Cara Mengetahui Dislike Video YouTube Kita

Ardy Messi

Dislikes pada video YouTube tidak selalu buruk dan dapat membantu Anda lebih memahami audiens, terutama jika seseorang menargetkan video Anda dengan niat buruk. Namun, YouTube sendiri tidak menampilkan metrik dislikes secara terbuka seperti halnya likes, sehingga membuat banyak youruber bingung. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas panduan cara untuk melihat siapa yang tidak menyukai video YouTube kita dengan mudah.

Baik pembuat konten maupun penonton memiliki kebebasan untuk menyatakan pendapat mereka di YouTube. Namun, tidak semua orang akan setuju dengan pandangan kita, yang kadang-kadang dapat menarik banyak dislikes untuk konten video YouTube kita. Hal ini menimbulkan pertanyaan penting: apakah kita dapat melihat siapa yang tidak menyukai video YouTube? Nah, kita tidak bisa mengetahui seseorang yang tidak menyukai video kita. Namun, platform tersebut menyediakan beberapa metrik dislikes tertentu untuk membantu kita menganalisis kinerja konten yang kita produksi.

Ada beberapa alasan di balik YouTube mematikan tombol dislike dalam video. Pertama, platform tersebut bertujuan untuk memberikan ruang positif bagi para pembuat konten untuk berkembang tanpa terpengaruh oleh dislikes. Kedua, hal ini mencegah kampanye dislikes dari mendapatkan perhatian, di mana beberapa orang mungkin dengan jahat menargetkan pembuat konten kecil untuk tidak menyukai konten mereka.

Terakhir, ketika jumlah dislikes pada sebuah video terlihat, seorang penonton mungkin membentuk opini negatif bahkan sebelum menonton video tersebut. Dengan menyembunyikannya diharapkan akan mendorong penonton untuk menonton video dan membentuk opini jujur untuk memberikan kritik konstruktif kepada pembuat konten melalui komentar.

BACA JUGA: Serba-Serbi Aplikasi YouTube Premium Kelebihan dan Kekurangan

Cara Mengetahui Dislike Video YouTube Kita

YouTube sebelumnya menampilkan jumlah likes maupun dislikes setiap video. Kemudian, platform ini hanya mulai menampilkan jumlah likes. Namun, YouTube masih menyimpan semua metrik yang relevan; hanya tersembunyi di balik menu yang dapat dipulihkan dengan ekstensi browser. Selain itu, jika kita seorang pembuat konten, kita dapat meninjau channel analytics atau memeriksa komentar yang diposting untuk menentukan siapa yang tidak menyukai konten kita.

1. Inspect Channel Analytics

Cara mudah untuk melihat jumlah dislike dari video yang diunggah adalah melalui analitika saluran di YouTube Studio. Dari sini, Anda dapat mengaktifkan metrik dislike untuk melihat semua informasi terkait. Ini termasuk jumlah dislikes dan representasinya secara visual melalui grafik yang diplotkan terhadap waktu.

  • Buka YouTube dan klik ikon profil di bagian kanan atas untuk mengakses YouTube Studio.
  • Expand Analytics di sisi kiri dan klik Mode Lanjutan di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya, klik pada Views By untuk menyesuaikan metrik. Perluas Lebih banyak metrik dan pilih Dislikes di bawah Interaksi. Sekarang kita dapat melihat grafik dislike dengan detail terkait dalam tabel di bawahnya.

2. Rasio like-to-dislike

Rasio like-to-dislike YouTube adalah cara yang bisa dipertimbangkan untuk mengukur kinerja video kita. Cara ini menampilkan persentase like video setelah membagi total likes dengan dislikes yang diterima. Saat kita mengarahkan kursor mouse ke persentase ini, kita dapat melihat jumlah dislikes dari video yang diunggah.

  • Buka YouTube Studio dan masuk dengan akun kita.
  • Klik Konten di sisi kiri dan perhatikan kolom Likes (vs. dislikes) di sebelah kanan.
  • Arahkan kursor mouse ke persentase like video untuk melihat jumlah dislikes pada video tersebut.

3. Ekstensi Return YouTube Dislike

Jika kita ingin melihat jumlah dislike pada video YouTube seperti sebelumnya, kita dapat menginstal ekstensi browser di PC atau menggunakan aplikasi pihak ketiga di Android atau iPhone.

Ekstensi Return YouTube Dislike adalah add-on populer yang kompatibel dengan sebagian besar browser web seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Brave, dll., yang dapat mengembalikan hitungan dislike di bawah video YouTube. Demikian pula, Return YouTube Dislike dan Dislike for YouTube-Checker adalah aplikasi populer di Android dan iPhone untuk melihat jumlah dislike pada sebuah video.

  1. Install ekstensi Return YouTube Dislike di browser Chrome Web Store.
  2. Refresh video YouTube kamu untuk melihat informasi dislike dibawah video.

Kesimpulan

YouTube tidak menyediakan cara langsung untuk melihat jumlah dislikes pada video kita. Namun, setiap kali seorang penonton menekan tombol dislike, platform tersebut mencatatnya. Untungnya, YouTube Studio dan alat pihak ketiga gratis, seperti Return YouTube Dislike, dapat membantu kita dengan mudah melihat jumlah dislikes pada sebuah video di desktop atau ponsel pintar.

BACA JUGA: 5 Cara Download Video di YouTube Shorts Terbaru

Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.