis, pada tahun 1809, dan kehilangan penglihatannya pada umur 3 tahun akibat tertusuk jarum. Huruf Braille yang ditemukan oleh Braille pada tahun 1824 merupakan pengembangan dari “Ecriture Nocturne,â? atau “tulisan malam”, yang dirancang khusus untuk tentara perang. Tulisan malam ini menggunakan kombinasi duabelas titik. Braille kemudian mengembangkan tulisan ini menjadi lebih sederhana, yaitu enam titik. Pada tahun 1829, dia kemudian membuat buku dengan huruf Braille temuannya.

3. Televisi

Keluarga menonton televisi (Wikimedia Commons)
Keluarga menonton televisi (Wikimedia Commons)

Penemu televisi yang diketahui banyak orang adalah John Logie Baird, namun sebenarnya sebelum John ada lagi seorang remaja yang turut berkontribusi dalam penemuan televisi. Dia adalah Philo T. Farnsworth. Saat umurnya 15 tahun, yaitu pada tahun 1921, dia menggambar sketsa serta diagram untuk membuat televisi. Lalu pada tahun 1922, dia membuat terkejut guru kimianya dengan rencana pembuatan tabubg katoda, yang merupakan salah satu komponen utama dari televisi. Televisi temuannya baru didemonstrasikan ke publik saat umurnya 21 tahun.

4. Trampolin

Trampolin (Getty Images)
Trampolin (Getty Images)

Trampolin yang bisa digunakan sebagai permainan untuk anak-anak ini ditemukan oleh George Nissen. Saat umurnya 16 tahun pada tahun 1930, terinspirasi dari jaring-jaring yang sering digunakan untuk sirkus, dia ingin membuat benda serupa, hanya saja lebih lentur. Dia pertama kali membangun sebuah bingkai persegi panjangdan kemudian membentang sepotong kanvas atas bingkai persegi panjangsehingga menciptakan trampolin pertama. Benda itu dia buat di garasi orangtuanya. Nama trampolin sendiri baru terpikir oleh Nissen pada tahun 1937, setelah mendengar bahasa Spanyol untuk papan loncat yang ada di kolam renang, yaitu el trampolin.

5. Ski air

Ski air (Wikimedia Commons)
Ski air (Wikimedia Commons)

Jika ski biasanya dilakukan di tempat bersalju, seorang remaja berumur 18 tahun bernama Ralph Samuelson ingin melakukan yang berbeda. Dia justru ingin melakukan ski di air. Awalnya dia mencoba menggunakan alat ski biasa untuk tempat salju, hanya saja dia kesulitan menggunakannya. Akhirnya dia membuat desain ski sendiri yang bisa digunakan di air dilengkapi dengan tali yang terbuat dari kulit. Samuelson juga merupakan orang pertama yang melaju dengan kecepatan tinggi menggunakan ski air temuannya itu. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak