Don't be Captious

spot_img

Cara mengatasi WhatsApp kena spam

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Cara mengatasi WhatsApp kena spam bisa menjadi masalah yang mengganggu ketika pesan-pesan tidak diinginkan terus membanjiri chat kamu. Spam di WhatsApp dapat berupa pesan promosi, penipuan, atau kiriman yang tidak relevan.

Namun, jangan khawatir ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk melawan spam ini.

Apa itu WhatApp Spam dan bagaimana cara kerjanya serta apa akibat bagi penyebarnya?

Spam adalah pesan atau panggilan yang tidak diinginkan atau tidak diminta, terutama dari seseorang yang tidak kamu kenal secara pribadi. Di WhatsApp, spam bisa berupa percakapan, panggilan (suara dan video), dan catatan suara yang tidak diinginkan atau tidak diminta. Ini bukan cara yang dimaksudkan untuk menggunakan WhatsApp.

Spammer bisa menargetkan pengguna WhatsApp lain langsung secara personal atau melalui obrolan grup di mana mereka bisa mencapai hingga 1.024 orang. Angka ini bisa lebih besar lagi jika menyebar ke Komunitas (kelompok WhatsApp).

BACA JUGA: Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Kamu yang Disadap

Kadang-kadang, kamu bisa secara tidak sengaja menyebarkan spam jika kamu meneruskan pesan spam yang dikirim ke kamu oleh seseorang yang kamu kenal dan percayai yang gagal memeriksa fakta.

Misalnya, mereka bisa saja menyalin dan mengirimkan pesan langsung ke kamu daripada meneruskannya. Dengan cara ini, pesan tersebut bisa lolos dari detektor spam bawaan WhatsApp yang menandai pesan yang diteruskan.

WhatsApp tidak suka dengan spam dan berupaya membuat platformnya seaman mungkin. Untuk mencapai tujuan ini, WhatsApp telah menerapkan langkah-langkah yang dirancang untuk mengurangi penyebarannya.

Menurut ketentuan layanan WhatsApp, sebuah akun dapat dilarang karena pengiriman pesan otomatis, pesan massal, panggilan otomatis, penggunaan siaran yang berlebihan, dan berbagi konten palsu atau cabul.

Alasan lain untuk dilarang termasuk berbagi konten yang penuh kebencian, melecehkan, atau menyinggung secara etnis atau rasial.

Akun juga dapat dilarang karena menyebarkan kebohongan, representasi yang salah, dan pernyataan palsu. Jika kamu pernah melihat spam sebelumnya, kamu akan setuju bahwa itu terlihat seperti ini.

Cara mengatasi WhatsApp kena spam

Kalau kamu jadi target spammer dan mau tahu cara mencegahnya, ini beberapa saran yang perlu kamu perhatikan:

1. Abaikan

Jangan balas pesan yang jelas-jelas spam. Kalau kamu balas, malah bikin spammer semangat terus.

2. Hapus

Jangan cuma diam aja kalau dapet pesan spam. Langkah berikutnya, hapus aja. Pokoknya, jangan klik link dengan tidak sengaja.

3. Beri Info

Kalau pesan spam datang dari kontak tepercaya, kasih tau mereka kalo pesannya mencurigakan. Dorong mereka untuk pakai dengan bijak.

4. Laporkan

Buat laporan spam, buka obrolan > ketuk tiga titik > Lainnya > Laporkan > Laporkan. Pengirimnya bakal diblokir, dan lima pesan terakhirnya bakal dikirim ke WhatsApp untuk tindakan lebih lanjut.

5. Blokir

Kamu bisa menghentikan spammer dengan memblokir mereka di WhatsApp.

6. Edukasi

Kalau kamu mengalami spam grup, edukasi dan dorong anggota grup untuk melaporkan dan memblokir spammer secara bersama-sama, lalu keluarkan mereka dari grup.

BACA JUGA: Pengguna WhatsApp kini bisa sematkan pesan dan chat lebih banyak

7. Ubah Pengaturan Grup

Kalau siapa pun bisa menambahkan kamu ke grup tanpa izinmu, itu karena pengaturan kamu memperbolehkannya. Kalau begitu, kamu juga bisa diserang dengan spam grup.
Untuk mengubah pengaturan grup, buka WhatsApp > ketuk tiga titik > Pengaturan > Privasi > Grup > Kontak Saya (atau Kecuali Kontak Saya, lalu tentukan).

Latest article