Bentuk-bentuk Unik Ketupat dan Cara Membuatnya


Ketupat merupakan salah satu ciri khas saat hari raya Idul Fitri tiba. Menjelang Lebaran biasanya banyak sekali pedagang yang menjual kulit ketupat yang sudah terbentuk. Selain bentuk yang umum dijual, ternyata ada juga bentuk ketupat yang terbilang unik dan tidak biasa. Berikut adalah bentuk-bentuk unik ketupat dan cara membuatnya, seperti dilansir dari Masakanpraktiscom, Sabtu (18/7/2015).

1. Ketupat Ikan Bandeng

Seperti namanya, ketupat ini dibentuk menyerupai ikan bandeng. Ketupat ini cocok buat kamu yang hobi mancing, sehingga dilihat dari ketupat ini orang bisa tahu hobi kamu.

2. Ketupat Manggis

Bentuk kulit ketupat yang unik lainnya yaitu bentuk ketupat manggis yang bisa terbuat dari daun lontar ataupun janur kelapa. Membuat bentuk ini lebih rumit dibandingkan membuat ketupat biasa. Tapi dengan adanya video di atas, maka kamu bisa membuatnya dengan mudah.

3. Ketupat Kuda

Selain bisa dibentuk menjadi ikan bandeng dan manggis, kulit ketupat juga bisa lho dibentuk menjadi kuda, meskipunbentuk akhirnya terlihat seperti burung atau ayam dibandingkan kuda.

4. Ketupat katak

Layaknya kertas origami yang bisa dilipat menyerupai katak, ketupat juga bisa dibentuk menyerupai katak, lengkap dengan kakinya.

5. Ketupat Piramida

Piramida yang ada di Mesir ternyata juga bisa kita buat pada kulit ketupat untuk lebaran. Caranya bisa kamu lihat pada video di atas.

6. Ketupat jantung

Bentuk ketupat ini masih mirip dengan ketupat biasa, hanya saja bentuknya lebih lonjong.

7. Ketupat bantal/balok

Ketupat bantal ini juga kurang lebih mirip dengan ketupat biasa. Jika ketupat biasa berbentuk belah ketupat, maka ketupat bantal ini lebih mirip jajargenjang.

8. Ketupat guling

Bantal tidak akan lengkap tanpa guling. Karena itu dibuatlah ketupat guling ini. Intinya sama seperti ketupat bantal, hanya dibuat lebih panjang.

9. Ketupat sate

Entah kenapa disebut ketupat sate, padahal bentuknya tidak menyerupai sate.

10. Ketupat nanas

Bisa dibilang ketupat ini adalah ketupat yang peling sulit dibuat. Lihat saja videonya dibuat sampai 2 bagian. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak