Perkembangan Celana Jeans dari Masa ke Masa


Celana jeans merupakan salah satu fashion item yang tak mungkin tak ada di dalam lemari pakaian kamu. Paling tidak kamu memiliki satu celana jeans. Celana yang sangat populer ini memang sudah ada sejak lama, dan celana jeans pun muncul dengan model yang variatif, seperti yang bisa kamu lihat sekarang. Namun, celana jeans dulunya tidak seperti sekarang ini, dan telah mengalami perubahan. Seperti apa perubahannya? Berikut perkembangan celana jeans dari masa ke masa, yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

Mari kita mulai dari era 60-an. Pada zaman ini celana jeans dibuat dengan model yang terlalu panjang dan kebesaran. Tapi celana jeans seperti itulah yang memang menjadi sangat tren di zamannya. Jeans saat itu disesuaikan dengan si penggunanya, yakni para pekerja tambang yang yang membutuhkan celana untuk melindungi kakinya.

Celana jeans era 60-an (3.bp.blogspot.com)
Celana jeans era 60-an (3.bp.blogspot.com)

Kemudian kita berlanjut ke era 70-an. Pada zaman ini celana cutbray menjadi tren, termasuk juga untuk model celana jeans. Kepopuleran celana jeans model cutbray juga dibantu oleh kemunculan legenda musik Elvis Presley.

Celana jeans model cutbray (gaulgelaa)
Celana jeans model cutbray (gaulgelaa)

Berikutnya, masuk ke era 80-an. Pada era ini celana jeans yang menjadi tren adalah celana stone washing, yaitu celana yang diciptakan untuk terlihat lebih usang. Warna pada beberapa bagian celana dibuat berbeda, ada yang lebih gelap dan ada pula yang lebih terang.

Stone washing jeans (fashionsizzle)
Stone washing jeans (fashionsizzle)

Masuk ke era 90-an, ada dua celana jeans yang nge-hits banget. Pertama adalah carpenter jeans, yaitu celana yang memiliki banyak kantong atau saku. Celana ini dulunya memang banyak dikenakan oleh para pekerja bangunan yang memanfaatkan banyaknya kantong untuk menaruh alat-alat mereka. Yang kedua adalah baggy jeans, yang menjadi penanda munculnya musik Hip-hop dan RnB.

Carpenter jeans (Bintang)
Carpenter jeans (Bintang)
Baggy jeans (Constructiongear)
Baggy jeans (Constructiongear)

Lalu yang terakhir, era 2000an, muncul celana jeans model Ultra Low Rise Jeans, yang ditandai dengan munculnya diva pop dunia Britney Spears. Celana tersebut digunakan persis di atas bokong sehingga memberikan tampilan lebih seksi bagi si pemakai dan menunjukkan lekukan tubuh secara sempurna.

Ultra Low Rise Jeans (Alicdn)
Ultra Low Rise Jeans (Alicdn)

Sekarang ini juga tengah nge-tren Ripped Jeans, yaitu celana jeans yang robek dan terlihat belel. Celana yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an dimana saat itu penggunanya adalah kalangan band Rock dan Heavy Metal. Bukan hanya Ripped Jeans, saat ini juga tengah sangat popular Patchwork Jeans, celana dengan tambalan patch pada bagian dengkul. Model yang satu ini diperkenalkan di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2015 ini.

Ripped Jeans (Condenast)
Ripped Jeans (Condenast)
Patchwork Jeans (Ebay)
Patchwork Jeans (Ebay)

Di antara semua celana jeans itu, mana saja yang pernah kamu miliki atau kenakan? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
61
Love
OMG OMG
51
OMG
Yaelah Yaelah
81
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
71
Keren Nih
Ngakak Ngakak
101
Ngakak