Canggih, Ada Alat yang Ubah Napas Jadi Kata-kata


Selain untuk makan, mulut juga digunakan untuk komunikasi dengan orang laim. Namun bagaimana jika mulut kamu tak bisa lagi digunakan untuk bicara? Mungkin kamu akan menggunakan tulisan di kertas agar semua orang bisa tahu apa yang kamu maksud.

Namun kini, telah diciptakan sebuah alat canggih, yang bisa mengubah napas menjadi kata-kata. Pada dasarnya, sistem ini bisa mendeteksi perubahan pola pernapasan Anda. Dari sistem tersebut, dapat mengonversikan pola dalam kata melalui sitem pengenalan. Setelah itu bisa membaca kata-kata tersebut menggunakan Speech Synthesizer.

“Perangkat ini bisa membantu orang yang menderita kelemahan otot yang parah atau gangguan berkomunikasi. Dengan perawatan intensif, teknologi ini memiliki potensi untuk diagnosis dini terhadap locked-in syndrome (LIS) yang memungkinkan pasien untuk berkomunikasi secara efektif dengan pernapasan,” ujar Atul Gaur, consultant anaesthetist di Glenfield Hospital, Inggris, seperti dikutip dari UberGizmo, Rabu (2/9/2015).

Sistem ini juga bisa mempelajari kata dari waktu ke waktu, sehingga kamu bisa memahami komunikasi dengan baik dan efektif. Penciptanya juga mengklaim alat ini memiliki tingkat keberhasilan 97,5 persen bisa mengenali kata dan frase.

Speech Synthesizer ini pernah digunakan oleh Stephen Hawking untuk berbicara kepada semua mahasiswanya. Fisikawan yang terkenal dengan teori black hole-nya ini sudah tidak mampu lagi mengeluarkan suara dari lisannya, namun berkat teknologi speech synthesizer, dia masih bisa bercakap-cakap.

Mesin Speech Synthesizer Hawking memang cukup kompleks. Alat ini tidak hanya memproduksi suara, tetapi juga menangkap input dari gerakan mata sang doktor. Demikian pula, misalnya, dengan aplikasi voice command yang banyak tertanam di smartphone mutakhir yang memadukan Speech Recognizer dengan Speech Synthesizer.

Kamu bisa lihat cara kerja alat ini pada video berikut.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak