Perlukah kita membeli Tablet?

Foto: master1305

Mungkin kita tidak perlu tablet jika sudah cukup puas dengan perangkat mobile lainnya, tapi tablet bagus sebagai media digital, untuk bermain game, dan menyelesaikan pekerjaan jika dibutuhkan.

Panduan ini akan membantu kamu menentukan apakah tablet diperlukan bagi kita dengan beberapa pertanyaan dan faktor terkait kebutuhan, anggaran, dan gaya hidup.

Apa Itu Tablet?

Tablet adalah perangkat layar sentuh seperti ponsel dengan layar yang lebih besar atau laptop kecil tanpa keyboard. Seperti ponsel dan laptop, kita dapat menggunakan tablet untuk hiburan, pekerjaan, dan tujuan lainnya.

Tablet lebih baik untuk konsumsi media dibanding ponsel karena layar yang lebih besar, dan kita dapat memasangkan tablet dengan keyboard nirkabel untuk mendekati fungsionalitas laptop jika perlu bekerja secara cepat.

Tablet juga kurang portabel dibanding ponsel tetapi lebih portabel dibanding sebagian besar laptop.

Siapa yang cocok menggunakan Tablet?

Kita mungkin memerlukan tablet jika:

  • Menikmati membaca dan menjelajahi web di ponsel.
  • Ingin bisa meninggalkan laptop di rumah namun tetap bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan.
  • Ingin menjaga daya baterai ponsel tetapi tetap bisa mengakses hal-hal seperti media sosial, email, dan game pada layar yang lebih besar.

Siapa yang sebaiknya tidak menggunakan Tablet?

Tidak semua orang memerlukan tablet. Kita mungkin tidak membutuhkannya jika:

  • Tidak masalah dengan layar kecil saat menonton video dan bermain game dari ponsel
  • Harus membawa laptop ke mana-mana untuk pekerjaan dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan di tablet
  • Tidak tertarik dengan streaming video, membaca dan mendengarkan buku, serta menjalankan tugas produktivitas pada satu perangkat.

BACA JUGA: 11 Hal yang Hanya Bisa Dilakukan HP Android Dibandingkan iPhone

Beberapa Alasan Kita Membeli Tablet

Tablet adalah perangkat fleksibel yang dapat berguna dalam berbagai situasi. Kita dapat menggunakan tablet untuk memeriksa dan membalas email, berpartisipasi dalam panggilan video, menonton film dan acara TV, menjelajahi web, membaca ebook, bermain game, dan lainnya. Karena ada begitu banyak cara berbeda untuk menggunakan tablet, ada banyak alasan mengapa kita mungkin ingin membeli satu.

Berikut adalah beberapa alasan yang paling penting yang bisa menjadi pertimbangan kita.

Kamu suka Membaca

Apakah kamu suka membaca atau mendengarkan audiobook? Mungkin kamu berpikir memerlukan Kindle untuk membaca saat bepergian, namun sebenarnya tidak perlu. Tablet merupakan e-reader yang sangat baik karena layar besar mereka, dan tetap cukup ringan untuk dipegang dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Kamu Tidak Bisa Hidup Tanpa Konten Streaming

Apakah kamu mencoba menonton video YouTube favorit, menonton dokumenter terbaru di Netflix, atau menonton drama Korea baru, tablet lebih nyaman dan tidak seberat laptop, serta memberikan pengalaman menonton yang lebih baik dibanding ponsel. Aplikasi streaming juga tidak membutuhkan spesifikasi tablet tercanggih, sehingga bahkan tablet lama dan berbiaya rendah cocok sebagai perangkat pemutar media yang bagus.

Kamu gamer sejati

Jika kamu memiliki waktu luang sepanjang hari, apakah kamu suka mengisi waktu dengan bermain game? Ponsel cukup baik sebagai platform game mobile, tetapi tablet memberikan lebih banyak area layar untuk menampilkan permainan, dan biasanya lebih nyaman, yang menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Ingin Meningkatkan Produktivitas

Tablet sangat cocok untuk kita jika kita selalu mencari cara untuk meningkatkan produktivitas kita di kantor dan tempat lain. Tablet lebih baik daripada laptop untuk mencatat selama rapat, terutama jika kita mendapatkan tablet yang mendukung input stylus.

Mencatat catatan di tablet membuat lebih mudah untuk menjaga segala sesuatu terorganisir daripada jika kita mencatat di kertas. kita selalu memiliki pilihan untuk memasangkan keyboard nirkabel jika perlu menyelesaikan pekerjaan yang lebih serius baik di dalam maupun di luar kantor.

Ingin Mengurangi Beban Harian kita

Jika kamu membawa laptop besar setiap hari, kamu mungkin bisa mengurangi beban dengan meninggalkan laptop di rumah atau kantor, dan membawa tablet sebagai gantinya.

Lebih sulit untuk menggantikan laptop dan ponsel dengan tablet kecuali phablet memenuhi kebutuhan kita. Perangkat hibrida ini memberikan semua keuntungan tablet, dengan layar besar dan daya tahan baterai yang lama, tetapi juga dapat berfungsi sebagai ponsel.

BACA JUGA: Sering Main Tablet Bikin Sakit Leher?

Kesimpulan

Tablet cocok untuk kita jika kita suka membaca, menonton konten streaming, bermain game, dan ingin meningkatkan produktivitas. Selain itu, tablet dapat mengurangi beban harian dengan menggantikan laptop. Dengan layar besar, performa game yang lebih baik, dan kemampuan produktivitas yang lebih baik dibanding ponsel, tablet bisa menjadi pilihan yang praktis dan multifungsi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari kita.

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Cara Mengetahui Dislike Video YouTube Kita

Berkenalan Dengan Devin, AI Software Engineer Pertama di Dunia