Terminal Bus Indonesia yang Tak Kalah Keren dari Luar Negeri


Terminal bus merupakan gerbang menuju wilayah lain baik antar kota maupun antar provinsi via transportasi darat. Tempat ini juga menjadi pangkalan bus-bus dari berbagai jurusan berkumpul untuk mendapatkan penumpang. Kini fungsi terminal bus bertambah satu lagi yaitu bisa digunakan sebagai destinasi wisata yang cukup oke. Berikut adalah terminal bus Indonesia yang tak kalah keren dari negara lain, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Terminal Tirtonadi, Solo

Terminal Tirtonadi (Dishubkominfo)
Terminal Tirtonadi (Dishubkominfo)

Terminal Tirtonadi Solo mengalami perubahan wajah yang paling signifikan. Pembangunan yang terus dilakukan demi terwujudnya terminal bus yang nyaman bebas dari pedagang asongan, pengamen dan pengemis layak untuk diacungi jempol. Meski pembangunannya belum rampung namun berada di dalam terminal ini sudah sangat berasa seperti di bandara.

2. Terminal Pulo Gebang, Jakarta

Terminal Pulo Gebang (Metrotvnews)
Terminal Pulo Gebang (Metrotvnews)

Terminal bus Pulo Gebang yang ada di Jakarta Timur bakal menjadi terminal bus terbesar di Asia Tenggara. Terminal yang sejatinya telah rampung dibangun tahun 2012 ini belum dapat beroperasi penuh lantaran terkendala pembangunan jembatan penghubung keluar masuk tol Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), namun sudah mulai beroperasi sejak bulan Maret kemarin. Terminal ini juga akan memanjakan para pengunjung dengan berbagai fasilitas menarik seperti adanya SPBU dan tempat penitipan kendaraan. Tidak hanya itu ke depan terminal ini akan dilengkapi dengan mall dan hypermarket.

3. Terminal Purabaya, Surabaya

Terminal Purabaya (Primaradio)
Terminal Purabaya (Primaradio)

Terminal Purabaya disebut-sebut menjadi terminal paling canggih di Indonesia. Hal ini merujuk pada fasilitas seperti kamera pemantau (closed-circuit television), papan digital penunjuk jadwal keberangkatan bus, dan kartu pintar (smart card) yang terpasang pada armada-armada bus. Meski bangunannya belum megah dan juga belum ada pusat perbelanjaan seperti di negara maju namun terminal ini terlihat serius berbenah dan merapikan wajahnya.

4. Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (Thebestuniquephotos)
Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (Thebestuniquephotos)

Bangunan yang sekilas tampak mirip seperti bandara ini sebenarnya adalah Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Terminal ini berada di persimpangan Jalan Arteri Siak II Labuh Baru, Payung Sekaki, Pekanbaru. Kesan kumuh dan kusam sepert pikiran orang tentang terminal bus tidak ditemukan di sana. Toilet di terminal ini bersih, ada juga musala, sejumlah kios makanan, ruang informasi dan pengaduan, warung telepon, serta tempat penitipan barang semua lengkap tersedia di sana. Ada juga penginapan bagi penumpang yang kemalaman.

5. Terminal Mengwi, Bali

Terminal Mengwi (Kaskus)
Terminal Mengwi (Kaskus)

Terminal Mengwi yang ada di Badung, Bali sebenarnya memiliki konsep bangunan yang megah. Terminal tipe A (rangking tertinggi dari sebuah terminal bus) yang ada di Bali ini boleh disejajarkan dengan terminal lain di Indonesia yang juga memiliki kemegahan serupa. Namun sayang terminal ini sepi dan kurang optimal pemanfaatannya.

6. Terminal Bulupitu, Purwokerto

Terminal Bulupitu (Banyumaskab.go.id)
Terminal Bulupitu (Banyumaskab.go.id)

Pemerintah Purwokerto rupanya tak mau ketinggalan dengan daerah lainnya, berbenah dengan mengatur tata ruang terutama untuk publik. Salah satunya adalah pembuatan Terminal Bulupitu lengkap dengan semua fasilitas yang ada. Penambahan Taman Lalu Lintas dan Taman Payung didalam komplek Terminal sangat tepat, sehingga kesan bahwa terminal bukanlah tempat yang layak untuk bermain anak2 menjadi hilang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak