Bukan Pulau Jawa, Pulau Ini yang Paling Padat di Indonesia


Mungkin kamu selama ini beranggapan kalau pulau terpadat di Indonesia adalah pulau Jawa. Ternyata, pulau terpadat di Indonesia bukanlah pulau Jawa, melainkan pulau Bungin. Pulau Bungin berada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dilansir dari Kompascom, Kamis (3/9/2015), Pulau Bungin memiliki luas hanya 8,5 hektar namun dihuni oleh 3.400 jiwa. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah pulau kecil yang berluas hanya 8,5 hektar. Bahkan pulau ini tidak mempunyai garis pantai, karena di sepanjang pesisir dibangun menjadi tempat tinggal.

Pulau Bungin (Kompas)
Pulau Bungin (Kompas)

Pulau Bungin ini juga tidak memiliki lahan terbuka, satu satunya lahan terbuka di tempat ini adalah halaman Masjid setempat. Penduduk asli Pulau Bungin juga jarang sekali yang merantau, kebanyakan dari mereka tetap tinggal disana.

Saking sesaknya pulau ini, sampai-sampai tidak ada tempat untuk kebun dan pepohonan karena sudah penuh dengan bangunan. Bahkan kambing di tempat ini punya kebiasaan makan plastik dan kertas, bukan lagi tumbuh-tumbuhan.

Kalau ada warga yang ingin membangun sebuah rumah, mereka harus mereklamasi pulau dan menguruk lau dengan batu karang. Akibatnya ukuran pulau terus bertambah dari waktu ke waktu. Dan keterbatasan lahan ini banyak rumah yang dihuni oleh beberapa keluarga.

Pulau Bungin (Kompas)
Pulau Bungin (Kompas)

Pulau ini kebanyakan dihuni oleh keturunan Suku Bajo dari Sulawesi, suku yang gemar mengembara di lautan dan mereka ini penyelam yang ulung. Mereka memiliki adat bernama Upacara Toyah, yang merupakan tradisi untuk mengenalkan anak-anak Bungin pada dunia bahari. Dalam ritual ini, bayi-bayi dipangku oleh 7 wanita yang duduk di ayunan secara bergantian. Ayunan ini ibaratnya adalah gelombang lautan yang dihadapi anak-anak kelak saat melaut.

Sedangkan para orang tua memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Mereka mencari ikan dengan menyelam dan memanah, namun ada juga yang memiliki keramba, serta mencari lobster dan kepiting.

Pada masa-masa yang akan datang bukan tidak mungkin kalau pulau ini akan terus bertambah besar seiring dengan pertumbuhan penduduknya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
71
Love
OMG OMG
62
OMG
Yaelah Yaelah
94
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
83
Keren Nih
Ngakak Ngakak
12
Ngakak